Politik

Paparkan Visi-Misi, Deno Kamelus: Hampir Seluruh Sektor di Manggarai Alami Kemajuan

Sabtu, 14/11/2020 10:22 WIB

Calon bupati Manggarai Deno Kamelus memaparkan visi-misi dalam debat Pilkada Manggarai 2020, Sabtu (14/11/2020). Foto: Tajukflores.com

Ruteng, Tajukflores.com - Calon Bupati Manggarai Deno Kamelus mengatakan hampir seluruh sektor pembangunan di Kabupaten Manggarai telah mengalami kemajuan dalam lima tahun terakhir.

Hal itu diungkap calon petahana ini dalam debat Pilkada Manggarai 2020 yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Manggarai yang disiarkan secara live pada Sabtu (14/11).

"Visi dan misi dibangun dari suatu pemahaman bahwa Manggarai ini sudah maju. Kemajuan-kemajuan itu bisa dipresentasikan nanti pada saatnya. Tapi yang pasti bahwa hampir seluruh sektor di Kabupaten Manggarai itu telah mengalami kemajuan yang berarti," ujar Deno.

Deno pun memaparkan sejumlah capaian sebagai indikator kemajuan dalam lima tahun terakhir. Di bidang kelistrikan misalnya, tingkat elektrifikasi Manggarai mengalami peningkatan siginifikan.

"Misalnya di bidang kelistrikan, (tahun) 2016, posisi Manggarai pada posisi 56 persen elektrifikasi. Saat ini 97 persen," ujarnya.

"Kemudian angka kemiskinan menurun yakni dari 74 ke 60 an ribu penduduk miskin. Penurunan angka kemiskinan ini merupakan salah satu fungsi atau salah satu hal yang bisa menjelaskan tentang seberapa jauh kesuksesan dan intervensi program dan kegiatan pemerintah dalam 5 tahun," sambungnya.

Menurut Deno, visi-misi yang dibangun dalam 5 tahun ke depan dibangun dari kondisi yang ada di manggarai. Antara lain adalah tantangan pertumbuhan penduduk yang cukup tingggi, penduduk miskin yang masih banyak, dan sumber daya manusia (SDM) tenaga kerja yang terbatas kemampuannya.

"Dan paling penting sekarang adalah kita menysuun program kegiatan dalam situasi pandemi Covid-19. Tentu agak berbeda kita melaksanakan kegiatan dalam situasi normal. Tahun 2020 saja misalnya bagaimana kita melakukan refocusing anggaran," jelasnya.

Berangkat dari itu, Deno pun menyebut visi-misi Paket Deno-Madur ialah: Manggarai yang Maju, Berkualitas, Makmur, Sejahtera-Merata, Berbasis Gotong Royong dan diridhoi Tuhan Yang Maha Esa.

Oleh : Leonardus

Artikel Terkait