Dewan Kesenian Jakarta Gelar Lintas Media di TIM Bertajuk Sirkular

Rabu, 6 November 2019 - 21:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyelenggarakan program Lintas Media di Taman Ismail Marzuki (TIM) pada 11-15 Juni 2019.

Adapun kegiatan Lintas Media 2019 yang berlangsung selama lima hari tersebut akan meliputi rangkaian kegiatan pameran, diskusi, peluncuran web, pemutaran film, serta pertunjukkan yang kesemuanya terpusat di Teater Kecil TIM.

Program yang di tahun keempatnya ini bertajuk “sirkular”, melibatkan para seniman “mix-generation”: campur-aduk dari segi usia, latar-belakang, maupun disiplin yang mengantar karya-karya mereka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dengan Ugeng T. Moetidjo sebagai kurator dan Asep Martin sebagai asisten kurator, Lintas Media 2019 akan menghadirkan Abi ML, Andi Suspandri, dan Damar Rizal Marzuki. Ketiganya berasal dari seni teater. Selain itu, ada Anggun Priambodo, Gelar Agryano Soemantri dan Natasha Abigail dari seni instalasi video.

Kemudian, ada Budi Klontonk (senirupa), Dadang Badoet (instalasi senirupa), Dzikra Afifah (instalasi patung), Indraswara D.P & Guntoro Sulung (instalasi objek), Maya Azeezah (film), (instalasi video), dan Tewel Seketi (instalasi fotografi). Selain itu, akan ada pula diskusi “Walter Benjamin” dengan Bertho Tukan sebagai narasumber.

Baca Juga:  Motif Ferdy Sambo Habisi Brigadir J, Mahfud MD: Sensitif, hanya Boleh Didengar Orang Dewasa!

“Sirkular”

Pada penciptaan karya seni, seorang seniman mau dan tak mau menggunakan teknologi yang dimungkinkan. Karenanya, seorang seniman dan dengan demikian karya seni yang diciptakannya, selalu tunduk dan mengikuti teknologi yang dimungkinkan pada masanya.

Pesatnya perubahan teknologi yang berkembang selama dua dekade terakhir, terutama dengan kehadiran media sosial sebagai ‘ruang sosial’ yang baru, telah membawa perubahan pada proses penciptaan karya seni dan dampak bagi pemirsa karya seni

Karya seni yang berkembang sekarang mau membongkar tradisi kontemplatif yang telah melupakan isu-isu kepublikan ke bentuk-bentuk yang langsung dialami sekaligus oleh seniman dan audiens. Seni tidak lagi dimaksudkan untuk mengungkapkan hasrat terpendam personal seniman melainkan menyuruk ke pengalaman sehari-hari publik. Seni dilepaskan dari ruang sunyi penciptaan ke ruang-ruang terbuka dari pengalaman bersama seniman dan audiens.

Karya seni dengan media-media baru menghapus hak istimewa seniman dalam menghasilkan makna. Karena itu, istilah kreator dan kreasi bergeser menjadi produsen dan produksi. Keduanya merupakan modus yang berbeda zaman dan kepentingan yang menjelaskan praktik-praktik seni dengan media sebagai modus baru terhadap model lama representasi. Media-media itu sendiri, pada dasarnya, merupakan ruang terbuka publik atau audiens, tempat seniman bisa terhubung dengan publiknya.

Baca Juga:  Diduga Lecehkan Mahasiswi FH Universitas Brawijaya Malang, Pria Keturunan Ngaku Exchange Student Terdata di Kampus

Dengan “sirkular”, pameran dan performance dalam Lintas Media 2019 ini mau menyaran tentang berlangsungnya putaran dari model-model berkarya, dari yang manual-konvensional hingga ke yang digital non-konvensional. Pameran ini memaparkan ragam pemahaman mengenai kerja-kerja produksi seni yang masih berlangsung dalam perkembangan kesenian kita sekarang.

“sirkular” hendak memperlihatkan dua model fenomen dari praktik-praktik artistik yang menggunakan media-media mainstream dan praktik-praktik artistik dengan media baru. Dari situ, lalu muncul pertanyaan, sejauh mana kedua modus tersebut saling terhubung, atau masing-masing berdiri sendiri namun tetap berada dalam satu matarantai yang sama, dengan konsekuensi, keduanya diterima sebagai kenyataan yang masih berlangsung, di tengah transisi menuju bentuk yang pasti.

Tentang Lintas Media

Teknologi media sedang mengubah institusi-institusi budaya dalam kanonisasinya masing-masing. Pasar, salah satu institusi yang paling dominan, juga memasuki ruang lain dalam fenomena bisnis start-up.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Judi Online Bikin Orang Terjerat Pinjol, Menkominfo: Kita Siap Perang, Sikat Tanpa Kompromi!
2 Helikopter AL Malaysia Jatuh di Lumut, 10 Awak Tewas
Iuran Pariwisata di Tiket Pesawat Tuai Pro Kontra, Menparekraf Sandiaga Klaim Tak Ada Beban Baru untuk Masyarakat
DPR Tolak Rencana Penarikan Iuran Pariwisata Kepada Penumpang Pesawat
Tuntaskan Kesenjangan Riset Perguruan Tinggi, Kemendikbudristek Janji Benahi Universitas Swasta
Profil Pendeta Mell Atok yang Sebut Mualaf Dondy Tan sebagai Anak Setan
Heboh Kasus Plagiat Prof Kumba Digdowiseiso, Kemendikbudristek Bakal Evaluasi Jurnal Ilmiah yang Sudah Terbit
Ledek Israel, Menlu Iran Anggap Serangan Drone seperti Mainan Anak-Anak
Berita ini 6 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 23 April 2024 - 14:55 WIB

Nonton Lovely Runner Episode 6 Sub Indo, Drakorindo, Nuna Drama Dramaqu, dan Bilibili Dicari

Selasa, 23 April 2024 - 14:28 WIB

Lovely Runner Episode 6 Tayang Jam Berapa? Cek Link Nonton Sub Indo di Sini!

Selasa, 23 April 2024 - 11:14 WIB

5 Rekomendasi Drakor Noona Romance Bikin Baper, Sudah Nonton?

Selasa, 23 April 2024 - 09:56 WIB

Link Download Drakor Queen of Tears Sub Indo Kualitas HD Episode 1-16

Selasa, 23 April 2024 - 09:29 WIB

Top 10 Drakor Minggu Ini, Queen of Tears dan Lovely Runner Kuasai Peringkat Drakor dan Aktor Terpopuler!

Senin, 22 April 2024 - 18:04 WIB

Nonton Lovely Runner Episode 5 Sub Indo, Nuna Drama Dramaqu dan Bilibili Tidak Disarankan

Senin, 22 April 2024 - 17:33 WIB

Gratis Link Nonton Drakor Lovely Runner Episode 5 Sub Indo Pengganti Bilbili

Senin, 22 April 2024 - 14:50 WIB

Private Bodyguard Season 2: Akankah Terungkap Misteri di Balik Ending Menggantung?

Berita Terbaru

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Rahmat Idnal memberi keterangan kepada media di Jakarta, Kamis (21/3/2024). Foto: Antara

Hukum

Sejumlah Selebgram Ditangkap Polres Jaksel Terkait Narkoba

Selasa, 23 Apr 2024 - 19:00 WIB