Gaya Hidup

Deretan Penyanyi NTT yang Terkenal di Ajang Pencarian Bakat

Kamis, 28/02/2019 13:47 WIB

Judika dan kontestan The Voice Indonesia 2018 Rambu Piras (Foto/Ist)

Jakarta, Tajukflores.com - Meski dicap sebagai provinsi tertinggal, NTT tak boleh dipandang sebelah mata. Di tanah air, nama NTT terkenal karena lokasi wisata yang indah, warganya yang toleran hingga deretan politisi kaliber yang menghiasasi wajah parlemen Indonesia.

Di bidang permusikan, tentu saja, NTT juga memiliki ciri khas. Beberapa lagu dari NTT bahkan terkenal di kancah nasional. Sebut saja lagu Gemu Famire karya Frans Kornelius, seorang guru di SMK Yohanes 23, Maumere, Flores

Berkat musik yang enak didengar, lagu ini sering didendangkan di berbagai tempat. Mulai dari pelosok desa, pusat kota di Indonesia, hingga ke mancanegara. Banyak pula yang menyanyikan ulang ke berbagai versi seperti dijumpai berbagai akun media sosial.

Nah, yang membanggakan warga NTT adalah munculnya talent-talent muda yang saat ini menghiasi blantika musik tanah air. Mereka ini terkenal setelah ikut audisi pencarian bakat seperti The Voice Indonesia, Rising Star Indonesia dan Indonesian Idol.

Siapa sajakah mereka?

#5 Aldo

Aldo

Pria berusia 17 tahun kelahiran Kota Bajawa, Ngada ini menambah deretan penyanyi milenial NTT yang masuk ke audisi The Voice Indonesia 2018.

Menyanyikan salah satu lagu hits Tulus berjudul “Langit Abu – Abu”, kelihaian Aldo dalam memainkan rasa dalam lagu mendapatkan standing applause dari para Coaches.

Ekspresi kekaguman pun terpancar jelas di wajah Coach Anggun, Coach Titi, Coach Armand dan juga Coach Vidi Nino. Selamat ya, Aldo! Kamu berhasil maju ke babak Knock Out bersama Team Armand.

Usai bawakan lagu pilihannya, Aldo menentukan pilihan jatuh pada coach vokalis beken grup musik papan atas Indonesia, Armand Maulana, grup band Gigi.

#4. Rambu Piras

Rambu Piras

Soal power, Rambu Piras jagonya. Ia merupakan salah satu peserta The Voice Indonesia 2018, yang kini masuk ke babak terakhir Battle Round pada (28/2/2019) malam ini.

Ia jatuh cibta di dunia tarik suara ketika menghadiri Kebaktian Tahun Baru di umur 17 tahun di gereja.

Atas dorongan salah satu teman baiknya, Rambu Piras memutuskan untuk mengikuti UKM Paduan Suara dan mempelajari teknik vokal, teknik pernapasan, disiplin, dan kepercayaan diri.

Usaha Rambu Piras kemudian mulai membuahkan hasil. Dia mulai bernyanyi di berbagai event di Kota Surabaya dan terdaftar sebagai salah satu penyanyi di GKI Jemursari sekaligus menjadi anggota di salah satu grup orkes besar dan bergengsi bernama Stradivari.

Kini, mimpi Rambu menjadi penyanyi berbakat di Indonesia semakin dekat. Dia kini adalah salah satu kontestan yang diperhitungkan di ajang berbakat sekelas The Voice Indonesia.

#3 Marion Jola

Marion Jola

Marion Rambu Jola Pedy atau yang lebih akrab dipanggil Marion Jola merupakan seorang penyanyi jebolan kontestan Indonesian Idol 2018. Perempuan kelahiran Kupang 12 Juni 2000 ini mengikuti kontes pencarian bakat tersebut saat dia masih duduk di bangku SMA.

Melansir Tirto.id, saat audisi Indonesian Idol, Marion membawakan lagu “That’s What I Like” dari Bruno Mars. Lagu inilah yang membuat para juri meloloskan Marion untuk melangkah ke babak selanjutnya.

Namun perjalanan Marion di ajang Indonesian Idol Season 9 itu harus terhenti di babak 6 besar. Dia tersingkir dalam konser Top 6 Spektakuler Show Indonesian Idol 2018 pada 13 Maret 2018 dini hari.

Setelah lajunya terhenti di Indonesian Idol Season 9, MJ berkolaborasi dengan Rayi Putra di judul lagu "Jangan" yang dirilis pada tanggal 8 Juni 2018 lalu. Pada 20 September 2018 dia merilis single perdananya yang berjudul "So in Love".

Namanya kembali ramai diperbincangkan karena Marion Jola turut tampil di ajang Jakarta Fashion Week 2019 dengan mengenakan busana dari Anne Avantie. Dia terlihat seksi saat beraksi bersama Rayi RAN di panggung runaway JFW 2019.

MJ menambah prestasinya di ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2018 yang digelar di Korea Selatan, pada Senin 10 Desember 2018. Dia meraih penghargaan sebagai Best New Asian Artist Indonesia dalam ajang MAMA 2018. Selain itu, MJ juga urut menyumbangkan suaranya dalam acara tersebut.

