Desa Coal Manggarai Barat Raih Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Selasa, 17 Oktober 2023 - 19:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Desa Wisata Coal menjadi satu-satunya desa wisata di Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang menerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

“Desa ini merupakan satu-satunya desa wisata dari Kabupaten Manggarai Barat yang masuk 300 besar dalam ajang bergengsi ADWI 2021. Pencapaian ini sangat luar biasa,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Coal Alfonsius Sumarno Patut di Labuan Bajo, Rabu (25/8).

ADWI 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurutnya, ADWI 2021 yang diterima Desa Wisata Coal perlu mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Desa wisata Coal telah hadir sebagai bagian dari respon warga atas tantangan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium.

Konsep pengembangan wisata dimulai dengan melibatkan anak muda yang membentuk organisasi kepemudaan berbasis pariwisata dengan nama Ikatan Pemuda Kreatif. Misi awal organisasi tersebut yaitu mengangkat citra desa dengan ditetapkan sebagai desa wisata baru di Kabupaten Manggarai Barat.

Baca Juga:  BPOLBF Gandeng Poltek elBajo Kaji Indeks Daya Saing Pariwisata Flores Timur

Alfonsius menyebut, anak-anak muda merespon pandemi Covid-19 menjadi peluang dengan mengelola dan mengembangkan potensi dan atraksi wisata di Desa Coal. Mereka memanfaatkan potensi wisata dari pesona keindahan bukit di Kampung Porong Tedeng yang dikenal dengan nama Bukit Porong.

Bukit Porong menawarkan pemandangan alam lanskap air terjun, dan hamparan persawahan hijau yang menempel di lereng bukit. Daya tarik utama yang ditawarkan Bukit Porong yaitu sensasi keindahan ketika menyambut matahari terbit (Sunrise).

Selain itu, ada pula atraksi wisata budaya, kuliner, dan agrowisata kopi. Desa wisata Coal diimplementasikan dengan konsep storynomic village tourism yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture, dan kekuatan budaya.

Ia pun berharap, melalui ADWI 2021 ini, pemerintah dapat mengambil bagian untuk peningkatan sarana prasarana penunjang desa wisata khususnya daya tarik wisata Bukit Porong dan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Desa Wisata Coal merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Manggarai Barat. Desa wisata ini dikelola oleh Pokdarwis Bukit Porong yang terbentuk pada 6 Maret 2021 lalu. Pokdarwis Bukit Porong memiliki 11 pengurus dan 50-an anggota. Ada beberapa program kerja dari setiap kelompok kerja (pokja) dalam pokdarwis untuk mendukung pengembangan wisata di desa tersebut.

Baca Juga:  Liang Bua: Unveiling History in Manggarai, Flores Island

Pokja Daya Tarik Wisata bertugas untuk mengelola dan mengembangkan potensi wisata yang ada di Desa Wisata Coal baik atraksi wisata alam, budaya, dan buatan. Selanjutnya Pokja Seni Budaya yang bertugas untuk mengembangkan seni pertunjukan tari, musik, lagu tradisional Manggarai, menggali informasi tentang sejarah dan tradisi budaya lisan.

Berikutnya, Pokja industri rumahan yang bertujuan untuk mengembangkan seni kriya anyaman tenun, anyaman pandan, dan kuliner lokal. Dan terakhir, Pokja Agrowisata yang memiliki tugas mengembangkan potensi tanaman kopi (Arabika dan Robusta) serta tanaman jahe.

“Setiap pokja akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan banyak pihak baik lembaga pemerintah/dinas terkait, lembaga pendidikan, LSM, dan biro perjalanan wisata untuk pengembangan desa wisata Coal yang berkelanjutan,” tutup Alfonsius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Kunjungan Wisatawan Gunung Bromo Tetap Tinggi Pasca Lebaran 2024, Ini Penyebabnya!
Arus Mudik Lebaran 2024: AirAsia Angkut 310.000 Penumpang, Denpasar dan Lampung Jadi Rute Terfavorit
3 Rekomendasi Wisata Alam di Kecamatan Cibal, Manggarai Flores
Perkiraan Biaya ke Labuan Bajo dari Jakarta Terbaru 2024
10 Hotel Terbaik Tepi Laut di Labuan Bajo
10 Rekomendasi Hotel di Labuan Bajo dengan Pemandangan Laut, Harga dari Rp700 Ribuan hingga di Atas Rp3 Juta
Intip Kemewahan Kapal Pesiar Pasific Explorer yang Singgah di Pulau Komodo dan Bali
Sebelum Sandar di Bali, Kapal Pesiar Pasific Explorer Singgahi Pulau Komodo dan Lembar NTB
Berita ini 26 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 11:25 WIB

CEO Apple Kunjungi Apple Developer Academy BINUS, Dorong Pengembangan Talenta Digital Indonesia

Jumat, 19 April 2024 - 10:36 WIB

Kapal Tanpa Nama Hilang Kontak di Perairan Gili Motang Labuan Bajo, Tim SAR Lakukan Pencarian

Jumat, 19 April 2024 - 09:29 WIB

Google Pecat 28 Karyawan yang Demo Melawan Kontrak Project Nimbus dengan Israel

Jumat, 19 April 2024 - 08:30 WIB

Prof Kumba Digdowiseiso Mundur dari Jabatan Dekan FEB Unas Usai Kasus Plagiat Mencuat

Kamis, 18 April 2024 - 13:40 WIB

Segera Lamar, PT Kereta Api Buka Lowongan untuk Posisi Ini

Kamis, 18 April 2024 - 13:40 WIB

PBNU Sambut Gembira Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada September 2024

Kamis, 18 April 2024 - 12:39 WIB

Balas Sindiran Rocky Gerung, Hotman Paris: Berlian Saya Lebih Tajam Dari Otak Kamu!

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Ikuti Agama Calon Istri, Bharada Richard Eliezer Resmi Peluk Keyakinan Katolik

Berita Terbaru