Travel

Desa Liang Dara Raih Penghargaan Kemenparekraf

Senin, 08/03/2021 16:36 WIB

Meparekraf Sandiaga Uno, saat memberikan penghargaan kepada Kades Liang Dara di Gedung Sapta pesona, Jakarta Pusat, pada Selasa (2/3/21). Foto:BOPLF

Jakarta, Tajukflores.com - Desa Liang Dara, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) terpilih sebagai salah satu Desa Wisata Berkelanjutan bersama 16 desa lainnya di Indonesia.

Sertifikasi ini diberikan secara langsung oleh Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta pesona, Jakarta Pusat, pada Selasa (2/3).

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno mengatakan sertifikasi diberikan untuk mewujudkan pariwisata lestari dan sejahtera. Kata Sandi, sertifikasi juga sebagai bentuk terlaksananya wisata yang berkualitas (quality tourism) di masa pandemic dengan menerapkan 4 K (kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelesetarian lingkungan).

"Prinsip pembangunan desa wisata berkelanjutan ini bertujuan untuk menggerakan ekonomi masyarakat, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), menciptakan lapangan pekerjaan dan melestarikan lingkungan yang merupakan hal penting," kata Sandiaga Uno.

Dikutip dari laman resmi BOPLF Senin (8/3), Kepala Desa Liang Dara, Karolus menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang diraih desanya.

"Ini membuat kami semua senang dan  optimisis bisa membangun dan mengembangkan desa wisata ini menjadi lebih baik," ujar Karolus.

Shana Fatina selaku Direktur BOPLF mengatakan terpilihnya Desa Liang Dara sebagai salah satu desa wisata berkelanjutan di kancah nasional tetntu saja memberikan efek kepercayaan diri yang baik.

Harapannya desa wisata lainnya bisa mencontohi dan mengambil semangat dari desa Liang Dara yang sangat konsisten mendesain daerahnya berbasis kepariwisataan.

 

 

Oleh : Andry Rahmat

Artikel Terkait