News

Wagub NTT Tolak Impor Garam

Rabu, 24/03/2021 17:53 WIB

Wakil  Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef Nae Soi (Antara)

Kupang , Tajukflores.com - Wakil Gubernur Nusa Tengggara Timur (Wagub NTT), Josef Nae Soi meminta dukungan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menyampaikan kepada pemerintah pusat agar tidak mengimpor garam melainkan membantu penyerapan garam lokal di NTT.

Hal ini Ia sampaikan dalam acara Focus Group Discussion (FGD) dengan ketua DPD RI, LaNyala Mattalitti beserta jajaran di kantor Gubernur NTT, di kota Kupang, dengan tema “Strategi Meningkatkan Indeks Kemandirian Fiskal Provinsi NTT”, di kota Kupang, Rabu (24/3).

“Terus terang, kami minta kepada DPD RI menyampaikan kepada pemerintah agar jangan mengimpor garam tetapi bantu serap garam di NTT.  Provinsi ini punya potensi untuk menghasilkan 1 juta ton dan bisa ditingkatkan lagi jika diserap dengan baik”, jelas Josef

Menanggapi hal itu, LaNyalla mengatakan akan menyuarakan harapan Pemprov NTT kepada Pemerintah pusat, karena ini menjadi bagian dari peran DPD sebagai advokat daerah.

“Apa lagi tagline kami di DPD sudah jelas, dari daerah untuk Indonesia”, tegas LaNyalla.

Dalam kesempatan ini, LaNyalla Mattalitti didampingi  Senator Asal NTT Abraham Liyanto, Angelius Wake Kako dan Asyera RA Wudanlero serta Senator asal Aceh Fachrul Razi dan Bustami Zainudin, Senator asal Lampung.   

LaNyalla juga meminta pemprov NTT untuk kebijakan pembangunan Infrastruktur seperti tol laut, jalan dan lainnya harus dimaksimalkan.

“Kebijakan pembangunan ini bertujuan untuk memangkas logistik dan menata mata rantai pasokan.  

Sehingga hasil pembangunan dan kebijakan itu harus dimanfaatkan dengan baik. Sampaikan saja kalau di lapangan misalnya tidak berjalan, ada hambatan atau ada yang menghambat”, tegasnya lagi.   

Oleh : Andry Rahmat

Artikel Terkait