Goa Istana Ular, Destinasi Wisata Unik di Desa Galang Manggarai Barat

Sabtu, 16 Desember 2023 - 16:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Goa Istana Ulat terletak Desa Galang, di Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat.

Goa Istana Ulat terletak Desa Galang, di Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat.

Labuan Bajo – Desa Galang terletak di Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat. Bagi sebagian besar wisatawan, nama desa ini tidaklah familiar, namun desa ini terkenal karena hal unik yang mungkin hanya bisa dijumpai di sini, yaitu Istana Ular.

Istana Ular berbentuk goa dengan lorong yang sangat panjang nan gelap. Di dalamnya menjadi habitat hidup dari berbagai jenis ular, reptil melata berdarah dingin.

Saat ini, Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF) telah menetapkan Desa Galang menjadi salah satu Desa Wisata bersama 30 desa wisata lainnya yang berada di Flores, Lembata, Alor, dan Bima (Floratama).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Konon, keberadaan istana ular di Manggarai Barat ini pertama kali terjadi karena sebuah peristiwa pada Suku Ronggot. Sebagaimana diyakini dan diceritakan masyarakat setempat, kisah ini adalah legenda tentang dua orang kakak beradik yang melakukan hubungan sedarah, kemudian diasingkan dan mengungsi ke sebuah goa.

Buah hasil dari hubungan terlarang tersebut, adalah keturunan mereka berupa ular, dan kutukan berlanjut dengan keduanya yang kemudian berubah wujud jadi ular dan dipercaya mendiami goa tersebut hingga kini. Sampai saat ini, belum pernah ada yang mencapai ujung lorong dari Goa Istana Ular.

Baca Juga:  Timnas Indonesia Gigit Jari, Gagal ke Babak 16 Besar Piala Dunia U-17 Usai Meksiko Pesta Gol

“Kami perkirakan dari pintu masuk sampai ke pintu keluarnya itu sekitar 5 kilometer, nah selama ini belum pernah ada yang sampai ke pintu keluar, kami yang masuk ke goa itu hanya mampu sampai 150 meter saja, karena keterbatasan oksigen,” kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina, beberapa waktu lalu.

Pernah ada vloger yang berusaha untuk mengungkap keunikan dari goa ular tersebut, namun hanya mampu mencapai sekitar 300 meter saja.

Goa Istana Ular itu baru mulai dipromosikan secara masif pada 2017 lalu. Hampir setiap bulan ramai oleh wisatawan, namun sayangnya belum terlalu dikenal oleh wisatawan mancanegara.

Goa Istana ular ini juga kini menjadi satu-satunya destinasi wisata unik di NTT dan bisa dibilang satu-satunya di Indonesia karena di dalam goa itu terdapat berbagai macam ular piton dengan warna yang berbeda-beda.

Ritual Adat

Menuju Desa Galang dapat ditempuh dengan moda transportasi darat dari Labuan Bajo sekitar 2-3 jam perjalanan. Pemandangan indah dari rindangnya pepohonan, hamparan sawah, hingga nuansa khas pedesaan dataran Flores tersuguh pada sepanjang perjalanan.

Setibanya di Desa Galang, ada ritual penyambutan secara adat bagi pengunjung sebelum bergerak menuju Goa Istana Ular. Dari desa, perjalanan menuju goa ditempuh dengan berjalan kaki menapaki anak tangga sekitar 20 menit hingga tiba di mulut goa.

Baca Juga:  Pasar Ubud Bali: Surga Belanja Pecinta Seni dan Souvenir Unik

Di area ini tersedia juga beberapa fasilitas pendukung seperti toilet, dan tempat istirahat bagi wisatawan yang ingin beristirahat sejenak yang kini sudah dibangun oleh pemerintah.

Sebelum memasuki Goa Istana Ular, terlebih dahulu akan dilakukan ritual adat di mulut goa. Salah satu prosesnya adalah mempersembahkan sebutir telur ayam kampung sebagai salam, sekaligus panggilan dari warga kepada “saudara” nya di dalam gua untuk menampakkan diri kepada tamu yang hendak diajak menengok ke dalam goa itu

Hingga kini, warga Desa Galang meyakini bahwa penghuni istana ular tersebut adalah saudara mereka, sehingga segala tradisi yang dilakukan, pun pengembangannya sebagai destinasi wisata selalu mengedepankan keberlanjutan atau upaya perlindungan terhadap eksistensi dari Goa Istana Ular sendiri.

“Kami memang dalam ritual adat tidak melakukan penyembelihan ayam, karena menurut ular di sana kalau menyembelih ayam sama saja dengan kita menyembelih manusia karena ular di sana merupakan penjelmaan dari jin,” ceritanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Rini Kurniati

Editor : Edeline Wulan

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Kunjungan Wisatawan Gunung Bromo Tetap Tinggi Pasca Lebaran 2024, Ini Penyebabnya!
Arus Mudik Lebaran 2024: AirAsia Angkut 310.000 Penumpang, Denpasar dan Lampung Jadi Rute Terfavorit
3 Rekomendasi Wisata Alam di Kecamatan Cibal, Manggarai Flores
Perkiraan Biaya ke Labuan Bajo dari Jakarta Terbaru 2024
10 Hotel Terbaik Tepi Laut di Labuan Bajo
10 Rekomendasi Hotel di Labuan Bajo dengan Pemandangan Laut, Harga dari Rp700 Ribuan hingga di Atas Rp3 Juta
Pengelola Sampaikan Kabar Gembira untuk Pengunjung Candi Borobudur
20 Tempat Wisata di Jakarta yang Instagramable Murah dan Gratis 2024
Berita ini 174 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 18 April 2024 - 06:10 WIB

Pengaruh Pasar Keuangan Terhadap Ekonomi: Bagaimana Pasar Keuangan Berkontribusi Terhadap Alokasi Sumber Daya Ekonomi yang Efisien

Kamis, 18 April 2024 - 05:44 WIB

HOW Would You Explain The Difference Between Slang and Colloquialism? Please Provide 2 (Two) Examples Of Each

Kamis, 18 April 2024 - 05:15 WIB

Diketahui Tiga Buah Himpunan Sebagai Berikut: Himpunan A = {0, 1, 3, 5, 6, 8}, Himpunan B = {1, 2, 4, 5, 6, 7, 9}

Kamis, 18 April 2024 - 05:02 WIB

Carilah Sebuah Kasus Komunikasi yang Aktual, KemudianTelaah Bagaimana Tahapan Pengambilan Keputusan Suatu Inovasi Tersebut Menurut Anda

Kamis, 18 April 2024 - 03:37 WIB

JAWABAN! Uraikan yang Kalian Ketahui Tentang Kemampuan Menghitung Informasi Numerik dalam Excel 2016

Kamis, 18 April 2024 - 03:17 WIB

Bagaimana Pendapatmu Tentang Fenomena Childfree yang Marak Disuarakan Akhir-Akhir Ini? Ini Jawabannya

Kamis, 18 April 2024 - 02:01 WIB

Link Download PDF Contoh Proposal Kegiatan Hari Kartini Terbaru 2024

Kamis, 18 April 2024 - 01:25 WIB

Contoh Proposal Kegiatan Hari Kartini di Sekolah Tahun 2024

Berita Terbaru