Politik

Alasan Prabowo Capres Pilihan Generasi Milenial: Tak Banyak Gimik

Minggu, 24/10/2021 19:35 WIB

Capres Prabowo Subianto melakukan safari politik di Pekanbaru, Riau, Rabu (13/3/2019) (Foto: Tribun)

Jakarta, Tajukflores.com - Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Adi Prayitno menilai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi calon presiden (capres) pilihan milineal dan generasi Z, lantaran tak banyak gimik.

Diketahui, berdasarkan survei Litbang Kompas terbaru, Ketua Umum Partai Gerindra itu menjadi capres pilihan milenial dan generazi Z.

"Prabowo tak banyak Gimmick. Lurus aja bekerja tanpa hingar bingar apapun," kata pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, dalam keterangannya, Minggu (24/10).

Hasil jajak pendapat Litbang Kompas, sebanyak 17,4 persen milineal memilih Prabowo Subianto jika pemilu dilakukan saat ini. Selain dari generasi milineal, Prabowo juga mendapat dukungan dari kalangan Gen Z dengan angka 13,7 persen.

Pabowo mendapat hasil lebih baik dibanding dukungan terhadap Anies Baswedan (11,7 persen), Tri Rismaharini (7,8 persen) dan Ridwan Kamil (5,9 persen).

Catatat Litbang Kompas, Prabowo menjadi pilihan milineal dan Gen Z, tidak terlepas dari popularitasnya sebagai calon presiden di dua edisi pemilu sebelumnya. Selain itu, posisi Menteri Pertahanan di kabinet Jokowi juga ikut mengenalkan Prabowo kepada generasi muda.

Menurut Adi, masyarakat terutama milineal melihat Prabowo total bekerja sebagai Menhan. Totalitasnya sebagai menteri mendapat respons positif.

"Milineal fikirannya simpel. Suka dengan figur yang bekerja, bukan bekerja mengiklankan diri terus," beber Adi.

Adi menjelaskan, milineal dan Gen Z melihat sisi heroisme dalam kerja-kerja Prabowo membantu merealisasikan visi dan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabinet Indonesia Maju.

"Performa kerja prabowo mulai terlihat di mata milineal. Sepertinya milineal melihat heroisme dalam kerja Prabowo, makanya disukai. Itu artinya, membangun citra dengan kerja jauh lebih dirasa millenial ketimbang selalu membangun citra tapi minim kerja," ucapnya.

Menurut Adi, milineal dan Gen Z menjadi generasi yang mendominasi usia penduduk Indonesia yang berhak mengikuti pemilu mendatang.

Oleh : Alex K

Artikel Terkait