News

Dipimpin Kardinal Suharyo, Tahbisan Uskup Ruteng Tetap Berlangsung Meriah

Kamis, 19/03/2020 11:36 WIB

Potongan layar misa pentahbisan uskup Keuskupan Ruteng Mgr Siprianus Hormat. Foto: Ist

Ruteng, Tajukflores.com - Misa pentahbisan uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat diselenggarakan di Gereja Katedral Maria Asumpta Ruteng, Manggarai, NTT Kamis (19/3). Misa penahbisan Mgr Siprianus dipimpin langsung oleh Kardinal Ignatius Suharyo, dan disaksikan ribuan umat.

Penahbisan Mgr Siprianus ini menjadi perhatian, terutama adanya surat Kepala Gugus Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo. Dalam surat tersebut, Doni meminta penahbisan itu dibatalkan karena berpotensi menyebarkan virus Corona.

"Sudilah menunda acara pelantikan Uskup Ruteng demi alasan kemanusiaan," tulis Doni dalam surat yang ditembuskan kepada Bupati Manggarai dan Uskup Ruteng ini.

Namun demikian, pagi ini tampak ribuan umat tetap memenuhi Gereja Katedral, menyaksikan pengukuhan Mgr Siprianus dibawah kuasa Roh Kudus. Sebagian besar umat tampak mengenakan masker penutup hidung dan mulut.

Bahkan misa sempat ditayangkan secara live di kanal Youtube milik Komsos keuskupan Ruteng. Namun tayangan misa itu itu hanya disiarkan hingga lagu pembukaan dan sepotong ucapan Kardinal Suharyo. Setelah itu, tayangan tersebut tidak bisa disaksikan lagi.

"Dengan berat hati live stramingnya kami off, mohon maaf untk ini," tulis salah seorang seorang panitia acara di Facebook-nya

Beberapa hari sebelumnya, Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng Mgr. Silvester San mengimbau seluruh umat untuk selalu waspada di tengah merebaknya virus Corona (Covid-19). Meskipun belum ditemukan di wilayah keuskupan Ruteng, Silvester mengatakan perlunya antisipasi menghadapi bahaya virus corona.

Terkait tahbisan Mgr Siprianus Hormat pada 19 Maret dan misa pontifikal pada 21 Maret, umat tetap diperkenankan hadir. Namun demikian, Silvester memberikan beberapa protokol yang harus diperhatikan umat saat mengikuti misa.

Oleh : Alex K

Artikel Terkait