Gaya Hidup

Songke Manggarai Tampil Lebih Modern di Festival Budaya Jakarta

Minggu, 18/08/2019 03:49 WIB

Peragaan pakaian adat songke Manggarai di Anjungan NTT Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (17/8/2019). (Foto: Tajukflores.com/Misel Gual)

Jakarta, Tajukflores.com - Lenggak-lenggok model pria dan wanita mengenakan songke, pakaian adat Manggarai menjadi cerita menarik di Festival Budaya Manggarai di Anjungan NTT Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (17/8/2019).

(Foto: Tajukflores.com/Misel Gual)

Peragaan pakaian adat ini memunculkan ide-ide kreatif dimana songke dipadukan dengan potongan motif dan kain lainnya. Tampilan pakaian adat Manggarai ini pun terlihat lebih modern.

(Foto: Tajukflores.com/Misel Gual)

Di bawah cahaya matahari yang mulai tenggelam ke arah barat, terlihat para model berlenggak-lenggok di atas catwalk permadani merah yang terletak di tengah-tengah Anjungan NTT. Pakaian adat songke pun berkilau.


(Foto: Tajukflores.com/Agustinus Mangur)

Di situlah muncul decak kagum, betapa indahnya budaya Manggarai.

Panitia Festival Budaya Manggarai sendiri menampilkan pakaian adat lebih modern ini sebagai apresiasi terhadap budaya nusantara.

"Semoga songke Manggarai terus bergerak menuju keindahan songke yang terindah," demikian diungkapkan panitia Festival Budaya Manggarai saat membacakan tujuan peragaan pakaian adat Manggarai.

(Foto: Tajukflores.com/Misel Gual)

Adapun yang diperagakan kali ini ialah, pertama, dress songke. Konsepnya berupa baju pesta sederhana yang terbuat dari songke Manggarai dengan memusatkan perhatian pada bagian belakang tubuh dengan membuat busana potongan rendah punggung disertai tali tipis yang menjuntai. Ini memberi kesan untuk mempercantik baju pesta sederhana dengan nuansa songke ini.

(Foto: Tajukflores.com/Misel Gual)

Kedua, batu atasan dengan celana panjang. Model ini biasanya dipakai untuk berbagai situasi formal maupun kasual. Songke Manggarai diletakan pada bagian bawah celana, yang terinspirasi dari sepatu boots, sehingga seolah-olah yang mengenakan busana ini seolah-olah sedang memakai sepatu boots motif songke.

(Foto: Tajukflores.com/Misel Gual)

Ketiga, gaun pesta songke Manggarai dan brokat prada. Baju nuansa hijau ini terbuat dari tenun songke yang dikombinasikan dengan brokat prada motif bunga. Tampilan ini memberi kesan feminim pada songke.

(Foto: Tajukflores.com/Agustinus Mangur)

Keempat, outter songke Manggarai dan kombinasi tenun Sumba. Perpaduan songke dan tenun Sumba ini memeriahkan songke sehingga busana memiliki nuansa unik dan berbeda karena padu padan tenun.

(Foto: Tajukflores.com/Misel Gual)

Oleh : Misel
TAGS :

Artikel Terkait