Ekonomi

Pemkab Kupang Bangun 100 Lokasi Agrowisata

Rabu, 08/09/2021 08:44 WIB

Bupati Kupang Korinus Masneno. Foto:Tajukflores/Antara

Kupang, Tajukflores.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, telah membangun lebih dari 100 lokasi agrowisata dalam meningkatkan kinerja sektor pertanian dan mendukung pembangunan pariwisata.

"Lokasi agrowisata di Kabupaten Kupang yang sudah dibangun mencapai 100 lebih. Keberadaan agrowisata ini sangat membantu petani selama pandemi Covid-19," kata Bupati Kupang Korinus Masneno dalam kegiatan panen perdana hasil usaha petani di lokasi agrowisata Desa, Kotabes, Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, Selasa (7/9).

Korinus mengatakan, sektor pertanian menjadi salah satu sektor unggulan di Kabupaten Kupang yang menjadi daerah penyangga kebutuhan pangan untuk Kota Kupang. Menurutnya, 100 lokasi agrowisata itu tersebar di wilayah Amarasi, Kupang Tengah dan Kupang Timur.

"Pemerintah sedang mendesain pembangunan agrowisata di wilayah Amfoang karena daerah itu termasuk sangat potensial dalam pembangunan sektor pertanian dan pariwisata," tegas Korinus.

Ia mengatakan, keberadaan agrowisata juga menjadi penopang untuk kegiatan pembangunan pada sektor pariwisata.

Menurut dia, Kabupaten Kupang memiliki banyak obyek wisata unggulan baik wisata alam maupun budaya yang tersebar di setiap kecamatan. Kata dia, keberadaan kawasan agrowisata yang tersebar diberbagai lokasi dan dikembangkan para petani itu akan membantu mendongkrak pendapatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Anggota DPR-RI asal NTT Julie Sutrisno Laiskodat berharap Pemerintah Kabupaten Kupang terus mengembangkan kawasan agrowisata ke semua kecamatan di daerah itu.

"Berbagai inovasi dilakukan petani di Amarasi yang sudah sukses mengembangkan agrowisata agar diterapkan di kecamatan lain di Kabupaten Kupang, sehingga daerah ini menjadi pusat pertumbuhan ekonomi agrowisata baru," katanya.

Julie yang juga Ketua PKK Provinsi NTT itu menyatakan siap membantu pemerintah dalam mendesain lokasi agriwisata agar menjadi lebih menarik.

"Penataan yang baik akan mendorong orang untuk datang berkunjung tempat agrowisata yang telah ditatap secara baik. Kita buat lokasinya benar-benar aman dan nyaman sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi warga," katanya.



Oleh : Redaksi Tajuk Flores

Artikel Terkait