News

Cegah Kluster Covid-19, Wabup Mabar Minta Terapkan Prokes Ketat Saat Shalat Idul Adha

Senin, 12/07/2021 14:47 WIB

Wabub Manggarai Barat, Yulianus Weng memimipn Rapat Koordinasi pelaksanaan Tahun Ajaran Baru Semester I Tahun 2021 dan Hari Raya Idul Adha, Senin (12/7/2021). Foto: Tajukflores/Prokopim Mabar

Labuan Bajo, Tajukflores.com - Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Barat (Mabar),Yulianus Weng menekankan pelaksanaan Shalat Idul Adha tahun ini harus benar-benar memenuhi ketentuan protokol kesehatan secara ketat demi menghindari kluster baru penularan COVID-19.

Weng meminta pihak panitia penyelenggara Shalad Idul Adha 1442 Hijriah agar mampu menciptakan suasana yang benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan. Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, sehingga perlu ada kesepakatan bersama agar tidak terjadi peningkatan kasus.

"Prinsipnya kita harus mengantisipasi dengan tidak menghilangkan nilai-nilai dalam perayaan Idul Adha. Harus memberi rasa nyaman bagi semua pihak,” kata Weng dalam Rapat Koordinasi pelaksanaan Tahun Ajaran Baru Semester I Tahun 2021 dan Hari Raya Idul Adha, Senin (12/7)

Lebih lanjut ia menegaskan untuk semua rumah ibadah yang melakukan perayaan perlu surat rekomendasi ijin keramaian baik dari pemda maupun dari kepolisian. Perlu pula kerja sama yang baik dengan kepala puskesmas di setiap wilayah dengan meminta mobil Puskesmas dalam acara perayaan tersebut.

Sementara itu perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Mabar mengatakan perayaan hanya berlangsung selama 1 jam dimulai dari jam 07.00 sampai jam 08.00.

Upacara kurban hanya berlangsung 15 menit dengan proses lengkap. Hal ini sudah dikoordinasikan dengan semua Masjid berdasarkan Surat Edaran Kementerian Agama No. 15 yang akan di distribusi ke 14 mesjid di Labuan Bajo.

Sedangkan Ketua NU Kabupaten Mabar mengatakan bahwa penerimaan daging kurban nanti dilakukan dengan sistem kupon.

Oleh : Redaksi Tajuk Flores

Artikel Terkait