Hukum

Kerusuhan di Tuapukan: 1 Pelaku Ditangkap Polisi, Situasi Mulai Kondusif

Minggu, 04/10/2020 18:49 WIB

Kerusuhan antar warga di Desa Tuapukan, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (4/10/2020). Foto: Merdeka.com

Kupang, Tajukflores.com - Kabid Humas Polda NTT Kombes Jo Bangun memastikan kondisi di Desa Tuapukan, Kecamatan Kupang sudah Kondusif. Saat ini sebanyak 250 orang Polri sudah di TKP. Satu orang pelaku sudah diamankan ke Polda NTT.

"Kita memastikan kondisi di TKP sudah kondusif. Kita kerahkan kekuatan Polri ke TKP sebanyak 250 personel," ujar Kombes Johannes, Minggu (4/10) siang. 

Ia mengatakan, selain 100 personel dari Polres Kabupaten Kupang, Polda NTT mengerahkan 100 personel Gabungan. "Dari Polda, ada personel gabungan dari Brimob, Sabhara, Intel dan Serse semuanya 100 orang. Dipimpin Karo Ops, Diri Krimum, Dir Intel Wadir Sabhara dan Wakapolres Kupang," katanya.

Menurutnya, polisi telah mengamankan tiga orang warga pasca kejadian kisruh yang berakibat pembakaran tujuh rumah warga di desa itu. Pembakaran rumah tersebut terjadi usai terjadi insiden pembunuhan terhadap salah satu warga. 

"Satu pelaku sudah diamankan bersama dua orang saksi ke Polda NTT," ungkapnya.

Dalam insiden itu, kata dia, tujuh rumah warga dibakar dan 1 warga tewas. Tujuh rumah yang dibakar itu termasuk rumah milik terduga pelaku. 

Terduga pelaku dan korban merupakan warga Desa Tuapukan. Hingga kini situasi di lokasi kejadian sudah berangsur kondusif. 

Kisruh antar warga di Desa Tuapukan Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang NTT itu, sebelumnya diberitakan telah menghanguskan 7 rumah warga. 

Kisruh yang berujung pembakaran rumah warga dan pemblokiran jalan negara itu diakibatkan pembunuhan terhadap salah satu warga. 

Pihak keluarga korban yang tidak terima terhadap kejadian itu akhirnya melampiaskan kemarahan dengan membakar rumah termasuk rumah milik terduga pelaku pembunuhan.

 

Oleh : Fersin Waku

Artikel Terkait