Ekonomi

Bupati Deno Ungkap Capaian Pemanfaatan Dana Desa Rp 800 Miliar di Manggarai

Selasa, 17/09/2019 17:02 WIB

Bupati Manggarai, Deno Kamelus (ist)

Ruteng, Tajukflores.com - Bupati Manggarai Deno Kamelus mengatakan aliran dana desa yang bersumber dari tiga anggaran sudah mencapai Rp 800 miliar ke wilayah Manggarai sejak 2015 lalu. 

Dalam penggunaanya, dana tersebut telah menunjukkan hasil yang nyata yakni terciptanya pembangunan di desa. Contohnya jalan raya di desa sudah dibuat 447.000 meter, air bersih 170 unit, rumah layak huni 6.326 Unit, instalasi gratis dan irigasi 88 unit.

"Ini semua bagian kerjasama pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan dan kabupaten tertinggal," ujar Bupati Kamelus dalam sambutannya saat membuka seminar nasional dana desa di Aula MCC Ruteng, Jumat (13/9) lalu.

 

Deno mengungkapkan, tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Manggaraibekerjasama dengan pemerintah desa dalam peningkatan jalan lapen pada jalur jalan tertentu.

"Percepatan pembangunan akan kelihatan kalau pengelolaan dana desa tepat sasaran sehingga perlu kerjasama antara pemerintah pusat, provinsi, abupaten dan desa," tutur Bupati Kamelus.

Bupati Kamelus mengatakan, untuk mencapai visi misi pengelolaan dana desa maka perlu kerjasama antara pemerintah kabupaten dan masyarakat.

Seminar ini diselenggarakan PMKRI Ruteng dalam rangka memperingati Dies Natalis PMKRI Ruteng Ke-50. Turut hadir dalam seminar ini yakni pembicara dari KPK dan pejabat Kemendesa, Transmigrasi dan PDT RI.

Setelah pembukaan kegiatan oleh bupati Manggarai dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh kedua narasumber serta dialog dan tanya jawab berkaitan dengan materi yang telah disampaikan.

 

Oleh : Redaksi Tajuk Flores

Artikel Terkait