News

Pasien Positif Covid-19 di NTT Tambah 3 Orang, Total 79 Orang

Rabu, 20/05/2020 18:46 WIB

Kepala Dinas Kesehatan NTT Dominikus Minggu Mere (kedua dari kiri). ANTARA/ Benny Jahang

Kupang, Tajukflores.com - Pasien positif COVID-19 di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bertambah tiga orang sehingga totalnya menjadi 79 orang dari sebelumnya 76 orang, Rabu (20/5).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere mengatakan jumlah kasus terkonfirmasi positif terus meningkat sehingga dibutuhkan kewaspadaan semua pihak dalam mencegah penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Dominikus mengatakan, berdasarkan pemeriksaan terhadap 48 spesimen swab yang dilakukan di laboratorium biologi monekuler (PCR) RSUD) Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang diketahui ada tiga spesimen swab yang positif COVID-19.

Tiga swab psotif COVID-19 itu berasal dari duakabuoaten di Pulau Flores yaitu Kabupaten Manggarai Barat dua orang dan Kabupaten Sikka satu orang. Dua pasien positif COVID-19 di Kabupaten Manggarai Barat merupakan kluster Gowa, Sulawesi Selatan.

Dengan bertambahnya dua pasien positif COVID-19 di Kabupaten Manggarai Barat, maka jumlah kasus positif COVID-19 di kabupaten di ujung barat pulau Flores itu menjadi 14 orang dari sebelumnya 12 orang yang merupakan kluster Gowa, Sulawesi Selatan.

Sementara itu, kata Dominikus satu pasien positif COVID-19 di Kabupaten Sikka juga berasal dari kluster Gowasehingga jumlah pasien yang terpapar COVID-19 di Sikka hingga saat ini mencapai 27 orang.

Ia mengatakan, 79 pasien positif COVID-19 di Nusa Tenggara Tuimur itu tersebar di 10 kabupaten/kota.

Menurutnya, Kabupaten Sikka merupakan daerah yang saat ini paling tinggi dengan kasus positif COVID-19 dengan jumlah 27 kasus disusul Kota Kupang dengan 18 kasus serta Kabupaten Manggarai Barat 14 kasus positif COVID-19.

Dominikus menambahkan jumlah pasien positif COVID-19 yang sembuh di Nusa Tenggara Timur masih enam orang dan satu pasien positif COVID-19 meninggal dunia yang merupakan transmisi lokal di Kota Kupang.

Berikut data-data pasien positif COVID-19 di NTT

1. Kota Kupang 18 orang dan enam orang sembuh serta satu meninggal dunia.
2 Kabupaten Sikka 27 orang
3. Kabupaten Manggarai Barat 14 orang
4. Kabupaten Sumba Timur 7 orang
5. Kabupaten Ende 6 orang
6. Kabupaten Timor Tengah Selatan 2 orang
7. Kabupaten Rote Ndao 2
8. Kabupaten Manggarai 1 orang
9. Kabupaten Flores Timur 1 orang
10. Kabupaten Nagekeo 1 orang

Oleh : Ryan Pratama

Artikel Terkait