Membedah Polemik TKA China di Kendari

Selasa, 17 Oktober 2023 - 19:14 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Keberadaan 49 Tenaga Kerja Asing (TKA) yang konon berasal dari China di Bandara Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (15/3) menyedot banyak perhatian berbagai kalangan masyarakat.

Kedatangan mereka menjadi pro dan kontra. Ihwalnya bermula dari video berdurasi 58 detik bahkan telah diviralkan ke mana-mana. Isinya memuat pernyataan tentang TKA asal China di pintu kedatangan Bandara Haluoleo.

Dalam video itu juga terdengar pernyataan “corona lagi, corona, wuah satu pesawat corona semua. video tersebut menjadi geger dan berdampak luas bagi masyarkat Sulawesi Tenggara. Mereka menjadi resah dan takut terjadi kenapa-kenapa dengan virus corona. Sampai-sampai Kapolda Sultra Brigjen Merdisyam dan Gubernur Ali Mazi turun tangan memerintahkan jajarannya dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengatasi kasus ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kapolda bergerak cepat menelusuri video tersebut akhirnya mendapat titik terang dan si pelaku pembuat rekaman video viral bernama Harjono berusia 39 tahun ditangkap polisi. Pelaku merupakan warga Desa Onewila Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara. Dia tangkap pada hari yang sama, yakni pada Minggu (15/3).

Peristiwa ini menarik dikaji karena antara dua institusi saling bertentangan satu sama lain yaitu Kapolda Sultra Brigjen Merdisyam dan Kepala Kantor Perwakilan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara, Sofyan. Kedua pejabat publik itu menyampaikan informasi tentang kedatangan TKA asal China itu ke Bandara Haluoleo Kendari berbeda-beda.

Baca Juga:  Deretan Pemilik Lahan Konsesi di IKN Nusantara, dari Anak Setnov hingga Luhut

Menurut hasil penelusuran Brigjen Merdisyam bahwasanya TKA asal China itu bukan datang dari China melainkan datang dari Jakarta. Mereka bekerja di salah satu perusahan smelter yang ada di Sultra. Jadi para TKA tersebut semenjak mereka bekerja di perusahan ini belum pernah kembali ke China. Mereka berangkat dari Jakarta dalam rangka mengurus izin kerja dan memperpanjang kontrak kerja di Jakarta kemudian kembali ke Kendari. Tidak hanya itu, mereka juga sudah mengantongi surat keterangan sehat, surat keterangan dari karantina kesehatan dan perizinan dari Imigrasi sebelum pulang ke Kendari.

Sedangkan Sofyan menuturkan TKA itu bukan TKA lama melainkan TKA baru yang berangkat dari China transit di Thailand sebelum akhirnya tiba Indonesia. Mereka semua sudah diverifikasi perwakilan RI di Bangkok pada 15 Maret 2020 sehingga boleh diizinkan masuk ke Indonesia via Bandara Soekarno-Hatta atas izin petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta berbasis surat sertifikat kesehatan yang diterbitkan pemerintah Thailand sejak 29 Februari-15 Maret 2020.

Anehnya dalam penuturan Sofyan terdapat peraturan Menkumham Nomor 7 tahun 2020 pada pasal 3 ayat 2 yang mewajibkan seluruh TKA yang tiba di Indonesia harus menjalani karantina selama 14 hari. Kata beliau semua TKA itu belum menjalani hal itu.

Baca Juga:  Paus Fransiskus, Prabowo dan Orang Miskin Terpinggirkan

Pertanyaan mendasar, mengapa data yang disampaikan Kapolda berbeda dengan data yang disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sultra? Kondisi demikian membuat masyarakat menjadi bingung bahkan kasus ini menjadi berita nasional. Hemat penulis, hal ini terjadi bisa jadi disebabkan kurangnya koordinasi antara pihak otoritas yaitu Polda, Menkumham Sultra, dan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta.

Penyelesaian kasus ini menjadi tanggunjawab bersama ketiga instansi tersebut di atas dan bukan menjadi beban pihak kepolisisan Polda Sultra semata.

Pernyataan yang disampaikan Kapolda Sultra berdasarkan hasil investigasi di lapangan yaitu pihak PT Virture Dragon Nickel Industry yang beroperasi di Morosi tempat 49 TKA asal China bekerja. Hal ini juga dibenarkan penuturan pihak perusahan yang diwakili Indrayanto selaku External Affairs Manager yang menegaskan para TKA itu baru tiba dari Jakarta setelah mengurus perpanjangan visa kerja dan juga memiliki kondisi sehat dan bebas dari virus Corona atau Covid-19 setelah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan di Jakarta sesuai standar WHO.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Digdaya PT Flobamor Kendalikan Pariwisata Taman Nasional Komodo: Tarif Naik, Kualitas Pelayanan Buruk!
Kurikulum Merdeka, Nasib Guru Bahasa Jerman di Ujung Tanduk
Menguak Aliran Dana Philip Morris, Pemegang Saham PT HM Sampoerna Tbk ke Israel
Menakar Kans Koalisi Pengusung Anies Baswedan Bubar Kala Demokrat-PDIP Tampil Mesra
Kontroversi dalam Karier Sutradara Film Porno Kelas Bintang, Dari Sinetron ke Film Dewasa
Romo AS: Kasus Pastor Bunuh Diri dan Dugaan Salah Urus Gereja
Ridwan Kamil, Misi Partai Golkar Rebut Jawa Barat dari Gerindra dan PDIP
Menjadi Konten Kreator Tiktok, Rela Alih Profesi demi Fulus
Berita ini 13 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 April 2024 - 21:40 WIB

Efek Mengerikan dari Gaya Hidup Banyak Rebahan, Berolahragalah!

Senin, 22 April 2024 - 12:36 WIB

Bahaya Kecanduan Game Online Free Fire pada Anak, Psikolog: Bisa Jadi Role Mode Baru!

Jumat, 19 April 2024 - 10:52 WIB

Sejumlah Faktor Pemicu Penyakit Asma Kambuh: Musuh Tersembunyi yang Mengintai!

Rabu, 17 April 2024 - 22:07 WIB

Kisi-Kisi UTBK SNBT 2024 Resmi dari Kemdikbud, Lengkap dengan File PDF

Rabu, 17 April 2024 - 20:40 WIB

Ramalan Zodiak Besok, 18 April 2024: Libra, Capricorn dan Aries

Rabu, 17 April 2024 - 15:03 WIB

Simak Keunikan Sifat Orang yang Lahir Bulan April

Rabu, 17 April 2024 - 03:30 WIB

Kode Voucher Hari Ini, 17 April 2024, Nikmati Beragam Diskon Menarik

Selasa, 16 April 2024 - 14:36 WIB

Link Tes Seberapa Gamon Kamu di Google Form, Uji Sekarang!

Berita Terbaru

Film The Dark Knight

Music & Movie

Sangat Bermanfaat, Daftar Film yang Wajib Ditonton Sebelum Anda Tua

Kamis, 25 Apr 2024 - 12:30 WIB