Sejarah salib dan Banyak Artinya Selama Berabad-abad

Selasa, 17 Oktober 2023 - 19:16 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi Perang Salib

Ilustrasi Perang Salib

Tajukflores.com – Sejarah salib dan maknanya perlu dijelaskan lagi ihwal adanya peristiwa di media sosial yang diramaikan dengan pembicaraan mengenai desain HUT ke-75 RI yang dinilai mirip salib.

Ini bermula dari diprotes oleh sekelompok orang di Surakarta, Jawa Tengah belum lama ini. Istana bantah dengan menyebut bahwa logo tersebut merupakan karya seni murni oleh anak bangsa.

Joanne M Pierce, seorang profesor di Departemen Studi Keagamaan mengungkap sejarah salib dari abad ke abad.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Setiap bulan September atau musim gugur di Eropa, umat Katolik dan beberapa gereja Kristen lainnya merayakan Pesta Salib Suci. Dengan pesta itu, orang Kristen memperingati kehidupan Yesus Kristus, terutama kematian penyelamatannya di kayu salib dan kebangkitannya di kemudian hari, percaya ini menawarkan mereka janji pengampunan dan hidup kekal.

Pesta itu berakar pada zaman kuno akhir, saat salib menjadi bagian penting dari seni dan ibadah Kristen. Salib, yang pernah menjadi bentuk eksekusi yang memalukan bagi para penjahat, telah menjadi simbol utama Kristus dan Kekristenan.

Namun, sejarah salib terkadang juga memiliki makna yang lebih gelap sebagai simbol penganiayaan, kekerasan, dan bahkan rasisme.

Salib awal

Sebagai seorang sarjana sejarah dan ibadah Kristen abad pertengahan, Joanne telah mempelajari sejarah salib yang rumit ini.

Graffito pagan abad kedua yang menggambarkan seorang pria menyembah sosok berkepala keledai yang disalibkan.

Baca Juga:  Budaya dan Tafsir Ajaran Agama Jadi Salah Satu Penyebab Kekerasan Perempuan

Sebuah karya seni dinding Romawi awal abad ketiga yang terkenal, “Alexamenos graffito”, menggambarkan dua sosok manusia, dengan kepala keledai, lengan terentang di salib berbentuk T, dengan teks “Alexamenos memuja tuhannya”.

Agama Kristen dilarang pada saat itu di Kekaisaran Romawi dan dikritik oleh beberapa orang sebagai agama untuk orang bodoh. Karikatur “Alexamenos”, mempersembahkan doa kepada sosok yang disalibkan ini adalah cara untuk menggambarkan Kristus dengan kepala keledai dan mengejek tuhannya.

Tetapi bagi orang Kristen, salib memiliki arti yang dalam. Mereka memahami kematian Kristus di kayu salib untuk “diselesaikan” oleh Allah yang membangkitkan dia dari kematian tiga hari kemudian. Kebangkitan ini adalah tanda “kemenangan” Kristus atas dosa dan kematian.

Orang-orang percaya dapat mengambil bagian dalam kemenangan ini dengan dibaptis, diampuni dari dosa masa lalu dan “dilahirkan kembali” ke dalam hidup baru dalam komunitas Kristen, gereja. Umat Kristen, kemudian, sering menyebut salib Kristus sebagai “kayu kehidupan” dan sebagai “Salib yang menang.”

Salib yang benar?

Pada awal abad keempat, Kaisar Konstantin melegalkan agama Kristen. Dia mengizinkan penggalian beberapa situs suci kehidupan Kristus di tempat yang kemudian disebut “Tanah Suci”. Pada saat itu, itu adalah bagian dari provinsi Romawi Suriah Palestina, yang dikurung oleh Sungai Jordan di timur, Laut Mediterania di barat dan Suriah di utara.

