Travel

Menparekraf: Event Musik, MICE dan Budaya Siap Digelar

Rabu, 10/03/2021 17:32 WIB

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno dan Wamen Parekraf, Angela Tanoesoedibjo Dalam Acara Bincang-Bincang Dengan Industri Event dan MICE. Foto: Kemenparekraf.go.id

Jakarta, Tajukflores.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraft) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan lampu hijau terkait pelaksanaan event musik dan budaya di Indonesia.  

Hal itu disampaikan Sandiaga saat acara Bincang-Bincang Industri Event dan MICE (Meetings, Incentives, Conrencing dan Exhibitions) di Balaiurang Soesilo Soedarman, Jakarta (8/3).

Nantinya pelaksanaan event-event tersebut akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta harus memenuhi unsur CHSE (cleanliness, health, safety dan environment sustainability).

Sandi juga mengatakan, keputusan ini diambil setelah berkoordinasi dengan Kapolri beserta jajarannya. Untuk itu, Kemenparekraf telah membuat Handbook atau buku panduan  mengenai protocol kesehatan berbasis CHSE pada penyelenggaraan event dan MICE dan sudah disosialisasikan di beberapa destinasi.

Saat bersamaan, Kepala Kepolisian RI (Kapolri)  Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan akan mendukung seluruh program yang telah disiapkan oleh Kemenparekraf dan teman-teman pelaku event dan MICE. Dengan catatan baik pihak penyelenggara maupun peserta harus menerapkan protocol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Kapolri Sigit Pravowo juga mengusulkan agar program yang direncanakan Menparekaf bisa dipadukan dengan program PPKM pada wilayah-wilayah yang tidak menerapkan program tersebut.

Industri perhotelan, perlu menerapkan 3T (testing, tracing, dan treatment) selain pengecekan suhu badan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, serta  memberlakukan pemeriksaan hasil swab test sebagai syarat menginap di hotel.

“Hal ini dilakukan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung serta menunjukkan bahwa pihak hotel benar-benar memiliki SOP yang ketat dan disiplin”, ujarnya.

Oleh : Redaksi Tajuk Flores

Artikel Terkait