Meski sempat kembali menjadi perbincangan karena aksi "membuka jaket" ketika tampil di sebuah sekolah yang dinilai terlalu vulgar. Lala meredam isu ini dengan karyanya, dia merilis single terbarunya yang diberi judul "Pergi Menjauh" di bawah label Universal Music Indonesia.

Lagu "Pergi Menjauh" menjadi single ketiga yang telah dirilis Marion selama berkarier di industri musik Tanah Air.

 #2 Andmesh Kamaleng

Andmes Kamaleng

Andmesh Kamaleng merupakan jawara ajang pencarian bakat menyanyi Rising Star Indonesia musim kedua tahun 2016-2017, dengan hasil voting terakhir sebesar 80% di babak Grand Final pada tanggal 27 Maret 2017.

Pemuda kelahiran Moru, Pulau Alor, 15 April 1997 ini telah menggeluti dunia tarik suara dengan mengikuti berbagai lomba sejak ia duduk di bangku taman kanak-kanak (TK). Dia pernah ikut lomba nyanyi dari panggung ke panggung mulai dari bersolo karier maupun dengan Band yang sukses menjadi juara di Pensi SMA Kr. Mercusuar Kupang.

Dia juga sering Ikut bapaknya manggung. Ayahnya Andmesh merupakan pemain keyboard. Setelah ayahnya meninggal tahun 2014, Andmesh mulai nyanyi sendiri.

Andmesh Kamaleng yang merupakan Alumni SMA Negeri 3 Kupang ini suka menggunakan busana khas daerah. Suara Andmesh memang luar biasa merdu. Suaranya bisa membuat luluh yang mendengarnya. Dia juga pandai menyanyikan lagu dengan irama jazz.

Bahkan Andmesh Kamaleng berhasil memukau juri dengan meyanyikan lagu milik Beyonce yang dia ubah aransemennya menjadi lagu jazz. Ada yang bilang dia mirip dengan almarhum Mike Mohede.

Lepas Rising Star Indonesia, Andmesh kemudian merilis single perdananya yakni "Jangan Rubah Takdirku" pada tahun 2017. Awalnya, lagu tersebut dirilis dalam bentuk video lirik di Youtube meskipun belum memiliki video klip.

Kemudian pada 2 November 2018, lagu tersebut dirilis lengkap dengan video clip. Menariknya, hampir tiga bulan dirilis lewat YouTube, video klip Cinta Luar Biasa telah ditonton lebih dari 15 juta orang.

Tahun 2018, di tahun yang sama, Andmesh Kamaleng kembali dengan single terbarunya, Cinta Luar Biasa. Single terbaru Andmesh memang sudah ditunggu-tunggu, terutama karena suara dan penghayatannya dalam bernyayi membuat Andmesh bisa membius siapa saja yang mendengarkannya.

Saat memperkenalkan Cinta Luar Biasa ciptaan Faisal Resi, suara Ame, sapaan akrab Andmesh terasa langsung menyatu dengan karakter vokalnya. Penyanyi yang kuat dengan genre jazz ini berusaha menggambarkan seseorang yang tidak mempunyai apa-apa, namun jatuh cinta dengan wanita yang berbeda dengannya.

#1. Mario G Klau

Mario G Klau

Mario merupakan pemenang The Voice Indonesia 2016. Sempat tersisih di awal babak penyisihan, pemuda kelahiran Maumere 21 Mei 1998 itu berhasil mencuri perhatian juri. Setelah `pindah tangan` dari Agnes Monica, karakter Mario akhirnya terbentuk setelah dicoaching Kaka Slank.

Ia pun berhasil masuk final dan menjadi jawara. Usai itu ia mengeluarkan single perdananya berjudul "Terima Kasih", sebuah lagu pamungkasnya di ajang The Voice Indonesia.

Mario kemudian membuktikan dirinya sebagai penyanyi, bukan saja di ajang pencarian bakat. Pada 2017, ia resmi memperkenalkan single daur ulang bertajuk Sepanjang Hidupku. Lagu ini merupakan hits dari Pilot Band yang dirilis pada tahun 2008.

Mario G Klau mengatakan bahwa lagu Sepanjang Hidupku dipilih karena cerita sukses dari lagu aslinya. "Lirik lagu ini juga mempunyai arti yang mendalam dengan kehidupan pribadi saya," katanya seperti dilansir JawaPos.com, Selasa (16/5).

Single Sepanjang Hidupku dibuat dengan aransemen baru oleh Tito P. Soenardi. Musik dibalut dengan ciri khas vokal Mario yang soulful. Sehingga menjadikan lagu ballad ini lebih terdengar menyentuh.

Di tahun yang sama, Mario kembali mengeluarkan single ketiga yang berjudul "Tuhan Jaga Dia". Single ini di bawah bendera Universal Music Indonesia yang rilis bulan oktober 2017 lalu.

Masuk tahun 2018, ia kemudian menelorkan single keempat yakni "Tak Selamanya Indah". Singel terbaru Mario itu dirilis oleh salah satu label rekaman terbesar di Tanah Air, Universal Music Indonesia.

 

 

Oleh : Redaksi Tajuk Flores

Artikel Terkait