Politik

Rafael Taher, Bacabub Muda dari Mabar

Senin, 04/11/2019 13:32 WIB

Rafael Taher: bakal calon Bupati Manggarai Barat 2020-2025. Photocredit: Dokumentasi Pribadi

Labuan Bajo, NTT, Tajukflores.com - Salah satu dari sekian motivasi Rafael Taher atau yang tenar dengan nama “Rafael Todawela” untuk maju menjadi bakal calon Bupati Manggarai Barat adalah mendorong kebijakan sektor pariwisata yang pro pada masyarakat kecil, bukan hanya untuk segelintir elite pemodal.

Mimpi Rafael adalah ingin Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Manggarai Barat yang makmur, berdaulat dan berbudaya.

“ Sejak pertama kali menyatakan diri maju sebagai bakal calon bupati dan melamar ke partai-partai, saya mendapat banyak respon yang cukup positif dari banyak pihak, baik melalui media sosial maupun dukungan langsung dari masyarakat,” ujarnya dalam Rilis yang diterima tajukflores.com (Senin, 4 November 2019).

Selain memaksimalkan pariwisata sebagai pendorong utama pembangunan Manggarai Barat, Rafael berpendapat, sektor lain seperti pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan pemberdayaan ekonomi kerayakatan yang berbasis ekonomi kerakyatan harus diupayakan dengan maksimal.

Dan untuk mewujudkan visi itu dibutuhkan kerja birokrasi yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam melaksanakan pelayanan publik serta penegakan hukum yang berkeadilan

Ia menegaskan, kalau ia dipercaya masyarakat Manggarai Barat dan partai politik untuk menjadi calon Bupati Manggarai Barat 2020-2025, maka ia berjuang untuk  mewujudkan Kabupaten Manggarai Barat yang berbudaya dan berpendidikan.

“Program pengentasan kemiskinan dan memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat Manggarai Barat  pun menjadi agenda yang penting,” paparnya.

Ia mengatakan, sebagai pelaku wisata yang selama ini banyak terlibat dalam advokasi persoalan pariwisata di Manggarai Barat, ia juga mendapatkan dukungan dari kurang lebih 3000-an para pelaku wisata lokal.

“ Dan dalam rangka memperkuat basis kendaraan politik, saya dan tim pemenangan juga segera akan melakukan komunikasi politik dengan sejumlah Parpol seperti PKB, Nasdem, Golkar, P3 dan lain-lain,” ujar Pria berusia 29 tahun itu.  

Latar Pendidikan

Rafael menyelesaikan pendidikan sekolah dasar di SDN Nggorang (1996-2003), SMPN 1 Cancar (2005-2003), SMKN 1 Labuan Bajo( 2008-2010) dan Sekolah Ilmu Pemerintahan Universitas Terbuka Mabar (2017 – sekarang).

Selain mengenyam pendidikan formal, Rafael juga mengikuti kursus untuk aktor demokrasi lokal di Sekolah Demokrasi Mabar tahun 2014 yang diselenggarakan Komunitas Indonesia untuk Demokrasi yang bekerjasama dengan LSM LAP Timoris. (adv)

Oleh : Redaksi Tajuk Flores

Artikel Terkait