News

Peringati Hari Pahlawan, Bupati Manggarai Bacakan Sambutan Mensos RI

Senin, 11/11/2019 11:12 WIB

Bupati Manggarai,Deno Kamelus (Indonesiakoran.com)

Ruteng, Tajukflores.com - Bupati Manggarai Deno Kamelus membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia Juliarti Batubara, pada upacara Apel memperingati hari pahlawan 10 November 2019 tingkat Kabupaten Manggarai  yang berlangsung, Senin (11/11/2019)  bertempat di Lapangan Motang Rua Ruteng.

Dalam sambutanya Mensos RI menjelaskan, setiap hari pahlawan, kita diingatkan kembali pada peristiwa pertempuran 10 november 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa perang mengingatkan kita  bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

Ia menjelaskan, semangat yang ditunjukan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.

Dia menambahkan, dengan peringatan hari pahlawan diharapakan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan , sebagaimana ungkapan salah seorang founding fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “ hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawanya dapat menjadi bangsa yang besar’’ Selain itu peringatan hari pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan Tahun 2019 “ Aku Pahlawan Masa Kini “.

Lebih lanjut dijelaskan, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indionesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang dan sebagainya.

Peringatan hari Pahlawan dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) lalong Tanah Karot.

Setelah mengheningkan cipta bagi arwah para pahlawan dan peletakan karangan bunga di tugu pahlawan yang dipimpin Komdan upacara, Wakil Kepala Kepolisian Resort Manggarai (Wakapolres) Kompol Thobias Tamonob, Bupati Manggarai didampingi Ketua DPRD Manggarai beserta unsur Forkopimda, pimpinan OPD, Staf Ahli Bupati beserta Asisten Setda melakukan tabur bunga diatas makam para pahlawan

Oleh : Ryan Pratama

Artikel Terkait