News

Berhasil Asuh Anak, Orangtua Bupati TTU Diundang Kemendikbud

Senin, 04/11/2019 09:37 WIB

Margaretha Hati Manhitu (Ibu kandung Bupati Timor Tengah Utara) sedang jualan jagung dan sayur di Pasar (Foto : Kompas.com)

Kefamenanu, Tajukflores.com - Yakobus Manue Fernandez dan Margaretha Hati Manhitu, pasangan suami istri yang berprofesi sebagai petani asal Desa Bijeli, Kecamatan Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur ( NTT), diundang ke Jakarta oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yakobus dan Margaretha diundang untuk diberi penghargaan karena dianggap telah berhasil mengasuh putra sulung mereka Raymundus Sau Fernandes menjadi orang sukses.

Raymundus Sau Fernandes merupakan Bupati TTU dua periode, yang memimpin kabupaten yang berbatasan dengan negara Timor Leste itu pada periode 2010-2015 dan 2015-2020.

Yakobus dan Margaretha juga dianggap menjadi inspirasi bagi orangtua lainnya dalam mengasuh anak. Pasangan suami istri itu dijadwalkan akan menerima penghargaan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga pada 6-7 November 2019 di Hotel Menara Peninsula, Jakarta.

"Surat undangannya baru saya terima pagi tadi," ujar Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes melansir Kompas.com, Senin (4/11/2019).

Raymundus mengaku, dirinya sendiri akan mengantar kedua orangtuanya ke Jakarta.

Rencananya, mereka akan berangkat malam.

Raymundus bersyukur karena kedua orang tuanya diberi penghargaan.

"Saya hanya bersyukur dan berterima kasih pada Tuhan dan semua pihak yang telah membantu dengan caranya masing-masing, sehingga membuat semua seperti ini," kata Raymundus.

Sebelumnya diberitakan, Margaretha Hati Manhitu memilih untuk hidup sederhana, meskipun anaknya telah jadi pejabat di daerah.

Margaretha bahkan masih tetap berjualan sayur di pasar demi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Wanita tua berusia 78 tahun itu, sering diingatkan anaknya Raymundus, untuk tidak berjualan ke pasar, namun dia tetap bersikukuh mencari uang sendiri.

Uang hasil jualan di pasar, bahkan diberi untuk para cucunya, termasuk anak-anak Raymundus.

Oleh : Ryan Pratama

Artikel Terkait