Ekonomi

Desa Dhereisa Jadikan Embung Deki Destinasi Wisata Nagekeo

Sabtu, 12/01/2019 14:16 WIB

Kepala Desa Dhereisa, Geradus Gela, Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna P3MD Nagekeo, Erik Wolo, Ketua TPID Kecamatan Boawae, Fransiskus Rute dan anggota TPID Boawae pose bersama saat meninjau Bendungan Deki di Desa Dhereisa Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo, Selasa (18/12). (Florespos.co)

Nagekeo, Tajukflores.com - Pemerintah Desa Dhereisa, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo melalui program inovasi Desa menjadikan Embung Deki sebagai destinasi pariwisata baru bagi warga desa dan Kabupaten Nagekeo umumnya.

Inovasi tersebut berupa pemanfaatan embung yang ada untuk dijadikan sebagai salah satu tempat pariwisata baru yang menjadi unggulan di Desa Dhereisa yang dapat memacu pertumbuhan pendapatan masyarakat.

Kepala Desa Dhereisa, Geradus Gela kepada wartawan di lokasi Embung Deki, Selasa ( 18/12) mengatakan, Embung dibangun dengan tujuan untuk mengatasi kesulitan air minum. Dengan membangun embung di 2017 lalu, kebutuhan air minum untuk masyarakat Dhereisa semakin baik. Selain itu, warga masyarakat juga dapat memanfaatkan air dalam embung untuk kebutuhan lahan hortikultura.

“Tahun 2017, air dari embung dimanfaatkan untuk keperluan pertanian tanaman hortikultura. Saat ini ketersediaan air lumayan baik. Tahun 2017, Embung ini kita alihfungsikan karena ada ide dari PPL untuk kembangkan tanaman hortikultura dengan skala kecil. Saya wajibkan semua kelompok tani untuk mengembangkan tanaman hortikultura,” kata Geradus.

Kades Geradus mengungkapkan, inovasi desa ini diharapkan dapat membantu petani menghasilakn produk-produk unggulan yang ada di desa Dhereisa.

“Ada ide bahwa Embung Deki di Dhereisa dijadikan sebagai tempat pariwisata. Minimal satu desa ada produk unggulan. Selain untuk pertanian bisa juga untuk tempat pariwisata. Tanaman pertanian itu harus or­ga­nik tidak menggunakan pupuk kimia. Di embung itu dijadikan tempat pariwisata bisa untuk memancing dan nanti akan dibangun lopo,” katanya.

Geradus mengatakan, Embung Deki dalam perencanaan tahun 2020 baru dikembangkan. Karena tahun 2019 pihaknya masih fokus untuk pemenuhan kebutuhan air minum bagi masyarakat. Akan tetapi dalam perjalanan tidak sesuai perencanaan oleh karena ada aspek-aspek yang memang membuat pemerintah harus berinovasi untuk mengembangkan aspek lain yang secara potensial bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

Menurut Geradus, embung Deki akan diisi ikan sehingga ketika ada orang yang datang berkunjung tidak hanya sekedar datang melihat embung yang ada, tetapi ada aktivitas lain di embung seperti memancing. Oleh karena itu, pemerintah desa Dhereisa dalam perencanaan akan mengembangkan budidaya ikan air tawar di Embung Deki. Metode pengelolaannya akan dibahas lebih lanjut di tingkat desa dengan melibatkan masyarakat. Apakah budidaya ikan air tawar diserahkan kepada masyarakat ataukah dikelola oleh pemerintah desa.

Ketua TPID Kecamatan Boawae, Fransiskus Rute, mengatakan, Program Inovasi Desa berupa pemanfaatan embung akan memberikan manfaat yang cukup besar bagi warga Desa Dhereisa. Embung deki menyediakan air minum bagi masyarakat, pengembangan budidaya ikan air tawar, pengembangan holtikultura serta kepariwisataan.

Untuk itu, pemerintah desa perlu mengatur dan menata cara pemanfaatannya sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Pemerintah perlu memperhitungkan ketersediaan air di Embung Deki untuk beberapa hal diatas. Sebab bila tidak diperhitungkan secara baik, maka akan terjadi kepincangan.

“Saya kira perlu ada tenaga khusus yang bisa memperhitungkan kemampuan ketersediaan air untuk beberapa usaha diatas,” ungkapnya.

Frans mengatakan bahwa melalui program inovasi desa, embung Deki dijadikan sebagai tempat pariwisata yang baru. Sehingga bisa menambah Pendapatan Asli Desa dan bertumbuhnya pendapatan masyarakat di desa. Selama ini, masyarakat tidak bisa mengembangkan tanaman holtikultura karena terhambat masalah air.

Di sektor pariwisata, masyarakat bisa membangun lopo-lopo, membuka kuliner serta menjadikan tempat itu untuk pemancingan.

“Ada warga yang memi­liki hobi memancing bisa datang ke Embung Deki," ujarnya.

 

Sumber: Florespos.co

Oleh :

Artikel Terkait