Travel

Kunjungan Wisatawan Diprediksi Masih Kecil di Labuan Bajo

Senin, 15/06/2020 12:01 WIB

Pulau Padar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT)/ Ist.

Labuan Bajo, Tajukflores.com - Akibat pandemi virus Corona atau COVID-19 yang masih merebak di tanah air akan berdampak di segala sektor, tak terkecuali pariwisata yang bahkan diprediksi tidak ada wisatawan mancanegara yang berkunjung terutama di masa new normal.

Misalnya, di Labuan Bajo terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo merupakan pintu masuk jalur udara bagi wisatawan yang ingin menjelajahi Taman Nasional Komodo.

Ketua Pelaksana Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Cabang Manggarai Barat, Donatus Matur memprediksi dalam waktu dekat, belum ada wisatawan mancanegara yang memesan paket perjalanan wisata ke Labuan Bajo.

Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur berencana membuka kembali sektor pariwisata pada Senin (15/6).

"Saya memprediksi bahwa di masa new normal ini tidak ada wisatawan mancanegara yang berwisata ke Labuan Bajo," ujar Donatus seperti dilansir Kompas.com, Minggu (14/6).

Menurutnya, kunjungan wisatawan nusantara pun diprediksi masih sangat kecil karena tergantung kondisi penerbangan ke Labuan Bajo.

"Saya pikir kondisi pariwisata Labuan Bajo terus berbenah di masa new normal," ungkapnya.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cabang Manggarai Barat, Silvester Wangge menuturkan, pengelola hotel di Labuan Bajo menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah Indonesia dan Lembaga WHO.

"Pihak hotel di Kota Labuan Bajo menyambut new normal dengan mematuhi seluruh protokol kesehatan yang disampaikan pemerintah Indonesia serta lembaga WHO," katanya, Sabtu (13/6).

Wangge mengatakan, pihak hotel tidak dapat memperkirakan apakah setelah pariwisata dibuka kembali pada 15 Juni 2020 ini akan sudah ada tamu atau tidak.

"Ini tergantung penerbangan yang datang dan daerah asal wisatawan," pungkasnya.

 

Oleh : Fersin Waku

Artikel Terkait