News

Gelar Latihan Hidroponik, Ketua DPRD Mabar Apresiasi Anak Muda Desa Golo Bilas

Kamis, 01/04/2021 12:54 WIB

Pelatihan Budidaya Hidroponik, di Desa Golo Bilas, Kamis (1/3). Foto: Antara

Labuan Bajo, Tajukflores.com - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Manggarai Barat (Mabar) Martinus Mitar mengapresiasi gebrakan yang dilakukan anak muda Desa Golo Bilas atas inisiasinya menyelenggarakan pelatihan hidroponik di desanya.

Hal ini disampaikan Martinus saat memberikan sambutan di kegiatan pelatihan pertanian hidroponik yang digelar Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLF) kepada masyarakat di desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo, Kabupaten Mabar, pada Kamis (1/4)

“Gebrakan yang dilakukan oleh anak muda Desa Golo Bilas patut diapresiasi. Pola hidup masyarakat harus mampu beradaptasi perkembangan zaman. Masyarakat desa dan anak milenial dituntut berani menghadapi tantangan kemajuan di Mabar,”jelas Martinus, dikutip dari Antara, Kamis (1/4).

Kegiatan ini terselenggara atas inisiasi dari masyarakat setempat dalam rangka mendukung pariwisata berkelanjutan yang ada di wilayahnya.

Saat bersamaan, Kepala Divisi Pengembangan Bisnis dan Pariwisata BOPLF, Wisnu Handoko dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, dirinya begitu bangga karena acara tersebut terselenggara atas inisiatif  masyarakat sendiri.

“Masyarakat tersebut tergabung dalam kelompok pengembangan Hidroponik “Saung Minak”. Mereka adalah anak-anak muda dari karang taruna yang penuh energik di Desa Golo Bilas”, kata Wisnu.

Menurut Wisnu, kegiatan tersebut terselenggara atas inisiatif kelompok muda itu sendiri. Hingga pada akhirnya pihak desa bekerja sama dengan BOPLBF dan BOPLBF diberi ruang untuk mengembangkan ide baik masyarakat di desa itu.

“Dalam hal ini, BOPLBF sifatnya memfasilitasi dan menghadirkan tenaga ahli di bidang hidroponik yang benar-benar kompoten. Ini merupakan langkah awal untuk merancang obyek wisata baru di bidang sayur mayor”, tambahnya.

Ia berharap agar output dari pelatihan tersebut akan menghasilkan wirausaha baru serta mendorong lokasi Hidroponik di Desa Golo Bilas menjadi agrowisata baru di bidang hidroponik dan mampu memberikan pemasukan untuk peningkatan ekonomi.

Selain itu, kami akan berusaha untuk terus mendampingi agar para peserta benar-benar mandiri”, tutup Wisnu.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Mabar, Agustinus Rinus, Kepala Bidang PPSPP Dinas Pertanian Blasius Apen, Kepala Desa Golo Bilas, Paulus Nurung dan Narasumber Pelatihan hidroponik Insan Indah Pribadi.

 

Oleh : Andry Rahmat

Artikel Terkait