Gaya Hidup

Ivan Nestorman, Marion Jola dan Andmesh Kamaleng Raih Penghargaan AMI Awards 2020

Jum'at, 27/11/2020 14:09 WIB

Musisi neotradisi asal NTT Ivan Nestorman. Foto: Cosmopolitan Indonesia

Jakarta, Tajukflores.com - Tiga musisi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) meraih penghargaan dalam Ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2020.

Ketiganya ialah: musisi neotradisi Ivan Nestorman, Marion Jola dan Andmesh Kamaleng.

AMI Awards yang kali ini memasuki penyelenggaraan ke-23 mengusung tema ‘Musik Menyatukan Kita’. Acara ini digelar RCTI bersama Yayasan Anugerah Musik Indonesia (AMI).

Ivan Nestorman yang sebelumnya dinominasikan dalam dua kategori untuk lagu reggae terbaik akhirya memenangkan salah satu dari kategori tersebut.

Melalui lagu berjudul "Komodo Sunset", Ivan meraih penghargaan Karya Produksi Terbaik Lagu Berbahasa Daerah.

Adapun Marion Jola bersama Laleilmanino meraih pengharagaan Karya Produksi Kolaborasi Terbaik dengan lagu mereka berjudul "Rayu". Sementara Andmes Kamaleng dinobatkan sebagai Artis Solo Pria Terbaik.

Ivan Nestorman mengakui bahwa kategori inilah yang lebih diharapkan karena sesuai dengan kesehariannya membawakan lagu lagu berbahasa daerah, dalam hai ini bahasa Manggarai.

Kendati demikian, Ivan Nestorman besyukur juga bisa dinominasikan dalam kategori reggae bersama nomini lain semisal Steven dan Shaggy Dog.

Saingan Ivan Nestorman dalam kemenangan ini antara lain pemusik yang akhi-rakhir ini populer dengan lagu bahasa Jawa, Didi Kempoet dan Judika dengan lagu bahasa Bataknya.

“Saya bersyukur karena ini merupakan kategori yang penting dan bersaing dengan nominator yang hebat seperti Didie Kempot dan Judika yang tengah naik daun dengan lagu lagu Jawa yang ‘ngetop”," ujar Ivan Nestorman mengutip Politeia.id, Jumat (27/11).

“Bagi saya ini membuktikan bahwa semua bahasa, termasuk Flores mendapat tempat di republik ini," imbuhnya.

Dua tahun lalu, Lagu Mogi karya Ivan Nestorman juga dinominasikan untuk lagu Folk song terbaik. Ivan Nestorman berharap tahun depan dia bisa ikutan lagi menampilkan karya karya barunya. Dua pemusik NTT lainnya adalah Marian Jola dan Admesh Kamaleng.

Ivan Nestorman bersama NERA pernah juga mendapat naugerah sebagai The Most Innovative Recording pada tahun 2007 lalu masih dengan bahasa Manggarai, Flores.

“Bagi saya menyanyi dengan bahsa daerah itu seksi. Eksotis. Mudahan ini bisas menyemeangatai anak mudah untuk berani tampil denganbahsa ibu mereka," ujarnya.

Oleh :

Artikel Terkait