Jalan menuju Perubahan Bukan Sekadar Ganti Pemimpin

Kamis, 9 Juli 2020 - 13:41 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Perubahan itu melekat pada substansi, artinya bersentuhan dengan materia dan forma. Persentuhan itu bisa pada hal yang esensial, bisa juga kontingensial.

Maka, ada empat macam perubahan. Pertama, change. Artinya yang berubah itu bukan materia dan forma. Bukan pada substansi, tetapi pada aspek luar yang mempengaruhi subtansi, pada hal-hal yang kontingensial sifatnya. Yakni, perubahan waktu, tempat, situasi dan kondisi, performa atau penampilan luaran, sekadar ganti baju, ganti kemasan, ganti bungkusan seperti jualan nasi bungkus saja. Jadi, Change hanya soal ganti ruang dan waktu. Yang lain sama saja seperi dulu lagi.

Kedua, reformasi. Yang berubah adalah formanya. Sementara itu materianya tetap sama. Kayu jati yang sebelumnya dijadikan papan rumah, diubah menjadi tongkat, kaki tempat tidur, kursi, meja, dan lain-lain. Yang berubah adalah bentuknya, susunannya, fungsinya, posisinya atau formasinya dari materia yang sama.

Ketiga, transformasi. Materianya tetap sama, tidak berubah, hanya formanya mengalami sublimasi hingga melebur menjadi sesuatu yang berbeda sama sekali. Kayu jati berubah menjadi patung kuda, salib, kubah mesjid, patung tani, boneka kayu bahkan robot. Orang sampai melupakan kayu jati hanya karena bentuknya yang baru.

Apalagi jika kayu jati itu dibentuk untuk menjadi simbol, orang bahkan memberi penghormatan yang lebih padanya dan ditempatkan pada tempat yang terhormat. Kayu jati tidak lagi mewakili dirinya, tetapi mewakili nilai yang disimbolkannya. Kayu jati mengalami transformasi menjadi sesuatu yang dipuja dan disembah.

Keempat, transubstansiasi. Materia dan formanya berubah menjadi sesuatu yang baru sama sekali walaupun di dalam ruang dan waktu yang tidak berubah. Kalau ketiga perubahan di atas masih melekat pada kuasa manusiawi dan natural, perubahan transubstansiasi lebih supranatural yang kaya akan nilai transendental karena melibatkan iman dan spiritualitas. Seperti roti dan anggur menjadi tubuh dan darah Kristus. Wujud (materia) dan rupanya (forma) tetap sama, tetapi substansinya berubah. Bukan kuasa manusiawi, tetapi kuasa ilahilah yang bekerja aktif dan partisipatif.

Baca Juga:  Simbol Jari Telunjuk Deno Kamelus

Saat kampanye dalam musim pilkada, para calon acap kali mengumbar janji perubahan. Entah perubahan macam mana yang akan mereka lakukan. Bahkan ada calon yang berani mengatakan bahwa jalan menuju perubahan adalah ganti bupati. Artinya pemimpin daerahnya bukanlah orang yang sama, ya, dalam kaitan dengan pilkada berarti bupatinya jangan incumbent lagi.

Pertanyaannya: Apakah hanya sekadar ganti orang, ganti baju, ganti suasana atau juga ganti formasi, ganti susunan, atau bahkan memberi nilai lebih pada materia dan forma yang sama sampai orang melupakan orang, baju, materia yang ada di balik perubahan itu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Digdaya PT Flobamor Kendalikan Pariwisata Taman Nasional Komodo: Tarif Naik, Kualitas Pelayanan Buruk!
Kurikulum Merdeka, Nasib Guru Bahasa Jerman di Ujung Tanduk
Menguak Aliran Dana Philip Morris, Pemegang Saham PT HM Sampoerna Tbk ke Israel
Menakar Kans Koalisi Pengusung Anies Baswedan Bubar Kala Demokrat-PDIP Tampil Mesra
Kontroversi dalam Karier Sutradara Film Porno Kelas Bintang, Dari Sinetron ke Film Dewasa
Romo AS: Kasus Pastor Bunuh Diri dan Dugaan Salah Urus Gereja
Ridwan Kamil, Misi Partai Golkar Rebut Jawa Barat dari Gerindra dan PDIP
Menjadi Konten Kreator Tiktok, Rela Alih Profesi demi Fulus
Berita ini 14 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 28 Maret 2024 - 11:59 WIB

Deretan Pernikahan Mewah Bak Cinderella Selebriti Indonesia yang Berakhir Tidak Bahagia, Ada Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Jumat, 22 Maret 2024 - 19:09 WIB

Diduga Disantet sebelum Meninggal, Stevie Agnecya Sebut Pelakunya Perempuan Hamil

Jumat, 22 Maret 2024 - 18:40 WIB

Sebelum Meninggal, Stevie Agnecya Mengaku Disantet Perempuan!

Jumat, 22 Maret 2024 - 15:12 WIB

Benarkah Stevie Agnecya Mantan Istri Aktor Samuel Rizal Meninggal karena Santet?

Jumat, 22 Maret 2024 - 11:08 WIB

Meninggal Dunia, Mantan Istri Samuel Rizal, Stevie Agnecya Ngaku Jadi Lebih Tenang setelah Jadi Mualaf

Rabu, 20 Maret 2024 - 21:51 WIB

Pakar Kerajaan Kecam Rumor Keji dan Konspirasi Jahat Menyerang Kate Middleton

Rabu, 20 Maret 2024 - 19:13 WIB

Konser TREASURE di Jakarta: Harga Tiket, Cara Beli, dan Info Lengkap

Selasa, 19 Maret 2024 - 18:09 WIB

Vokalis SORE Ade Paloh Meninggal Dunia saat ke RS, Begini Cerita Kerabat Dekat

Berita Terbaru

10 Rekomendasi Hadiah Lebaran Terbaik untuk Keponakan Tercinta

Gaya Hidup

10 Rekomendasi Hadiah Lebaran Terbaik untuk Keponakan Tercinta

Kamis, 28 Mar 2024 - 14:45 WIB