Politik

Peluang Ganjar Jadi Capres Lebih Besar tanpa Dukungan PDIP

Minggu, 13/06/2021 18:10 WIB

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (istimewa)

Jakarta, Tajukflores.com - Peluang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi calon presiden di Pilpres 2024 masih besar meski tanpa dukungan dari partainya, PDI Perjuangan. Peluang itu didapatkan Ganjar dari partai-partai lain.

"Ganjar tanpa PDIP mendapat dukungan dari partai lain di luar PDIP," kata Saidiman Ahmad, Manajer Program Survei Nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dalam rilis daring, Minggu (13/6).

Menurut Saidiman dukungan terhadap Ganjar paling banyak datang dari Partai Kebangkitan Bangsa yakni sebesar 68%, Partai Demokrat 40%, dan partai non-parlemen 46%.

"Salah satunya PSI (Partai Solidaritas Indonesia). Dan yang menyatakan belum tahu memilih partai mana 31%," jelas dia.

Selain itu, menurut Saidiman, Ganjar juga mendapat suara cukup besar dari pemilih Golkar yakni sebesar 36%. Angka tersebut hanya sedikit sedikit di bawah Prabowo yang dipilih 41% pemilih Golkar.

"Ganjar juga mendapat suara cukup baik dari pemilih Nasdem dibanding Anies (Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan)," ujarnya.

Di sisi lain, dalam simulasi dengan mengabaikan pemilih PDIP, dan dalam posisi pemilih tahu tiga nama capres (Ganjar, Prabowo, dan Anies), Ganjar mendapat suara 35,3%, Prabowo 30,8%, dan Anies 25,5%.
 
Survei SMRC ini dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 21-28 Mei 2021 dengan melibatkan 1.220 responden sebagai populasi survei.

Populasi survei tersebut adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang berusia 17 tahun atau lebih.

Adapun margin of error rata-rata dari survei dengan ukuran sampel tersebut kurang lebih sebesar 3,05% pada tingkat kepercayaan 95%.
 
 
 

Oleh : Alex K

Artikel Terkait