Momotret Program Simantri di Manggarai dari Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Selasa, 17 Oktober 2023 - 19:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Subuh, 8 Juli 2019, kami tiba di wilayah Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Hawa pagi serasa menusuk, membuka mata kami yang terkatup rapat dalam perjalanan sekitar delapan jam dari Jakarta.

Saat mata mulai terbuka lebar, rasa lelah itu mulai terkikis. Hamparan sayur-sayuran segar di sepanjang jalan sepertinya mengusir rasa lelah.

Tujuan perjalanan kami hari itu menuju Dataran Tinggi Dieng, sebuah lokasi wisata di Jawa Tengah yang kala itu diperbincangkan karena fenomena es bekunya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menggunakan ponsel Samsung, saya coba memotret beberapa spot sayuran segar dari bus wisata yang membawa kami menuju Dieng. Saat itulah saya teringat dengan program Simantri di Kabupaten Manggarai.

Jari-jari saya pun mencari kontak Bupati Manggarai Deno Kamelus. “Selamat pagi bapak, ini kondisi holtikultura di Banjarnegara, sayur-sayurannya segar. Wilayah ini juga menjadi lokasi wisata alam,” tulis saya dalam pesan singkat WhatsApp kepada Bupati Deno.

Tiga puluh menit kemudian, pesan saya dibalas Bupati Deno Kamelus. “Iya, mereka sudah lama sekali,” ujar Bupati Deno singkat. Percakapan itu terputus karena sinyal sedikit hilang. Dalam pesan kesimpulan, saya berharap kelak tanah kosong di Manggarai tak ada yang nganggur.

Baca Juga:  SMM Panel Indonesia Terbaik untuk Meningkatkan Popularitas Media Sosial Anda

Kabupaten Banjarnegara dikenal sebagai sentra hortikultura. Sebagian wilayahnya memang berada di pegunungan, sehingga cocok untuk budidaya beragam sayur dan buah-buahan. Banjarnegara juga dianugerahi tanah vulkanik yang subur.

Berdasarkan data banjarnegarakab.go.id, penduduk Banjarnegara yang mencapai satu juta lebih, sebagian besar atau 623.000 jiwa tertarik untuk menekuni bidang pertanian.

Luas wilayahnya sebesar 106.971 hektar atau 3,10 persen dari luas propinsi Jawa tengah. Dengan lahan pertanian sawah seluas 14.663 hertar dan lahan pertanian bukan sawah yang terdiri dari  tegalan 44.478 ha , perkebunan 3223 ha dan kolam seluas 519 Ha.

Dengan potensi yang ada tersebut sangat relevan jika Banjarnegara sangat mengandalkan bidang pertanian sebagai potensi utama di Banjarnegara.

Untuk mewujudkan visi tersebut berbagai dilakukan dengan strategi peningkatan produktifitas melalui bidang pertanian seperti Penerapan Pendekatan Teknologi Pengelolaan Tanaman Terpadu, perbaikan budidaya disertai dengan pengawalan  pendampingan dan koordinasi, penerapan SOP tanaman hortikultura, penggunaan komoditas  alternatif (gandum untuk kentang dll), pemberian bantuan benih, saprodi dan bantuan lainnya untuk mendukung peningkatan produktifitas. Dukungan lain berupa pemberian bantuan keuangan melalui Bansos, PUAP, LM3, dan SDM.

Potensi pertanian di Kabupaten Banjarnegara didukung oleh ketersediaan lahan yang subur dan cocok untuk pengembangan berbagai jenis komoditas pertanian.

Baca Juga:  Dukung Investasi di NTT, PLN Bakal Operasikan PLTMG 40 MW di Kupang

Komoditas pertanian yang menjadi unggulan meliputi padi, jagung, kedelai, kentang, salak, durian, manggis, ikan gurami, lele, patin, nila, sapi, kambing dan domba. Ketersediaan lahan yang ada saat ini juga relatif luas untuk pengembangan sektor pertanian.

