Simbol Jari Telunjuk Deno Kamelus

Selasa, 17 Oktober 2023 - 19:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Di tahun politik ini, setiap tokoh politik akan berhadapan dengan media dan masyarakat. Bahasa tubuh mereka menjadi pesan yang akan diterima oleh masyarakat. Pesan ini sejatinya bisa dibaca oleh siapapun.

Charlie Chaplin dan beberapa pentolan film bisu (silent movie) adalah pelopor maraknya penggunaan cara komunikasi seperti itu. Kemampuan berkomunikasi non verbal bisa karena dilatih, dan tentu ada juga yang pembawaan sejak lahir.

Secara genetik memang sudah ada dalam diri kita. Masa kini, selain non verbal communication yaitu lewat gesture atau bahasa tubuh, ada juga yang menggunakan bahasa telepati (sangat jarang), tanpa suara dan tanpa gerakan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Studi yang mempelajari tentang body language saat ini terus berlembang. Sejarah mencatat nama Charles Darwin sebagai ‘pelopor’ pembelajaran bahasa tubuh, lewat bukunya yang berjudul The Expression of the Emotions in Man and Animals tahun terbit 1872. Buku ini telah mendorong banyak pihak melakukan studi intensif mengenai bahasa tubuh.

Bertahun-tahun setelah itu, para peneliti yang mempelajari tentang ekspresi wajah dan bahasa tubuh mencatat bahwa ada hampir satu juta nonverbal cues dan signal yang dapat didata dan dipelajari ulang.

Professor Birdwhistell mengestimasi bahwa jumlah komunikasi non verbal yang manusia lakukan sesungguhnya lebih banyak daripada komunikasi verbal kita.

Baca Juga:  Catatan Redaksi: Kuatkah Dampak Tagar 2020ManggaraiGantiBupati?

Alan Pease dalam tulisannya mengatakan, membaca bahasa tubuh sejatinya adalah membaca hal hal yang tak terungkap namun tertangkap oleh alam bawah sadar manusia. Dalam membaca bahasa  tubuh tokoh politik, ia meminta untuk melihat tiga hal yang sangat prinsip.

Pertama, lokalisir setiap gerakan tubuh. Di dalam membaca bahasa tubuh, ada kesan awal, yang ditangkap oleh manusia. Kesan awal ini bisa memiliki kesan baik atau kesan buruk.

Namun untuk dapat membaca unspoken languange dari tokoh secara baik perlu anda melokalisir bahasa tubuhnya. Yang paling sering digunakan adalah melokalisir mimik dan melokalisir tangan dan gerakan tubuh.

Dengan melokalisir anda akan mudah melihat kesesuaian gerakan tubuh dengan ucapan yang sedang disampaikan. Melokalisir juga memudahkan anda melihat bahasa yang tidak terungkap lewat komunikasi lisan.

Kedua, melakukan kalibrasi atau melakukan kesusaian. Di prinsip kedua ini setelah anda melokalisir mimik, gerakan badan, gerakan tangan. Anda akan melihat mana gerakan yang paling sering digunakan.

Misalnya jari telunjuk ke depan saat melakukan orasi. Gerakan bahu mengembang saat diwawancara. Kemudian anda bisa melihat mana gerakan gerakan yang muncul tanpa sadar saat mengemukakan sesuatu.

Dengan melakukan kalibrasi ini, anda akan mudah melihat bahasa tubuh apa yang sering dipakai, lalu apa yang sebenarnya tokoh ini rasakan dan sampaikan.

Baca Juga:  Makna Pidana Penjara terkait PKPU Nomor 1 Tahun 2020

Ketiga, pahami konteks. Memahami konteks ini berkaitan dengan situasi saat tokoh ini berbicara dan citra yang dibangun. Bahasa tubuh dalam konteks politik berkaitan dengan citra. Politik di situasi saat ini seperti sebuah panggung.

Tokoh politik dengan bahasa tubuh yang baik, umumnya memahami situasi dan konteks ia berbicara. Saat ingin memahami bahasa tubuh maka perlu memahami konteks dan ciri yang ingin dibangun.  Dengan memahami konteks maka anda akan mudah melihat pesan apa yang ingin tokoh ini sampaikan.

Daniel Mashudi dalam tulisannya yang berjudul "Arti Gestur Jari Tangan" menjelaskan,  Gestur jari telunjuk bisa diartikan untuk  memberikan perintah, atau sedang menunjukkan suatu arah (ke atas, depan, samping) atau sesuatu hal yang sedang dimaksud.

Gestur atau bahasa tubuh politisi memang terkadang membingungkan. Anda tentu ingat peristiwa saat penetapan pemenang pemilu presiden lalu. Yudhoyono, sang pemenang, nyaris tak menebar senyum justru di hari kemenangannya. Bahkan, ketika ia berjabat tangan dengan Kalla, tak ada pula senyum mengembang.

Inilah bahasa tubuh para politisi. Penuh penafsiran. Terkadang terlihat seperti bahasa para pemain drama dan rakyat-lah yang menjadi penontonnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Digdaya PT Flobamor Kendalikan Pariwisata Taman Nasional Komodo: Tarif Naik, Kualitas Pelayanan Buruk!
Kurikulum Merdeka, Nasib Guru Bahasa Jerman di Ujung Tanduk
Menguak Aliran Dana Philip Morris, Pemegang Saham PT HM Sampoerna Tbk ke Israel
Menakar Kans Koalisi Pengusung Anies Baswedan Bubar Kala Demokrat-PDIP Tampil Mesra
Kontroversi dalam Karier Sutradara Film Porno Kelas Bintang, Dari Sinetron ke Film Dewasa
Romo AS: Kasus Pastor Bunuh Diri dan Dugaan Salah Urus Gereja
Ridwan Kamil, Misi Partai Golkar Rebut Jawa Barat dari Gerindra dan PDIP
Menjadi Konten Kreator Tiktok, Rela Alih Profesi demi Fulus
Berita ini 66 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 11:01 WIB

Top Skor Piala Asia U-23 2024: Marselino Ferdinan dan Komang Teguh 2 Gol

Rabu, 24 April 2024 - 01:54 WIB

6 Fakta Menarik Jelang Duel Timnas U23 Indonesia Vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 01:27 WIB

Head to Head Timnas U23 Indonesia Vs Korea Selatan, Shin Tae-yong Tahu Kelemahan Korsel?

Rabu, 24 April 2024 - 00:42 WIB

Jelang Lawan Indonesia, Korea Selatan Waspadai Strategi Shin Tae-yong di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Selasa, 23 April 2024 - 00:57 WIB

Timnas Indonesia U-23 Tantang Korea Selatan di Babak Perempat Final Piala Asia U-23 2024!

Senin, 22 April 2024 - 15:27 WIB

Doa yang Dilafalkan Marselino Ferdinan Saat Eksekusi Penalti ke Gawang Yordania, Salam Maria atau Bapa Kami?

Senin, 22 April 2024 - 11:37 WIB

Dipuji Presiden Jokowi Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23, STY: Wasit Pertandingan Pertama Komedi

Minggu, 21 April 2024 - 15:53 WIB

Indonesia vs Yordania U23 Live Streaming Jam Berapa, Cek Link Nonton di Sini

Berita Terbaru

Ilustrasi keadaan depresi (antara)

Health

Sering Sedih Bahkan Depresi, Segera Konsumsi 6 Makanan Ini

Kamis, 25 Apr 2024 - 12:08 WIB