Travel

Mulai 15 Agustus, Taman Nasional Komodo Akan Dibuka

Kamis, 30/07/2020 15:01 WIB

Taman Nasional Komodo (Foto: BBC)

Labuan Bajo, Tajukflores.com - Pemerintah pusat menetapkan kawasan wisata Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan dibuka untuk wisatawan domestik dan asing mulai 15 Agustus 2020 dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo Lukita Awang Nisyantara mengatakan, pembukaan itu telah diputuskan bersama Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

"Syaratnya sama dengan fase satu, cuma sasaran pengunjung adalah wisatawan nusantara dan mancanegara yang berada di Indonesia sejak Maret 2020," kata Lukita mengutip Kompas.com, Rabu (29/7).

Balai TN Komodo, kata dia, telah mempersiapkan penerapan protokol kesehatan sejak akhir Juni.

Sementara itu, pemandu lokal Muhamad Barto menyambut baik pembukaan TN Komodo. Sebab, pariwisata merupakan salah satu andalan mayarakat Labuan Bajo.

Ia mengatakan, banyak warga yang menggantungkan hidup di sektor pariwisata. Pembukaan TN Komodo akan memberikan optimisme kepada masyarakat sekitar.

"Walau tetap menerapkan protokol kesehatan standar baik untuk wisatawan maupun penyedia jasa wisatanya, termasuk di destinasi wisata di wilayah Taman Nasional Komodo," katanya.

Ketua Pelaksana ASITA Kabupaten Mangarai Barat Donatus Matur mengaku sangat senang TN Komodo kembali dibuka.

ASITA dan pelaku pariwisata di Manggarai Barat membutuhkan kepastian terkait pembukaan taman nasional, bukan sekadar prediksi.

"Untuk pihak otoritas memberikan agenda yang jelas kepada pelaku pariwisata dan ASITA Manggarai Barat. Jika ada kepastian maka ASITA siap menjual dan menghadirkan wisatawan Nusantara dan mancanegara," ujarnya.

ASITA Manggarai Barat, kata dia, tak setuju dengan pembatasan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo.

Menurutnya, jumlah pengunjung sebaiknya diatur per jam. Ia juga meminta kebijakan registrasi online bagi pengunjung TN Komodo.

"Hari ini ASITA rapat untuk mengkaji berbagai informasi tentang hal-hal berwisata ke kawasan Taman Nasional Komodo," pungkasnya.

Oleh : Fersin Waku

Artikel Terkait