Baca Juga:  Kisah Pastor Muda Keuskupan Ruteng Lolos Seleksi Anggota Polisi Jalur SIPSS

Pada abad kelima, legenda muncul bahwa potongan salib ditemukan oleh ibu Konstantinus, Helena, selama penggalian ini. Orang-orang percaya mengatakan penyembuhan ajaib terjadi ketika seorang wanita yang sakit disentuh dengan satu potong, bukti bahwa itu adalah bagian dari salib Kristus yang sebenarnya.

Konstantinus membangun sebuah gereja besar, Martyrium, di atas tempat yang dianggap sebagai lokasi makam Yesus. Tanggal peresmian gereja itu di bulan September dirayakan sebagai pesta “Peninggian Salib”.

Helena yang seharusnya “menemukan” salib itu sendiri diberi hari pesta di bulan Mei: “Penemuan Salib”. Kedua pesta itu dirayakan di Roma pada abad ketujuh.

Satu bagian dari apa yang diyakini sebagai salib sejati disimpan dan dihormati pada hari Jumat Agung di Yerusalem dari pertengahan abad keempat sampai penaklukannya oleh seorang khalifah Muslim pada abad ketujuh.

Representasi kemudian

Banyak gereja Kristen dibangun di Kekaisaran Romawi selama abad keempat dan kelima. Dengan dukungan keuangan kekaisaran, gedung-gedung besar ini didekorasi dengan mosaik rumit yang menggambarkan sosok-sosok dari kitab suci, terutama Kristus dan para rasul.

Salib yang muncul dalam mosaik adalah salib emas yang dihiasi dengan permata bulat atau persegi yang berharga, representasi visual dari kemenangan atas dosa dan kematian yang dicapai oleh kematian Kristus. Itu disebut “crux gemmata”, atau “gemmed cross.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Edeline Wulan

Editor : Marcel Gual

Sumber Berita : The Conversation

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Digdaya PT Flobamor Kendalikan Pariwisata Taman Nasional Komodo: Tarif Naik, Kualitas Pelayanan Buruk!
Kurikulum Merdeka, Nasib Guru Bahasa Jerman di Ujung Tanduk
Menguak Aliran Dana Philip Morris, Pemegang Saham PT HM Sampoerna Tbk ke Israel
Menakar Kans Koalisi Pengusung Anies Baswedan Bubar Kala Demokrat-PDIP Tampil Mesra
Kontroversi dalam Karier Sutradara Film Porno Kelas Bintang, Dari Sinetron ke Film Dewasa
Romo AS: Kasus Pastor Bunuh Diri dan Dugaan Salah Urus Gereja
Ridwan Kamil, Misi Partai Golkar Rebut Jawa Barat dari Gerindra dan PDIP
Menjadi Konten Kreator Tiktok, Rela Alih Profesi demi Fulus
Berita ini 181 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 23 April 2024 - 20:19 WIB

Profil Galih Loss, Konten Kreator TikTok yang Ditangkap Atas Dugaan Penistaan Agama

Selasa, 23 April 2024 - 03:12 WIB

Kenaikan Kelas 2024 Bulan Apa? Yuk Intip Kalender Pendidikan 2023/2024 Semester 2 dari SD Hingga SMA di Sini!

Senin, 22 April 2024 - 08:24 WIB

Mengapa Harus Renovasi dengan Jasa Arsitektur? Yuk, Simak Informasinya!

Minggu, 21 April 2024 - 12:35 WIB

4 Alasan Kenapa Labuan Bajo Sangat Terkenal?

Minggu, 21 April 2024 - 12:15 WIB

Daftar Tanggal Merah di Bulan Mei 2024, Ada 2 Momen Cuti Bersama!

Minggu, 21 April 2024 - 11:35 WIB

Jadwal Buka Tutup Puncak Bogor Hari Ini 21 April, Cek Jam One Way dan Ganjil Genap Terbaru di Sini

Jumat, 19 April 2024 - 11:05 WIB

PT KAI Buka Lowongan, S1 dengan IPK Minimal 3,5 Dipersilakan!

Kamis, 18 April 2024 - 11:00 WIB

5 Sekolah Internasional Terbaik di Bekasi, Ciptakan Generasi Muda Berdaya Saing Global

Berita Terbaru