Gaya Hidup

Momen Penti Beo Ruteng, Manggarai 2020

Minggu, 20/09/2020 12:17 WIB

Momen Penti Beo Ruteng, Manggarai 2020. Foto: Dok. Fian Roger

Ruteng, Tajukflores.com - Dalam sepekan, warga Beo Ruteng, Kecamatan Langke Rembong menggelar upacara Penti yang memuncak pada Sabtu (19/9). 

Acara ini terbagi dalam beberapa bagian, yakni: Barong wae teku, Barong compang, Libur kilo, Wae owak, dan Tudak penti (upacara puncak).

Penti, merupakan ucapan syukur kepada Tuhan dan leluhur atas hasil panen. Biasanya dirayakan pada bulan agustus -September setiap tahunnya.

Dalam upacara ini, seluruh warga kampung berkumpul untuk bersama-sama merayakannya, baik warga yang selama ini menetap di kampung maupun mereka yang berdomisili di luar daerah.

Pengertian upacara penti terungkap dalam beberapa sastra Manggarai atau dikenal dengan istilah go’et. "Penti weki-pe’so ke’so reca rangga-wali ntaung; na’a cekeng manga curu cekeng weru (ucapan syukur dari penduduk desa kepada Tuhan dan para leluhur karena telah berganti tahun, telah melewati musim kerja yang lama dan menyongsong musim kerja yang baru). 

Penti memiliki norma-norma moral spiritual yang mengatur hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta, hubungan manusia dengan manusia dan manusia dengan alam lingkungan.

Oleh : Redaksi Tajuk Flores

Artikel Terkait