News

Kapal Motor Patah As di Perairan Alor, 42 Penumpang Selamat

Rabu, 15/01/2020 11:30 WIB

Foto : Tim Sar gabungan mengevakuasi para penumpang kapal motor Ebeneser di pelabuhan Warsalelang, Pantar Timur, NTT, Selasa (14/1/2020).(Dokumen Basarnas Maumere)

Maumere, Tajukflores.com - Kapal Motor Ebeneser mengalami patah as kemudi di antara perairan Pulau Pantar dan Alor, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur ( NTT), Selasa (14/1/2020).

Kapal itu yang bertolak menuju Tamakh Pantar Timur dari Pelabuhan Kalabahi itu mengangkut 42 orang penumpang.

Kepala Basarnas Maumere I Putu Sudaya mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi tentang kapal yang patah as kemudi dari Wati, salah seorang penumpang kapal pada pukul 12.00 WITA.

Setelah menerima laporan, 15 menit kemudian pihak Basarnas memberangkatkan tim SAR gabungan terdiri dari anggota Pos SAR Alor 3 orang, Pos Angkatan Laut 1 orang, Polairud 2 orang, KP3L 2 orang, dan KSOP Alor 3 orang.

Tim berangkat dengan menggunakan 1 unit RIB 500 PK Pos SAR Alor.

"Kami berhasil menghubungi Wati kembali dan mendapatkan informasi bahwa KM Ebeneser sudah tiba di Pelabuhan Warsalelang Pantar Timur. KM Ebenser ditarik oleh kapal nelayan dan seluruh penumpang dalam keadaan selamat," kata Sudayana melansir Kompas.com.

Ia menjelaskan, hingga saat ini, kapal belum bisa sandar dengan aman, dikarenakan gelombang air pasang yang tinggi.

"Tim SAR gabungan sudah berhasil mengevakuasi semua penumpang," kata Sudayana.

Sudayana mengatakan, kendala yang dihadapi saat evakuasi penumpang yakni gelombang yang tinggi mencapai 2 meter.

Selain itu, komunikasi terganggu karena jaringan sinyal telepon seluler tidak terdeteksi di lokasi kejadian.

Sudayana mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada tim SAR gabungan serta masyarakat nelayan yang sudah membantu, sehingga evakuasi para penumpang berlangsung dengan lancar dan aman.

Oleh : Alex K

Artikel Terkait