Gaya Hidup

Gabriela Fernandez, Rilis Single "On A Sailboat Beneath The Sky"

Jum'at, 16/04/2021 23:21 WIB

Gabriela Fernandez, singer-songwriter asal Flores, NTT. Foto: Tajukflores.com/Instagram Gabriela Fernandez

Jakarta, Tajukflores.com - Di tengah pandemi, para musisi dan pengkarya terus berupaya untuk produktif demi menjaga kreativitas dan memberi nafas pada karya itu sendiri.

Begitu pula Gabriela Fernandez, musisi sekaligus singer-songwriter berdarah Flores, NTT.

Dia baru saja merilis single terbarunya yang berjudul On A Sailboat BeneathThe Sky pada (7/4) lalu.

Ini merupakan single kelima yang ditulis Gebi, sapaan akrab Gabriela. Jika sebelumnya, lagu-lagunya menggambarkan keceriaan, cerita personal dan dekat dengan kehidupan sehari-hari, kini berevolusi menggali diri semakin dalam melalui single terbarunya ini.

Single "On A Sailboat BeneathThe Sky", merupakan lagu yang menggambarkan perjalanan diri, bercerita tentang rumah dan pulang pada setiap diri masing- masing.

"Lagu ini erat kaitannya dengan isu mental health yang semakin marak semasa pandemi, yang tidak jauh-jauh, juga dialami oleh saya sendiri,” jelas Gebi, kepada Tajukflores.com, Jumat (16/4).

Gebi berharap, pengalamannya yang dituangkan dalam karya dapat menyentuh banyak orang yang mungkin juga mengalami hal yang sama.

"Ada hal yang menarik dan tidak sebagaimana biasanya, dimana saya ingin mengeksplorasi genre yang sedikit berbeda dari lagu-lagu sebelumnya. Hal ini sejalan dengan prinsipnya yang mengungkap bahwa karya akan selalu tumbuh bersama penulisnya,” ujar Gebi. 

Selain itu, ia juga tidak ingin membatasi diri dalam satu kotak genre tertentu. Untuk itu, di lagu ini ia berkolaborasi dengan Setyawan Agung Nugroho pada cello, Yulius Andar Prabowo pada drum, Samuel Pardosi pada bass, dan Ahmad Mursid pada terompet.

Setiap suara dari instrumen tersebut dieksplorasi sehingga bisa menggambarkan suasana yang bercerita, dari gesekan cello yang mewakili suara paus, hingga suara terompet yang menggambarkan suara kapal yang berangkat, simbolisme dari perjalanan.

Beberapa soundscape seperti suara laut juga ditambahkan untuk menambah suasana. 

Selain itu, di lagu ini Gebi juga merangkul Timur sebagai daerah asal dan “pulang”nya, yang ditunjukkan dengan simbolisme suara paus yang diburu di perairan Lembata, NTT.

Lagu ini juga terinspirasi dari momen berbincangnya Gebi dengan alam di NTT,  membuatnya bertanya-tanya ketika menatap garis horizon di lautan yang amat luas. Apakah yang disebut, "sampai", "usai”, "selesai", "pulang"?

https://www.tajukflores.com/xms/images/posts/1/2021/2021-04-16/f5ce96ee1743236c4deab94a8dd45df2_1.png

Gabriela Fernandez, singer-songwriter asal Flores, NTT. Foto: Tajukflores.com/dok. Gabriela Fernandez
Menurut dia, hal ini mengungkapkan proses berlayar yang seringkali penuh dengan badai dan tantangan. Laut yang terlihat begitu luas seperti kehidupan yang memang tidak pernah terlihat batas akhirnya.

Lagu ini merupakan momentum refleksi Gebi tentang kehidupan, baik kehidupannya sendiri maupun kehidupan banyak orang dengan perjalanannya masing-masing.

Memadukan antara musik, seni lukis dan psikologi yang ditekuni Gebi,  artwork dari lagu "On A Sailboat Beneath The Sky" juga dibuat olehnya sendiri, dari lukisan yang dipamerkannya yang dipadu dengan kolase digital.

Bekerja dengan Rhesa Aditya sebagai co-produser dan sosok yang mengerjakan mixing mastering lagu ini, Gabriela menyaksikan langsung bagaimana teknik mixing mastering dapat menjadikan sebuah lagu menjadi begitu megah dan menyentuh, karena proses pengkaryaan rupanya juga berlanjut pada tahapan ini.

Kolaborasi ini juga akan berlanjut dalam perilisan albumnya yang pertama, Bicara Dewasa, yang juga terdiri dari lagu ini.

Lagu ini pun dipublikasikan di bawah naungan DeMajors, yang terus mendukung musisi-musisi lokal di Indonesia.

Perilisan lagu ini akan digelar bersamaan dengan pameran tunggal berjudul “Sailing, Home”, menghadirkan lukisan-lukisan Gabriela Fernandez yang merupakan hasil olahan emosi yang dirasakannya.

Judul pameran ini selaras dengan lagu yang akan dirilis Gabriela, dan merupakan penggalan lirik yang terdapat dalam lagu "On A Sailboat Beneath The Sky”.

Banyak cerita terkait isu mental health yang akan diperbincangkan lebih lanjut dalam rangkaian perilisannya -- melalui sesi diskusi, podcast dan interview yang akan dipublikasikan dalam rentang waktu dua bulan pameran ini berlangsung.

"Video musik On A Sailboat Beneath The Sky juga akan segera diluncurkan. Saat ini Official Audio dari lagu ini sudah dapat di dengarkan di platform- platform musik digital, dan video liriknya bisa di tonton di channel Youtube Gabriela Fernandez sejak tanggal 7 April 2021," ujar Gebi.

Harapannya, lagu ini dapat membawa setiap orang yang mendengarnya menuju perjalanan ke dalam diri, dan memantik pertanyaan masing-masing mengenai rumah dan pulang. Semoga, membawa kebaikan.

Oleh : Andry Rahmat

Artikel Terkait