Kisah Marianus Nuban: Dulunya Satpam, Kini Bos Jagung Manis Sukses di Jakarta

Sabtu, 20 April 2019 - 19:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Marianus Nuban mengubah hidupnya dari seorang satpam menjadi seorang pengusaha sukses melalui usaha Jagung Manis Fantastik. Foto: Industry.co.id

Marianus Nuban mengubah hidupnya dari seorang satpam menjadi seorang pengusaha sukses melalui usaha Jagung Manis Fantastik. Foto: Industry.co.id

Tajukflores.com – Marianus Nuban mengukir kisah sukses yang memukau, mengubah hidupnya dari seorang satpam menjadi seorang pengusaha sukses dengan omzet miliaran rupiah setiap bulan melalui usaha Jagung Manis Fantastik.

Perjalanan hidupnya yang penuh perjuangan dan keberhasilan menginspirasi banyak orang, terutama anak-anak muda di Indonesia Timur, untuk mengejar mimpi dan menjadi pengusaha mandiri.

Dilahirkan di Pulau Lembata-Flores, NTT pada 27 April 1974, Marianus memulai perantauannya ke tanah Jawa pada tahun 1994. Dengan modal ijazah STM, ia awalnya berkuliah di sebuah universitas swasta di Yogyakarta sebelum akhirnya hijrah ke Jakarta karena kendala keuangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Di ibu kota, ia memulai perjalanan hidupnya dengan menjadi satpam, meskipun gaji yang diterimanya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Syarat menjadi satpam adalah orang harus jujur dan baik. Namun gajinya kecil. Saya berpikir betapa murahnya sebuah kejujuran,” ujar Marianus Nuban.

Tidak menyerah dengan keadaan, Marianus mencoba berbagai usaha untuk meningkatkan penghasilannya, mulai dari menjual sepatu hingga jualan somai.

Baca Juga:  Perkuat SDM, Pemkab Mabar Gelar Pelatihan Pengelolaan Usaha Pondok Wisata

Meskipun beberapa usaha gagal, ia tetap tegar dan berani mencoba hal baru. Tahun 2009, saat berada di Kawasan ITC Kuningan, Marianus memperhatikan aktivitas orang-orang yang sering menanyakan Jagung manis. Namun jagung manis selalu habis.

Ia kemudian bertekad untuk menjalani usaha jagung manis. Apalagi dirinya juga teringat akan kebiasaan sebagian besar orang di kampung halamannya, yang suka sarapan dengan nasi jagung atau produk olahan jagung lainnya.

Ternyata kisah orang yang suka mencari jagung manis di kawasan ITC Kuningan itulah, menjadi salah satu titik penting perjalanan hidupnya.

Menyadari usaha berbasis jagung memiliki prospek yang cerah. Dia pun memperkenalkan brand Jagung Manis Fantastic dengan aneka rasa yang bisa disesuaikan dengan selera konsumen.

Memulai usaha dengan uang Rp 4 juta, ia membuka gerai di Hero Bekasi. Setiap harinya selalu ramai dipadati pembeli.

“Jagung manis susu keju aneka rasa ini masih disukai sebagian besar masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa,” ujarnya bangga.

Penikmatnya selalu ramai dan mencakup semua segmen, ternyata menyedot perhatian seorang supervisor di tempat itu dan berminat untuk membeli Rp 12 juta apabila Marianus menjualnya. Ia pun menjualnya karena dengan menjual senilai Rp 12 juta, dia bisa membuka tiga gerai baru.

Baca Juga:  Kabel Optik Putus, Layanan Telkom di Flores Terganggu

Tekadnya bulat dan fokus di jagung manis. Marianus kemudian memutuskan berhenti dari pekerjaan sebagai satpam Kimia Farma. Padahal BUMN Farmasi itu, tengah mempromosikan tugas baru Marianus ke bagian Maintenance.

Rupanya jagung manis racikan Marianus diminati pasar. Usahanya menggelinding cepat. Dalam tempo yang tak lebih dari 6 tahun, kemitraan yang dibangun membuat gerai dan gerobak Marianus membengkat.

Sampai dengan tahun 2014 jumlah gerai usahanya sudah mencapai 700 unit di seluruh Indonesia, baik milik sendiri maupun mitra. Sementara jumlah gerobak dorong sampai dengan tahun 2015 mencapai 400 unit di Jabodetabek.

Ada enam menu yang dia tawarkan yakni jagung manis original, pedas, mayonais, barbeque, coklat dan strawberry. Jasuke tersebut disajikan dalam cups (gelas plastik yang digunakan sebagai kemasan untuk menjual jagung manis).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Sejarah Traveloka: Dari Mesin Pencari Tiket Pesawat Menjadi Raksasa Online Travel Agent
Menjadi Subagent AviaTour, Cara Mudah Raih Penghasilan Tambahan dari Dunia Travel
Aspire Luncurkan Program ‘Aspire for Startups’, Dukung Para Founder Startup di Asia
Jelajahi Dunia Bisnis Melalui ‘Startup Safari’ bersama Co-Founder & CEO HOLEO, Andre Husada
Cari Kemasan: Solusi Kemasan Murah dan Tanpa Minimum Order untuk UMKM Indonesia
Ryan Wibawa, Penyeduh Kopi Indonesia Raih Juara Ketiga di Kompetisi World Brewers Cup 2024
Plasgos Luncurkan Fitur Dekorasi Toko: Tingkatkan Branding dan Tampilan Toko Anda!
Punya Uang Rp 1 Miliar di Usia 20 Tahun, Timothy Ronald Ungkap Rahasianya
Berita ini 133 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 25 April 2024 - 06:57 WIB

Rilis Terbaru 2 Kode Kupon The Spike Volleyball Story Hari Ini 25 April 2024, Dapatkan Puluhan Bola Gratis

Kamis, 25 April 2024 - 00:32 WIB

Daftar Frekuensi Measat 3B K Vision Ku Band 2024

Rabu, 24 April 2024 - 14:40 WIB

Pertimbangkan 5 Alasan Ini Sebelum Beli Samsung Galaxy A05s

Rabu, 24 April 2024 - 03:43 WIB

Terbaru! Kode Redeem FF Token Zombie SG2 OPM Permanen Rapper Panjang Hijau Demolitionist Hari Ini 23 – 24 April 2024 Tanpa Spin Diamond FF

Selasa, 23 April 2024 - 21:57 WIB

Pinjol Cepat Cair Tanpa BI Checking, 5 Aplikasi Pinjaman Online 24 Jam Langsung Cair

Selasa, 23 April 2024 - 20:58 WIB

Daftar Pinjol yang Tidak ada DC Lapangan Terbaru 2024

Selasa, 23 April 2024 - 15:15 WIB

Cara Membuat Karikatur 3D Wajah Sendiri dalam 1 Menit Langsung Jadi, Bisa untuk Profil Media Sosial

Selasa, 23 April 2024 - 04:26 WIB

Download Apk Mod Boss Domino Rp V1.26 X8 Speeder Terbaru P1H1, P1H4, P1H5, P1H6

Berita Terbaru