Potensi pengembangan pertanian di Kabupaten Banjarnegara tersebar di beberapa lokasi/kecamatan. Bagian utara yang terdiri dari daerah pegunungan, relief bergelombang dan curam untuk pengembangan komoditas seperti kentang, jagung, kambing dan domba.

Bagian tengah yang terdiri dari daerah datar untuk pengembangan komoditas padi, jagung, kedelai, salak, durian, manggis, perikanan dan ternak sapi. Bagian selatan yang terdiri dari daerah datar dan curam untuk pengembangan komoditas padi, kacang tanah, durian, manggis dan sapi.

Menurut data yang sama, investasi sektor pertanian di Kabupaten Banjarnegara sangat prospektif. Pertumbuhan ekonomi tahun 2010 yang ditunjukan oleh  laju pertumbuhan Produk domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan 2000 sebesar 4,5%. Sektor pertanian merupakan sektor yang dominan  memberikan sumbangan sebesar 38,27%. Boleh dibilang, Kabupaten Banjarnegara memberikan peluang terbaik kepada semua investor untuk menciptakan pertumbuhan usaha yang berkelanjutan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Jelajahi Dunia Bisnis Melalui ‘Startup Safari’ bersama Co-Founder & CEO HOLEO, Andre Husada
Cari Kemasan: Solusi Kemasan Murah dan Tanpa Minimum Order untuk UMKM Indonesia
Ryan Wibawa, Penyeduh Kopi Indonesia Raih Juara Ketiga di Kompetisi World Brewers Cup 2024
Plasgos Luncurkan Fitur Dekorasi Toko: Tingkatkan Branding dan Tampilan Toko Anda!
Punya Uang Rp 1 Miliar di Usia 20 Tahun, Timothy Ronald Ungkap Rahasianya
SMM Panel Indonesia Terbaik untuk Meningkatkan Popularitas Media Sosial Anda
7 Pekerjaan Creative Advertising Paling Dicari, Saatnya Upgrade Skill
Perjalanan 13 Tahun Rima Alir Tirta merintis Alir Tirta Batik
Berita ini 81 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 April 2024 - 07:34 WIB

Lirik Lagu Fortnight Taylor Swift ft. Post Malone Lengkap dengan Terjemahan

Sabtu, 20 April 2024 - 05:55 WIB

Download Lagu DJ TikTok Terbaru 2024 Full Album Mp3 Stafaband dan Metrolagu

Sabtu, 20 April 2024 - 00:37 WIB

Download MP3 Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini

Sabtu, 20 April 2024 - 00:19 WIB

Lirik Lagu Kupu-kupu Single Terbaru Tiara Andiri

Jumat, 19 April 2024 - 21:42 WIB

Link Nonton Film Siksa Kubur Sub Indo, Bukan Telegram dan LK21 Free Gratis Cek Di Sini!

Jumat, 19 April 2024 - 16:40 WIB

Sinopsis Death Whisperer, Film Horor Thailand Baru yang Terinspirasi Kisah Nyata

Jumat, 19 April 2024 - 16:22 WIB

Lirik Lagu Impossible – RIIZE Lengkap dengan Terjemahannya

Jumat, 19 April 2024 - 14:22 WIB

Perhatikan 4 Aturan Ini Sebelum Beli Tiket Konser Sheila On 7

Berita Terbaru

Rianti Cartwright

Infotainment

Simak Alasan 4 Artis Tanah Air Ini Pindah Agama dari Islam

Sabtu, 20 Apr 2024 - 14:46 WIB

Pegawai non ASN

Nasional

BKN Tegaskan Tak Ada Pendataan Ulang Non-ASN Tahun 2024

Sabtu, 20 Apr 2024 - 14:24 WIB

Kim Lim membagikan kisahnya saat menghadapi situasi sulit di Dubai. Foto: Instagram Kim Lim

Entertainment

Terjebak Banjir Dubai, Putri Miliuner Singapura Kim Lim Kelaparan

Sabtu, 20 Apr 2024 - 13:46 WIB