Travel

12 Objek Wisata di NTT Masuk Nominasi API

Jum'at, 03/09/2021 20:02 WIB

Air Telaga Nirwana Kabupaten Rote Ndao, NTT. Foto: Tajukflores/Ist

Kupang, Tajukflores.com - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebutkan sebanyak 12 objek wisata di NTT masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021.

"Iya benar, 12 kawasan wisata kita masuk nominasi API 2021, dan ini merupakan kabar gembira bagi sektor pariwisata kita,"  kata Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Zony Libing di Kupang, Jumat  di Kupang, Jumat, (3/9), melansir Antara

Belasan destinasi wisata yang lolos masuk nominasi API itu seperti untuk destinasi belanja galeri Akusikka/Kabupaten Sikka, kemudian Kategori Cindera Mata Tais Belu dari Kabupaten Belu, Kategori Olaharaga dan petualangan trekking Bukit Wade kabupaten Lembata.

Kategori wisata air telaga nirwana kabupaten Rote Ndao, ketegori ekowisata bukit sejuta bintang Lelogama Kabupaten Kupang, kategori dataran tinggi bukit Wolobolo/ kabupaten Ngada, kategori kampung adat, kampung Lewoluok/kabupaten Flores Timur.

Ketagori situs sejarah seperti situs Gajah mada di kabupaten Sabu Raijua, atraksi budaya Tari Bera Kabupaten Manggarai Timur, kategori destinasi baru Bukit Tuamese di kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), dan terakhir kategori surga tersembunyi Fatumnasi, kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Ia mengatakan bahwa dengan masuknya 12 kawasan wisata itu maka ia optimis bahwa provinsi NTT akan kembali menjadi daerah yang juara umum seperti API 2020 di Labuan Bajo pada beberapa bulan lalu.

"Dengan masuknya 12 kawasan wisata di API maka kita optimis akan juara umum lagi seperti tahun lalu," tegas dia.

Iapun berharap agar dengan masuknya 12 objek wisata dalam nominasi API pemerintah daerah setempat juga mulai menata kawasannya masing-masing sehingga jika memang tentu saja akan dikenal dan membuat orang penasaran untuk berdatangan.

Masyarakat juga ujar dia bisa dilatih untuk mulai mengembangkan potensi yang ada untuk berjualan agar bisa memberikan pemasukan untuk meningkatkan perekonomian warga setempat

Oleh : Redaksi Tajuk Flores

Artikel Terkait