Politik

DPD NTT Dukung Airlangga Hartarto Jadi Capres 2024

Rabu, 04/12/2019 17:35 WIB

Ketua DPD Golkar NTT Melkianus Lakalena (Foto: Antara)

Jakarta, Tajukflores.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar NTT mendorong Airlangga Hartato maju dalam calon pemilihan Presiden 2024. 

Dukungan itu disampaikan Ketua DPD Golkar NTT Melki Laka Lena saat menyampaikan pandangan umum terkait Laporan Pertanggungan Jawaban (LPJ) kepemimpinan Airlangga dalam lima tahun terakhir di Hotel Ritz Charlton, Jakarta, Rabu (4/12).

Dalam pandangannya, Melki mengatakan DPD NTT puas dengan kepemimpinan Airlangga. Dia juga mengatakan DPD NTT mendorong Airlangga maju sebagai capres di 2024.

Selain DPD NTT, dukungan yang sama datang dari sejumlah DPD lainnya. Ketua DPD Golkar Sumatera Selatan Ahmad Doli Kurnia mengatakan, pihaknya akan mendorong Golkar mengutamakan Airlangga ketika mengusung capres pada lima tahun mendatang.

"Munas penting merekomendasikan punya calon untuk Pilpres 2024. Kami utamakan Ketua Umum, Bapak Airlangga Hartarto," ujar Doli.

Setelah NTT dan Sumsel, dukungan juga datang dari DPD Sulawesi Utara, Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Gorontalo.

Ketua DPD Golkar Sulawesi Utara Tetty Paruntu mengatakan, dorongan agar Airlangga menjadi capres pada 2024 berasal dari akar rumput atau masyarakat umum.

Mereka, kata Tetty, tak ingin jika Airlangga hanya menjadi Ketua Umum Golkar periode 2019-2024. "Golkar Sulawesi Utara dan 15 DPD tingkat II siap memenangkan Pak Airlangga dalam Pilpres 2024 yang akan datang," kata Tetty.

Ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi juga ingin Airlangga menjadi capres. Hal ini bertujuan agar partai berlambang pohon beringin bisa mewujudkan capaian tertinggi dalam politik.

Ia optimistis, Golkar bisa mempersiapkan Airlangga sebagai capres dalam lima tahun ke depan.

"Ini bagian dari sebuah desain strategi Golkar untuk bangkit kembali menjadi pemimpin eksekutif di negeri ini," kata Dedi.

Hal senada yang disampaikan oleh Ketua DPD Golkar Gorontalo Ruslie Habibie juga meminta Airlangga maju dalam Pilpres 2024. Sebab, menurutnya Golkar sudah cukup lama tak mengusung capres dari partai sendiri.

Golkar, kata Ruslie, sudah bosan mengusung capres dari partai lain. Karena itu, menurutnya Golkar perlu mempersiapkan Airlangga mulai saat ini agar bisa maju menjadi capres pada 2024.

"Kami akan berusaha agar beliau (Airlangga) jadi capres," kata Ruslie.

Menanggapi hal tersebut, Airlangga mengatakan bahwa aspirasi dari DPD itu akan dibahas lebih lanjut dalam Munas.

Jika disepakati, maka wacana pengusungan Airlangga sebagai capres akan menjadi keputusan resmi Munas.

"Itu aspirasi. Ini akan dibahas dalam munas," pungkas Airlangga. 
 

Oleh : Alex K

Artikel Terkait