News

Paroki Pagal Sambut Imam Baru, Pater Fransiskus Sulaiman OFM Rayakan Misa Syukur

Sabtu, 13/11/2021 09:53 WIB

Ilustrasi tahbisan diakon. Foto: Katolik News

Pagal, Manggarai, Tajukflores.com - Paroki Kristus Raja Pagal, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai kembali menyambut imam baru.

Pater Fransiskus Sulaiman Otor, OFM yang baru ditahabiskan menjadi imam tahun lalu akan merayakan misa syukur di Gereja Paroki Kristus Raja Pagal pada Senin (15/11) pukul 10.00 Wita.

Penyambutan Pater Fransiskus berlangsung meriah hari ini, Sabtu (13/11) pagi. Imam dari ordo Fransiskan ini disambut umat Paroki Pagal mulai dari kampung Kuwu, Desa Nenu, Kecamatan Cibal.

Ia selanjutnya diarak menuju Paroki Pagal dengan arak-arakan kendaraan.

Pater Fransiskus merupakan buah hati dari pasangan Sakir Kasmir dan Veronika Nice Manti. Pria kelahiran Maumere, 11 Mei 1992 ini menyelesaikan studi di Seminari Pius XII Kisol pada 2010.

Fransiskus selanjutnya bergabung ke Ordo Fransiskan pada 2011 dengan memulai tahapan postulat di Postulat OFM St Bonaventura, Yogyakarta. Selanjutnya masa novisiat selama setahun di Novisiat OFM Transistus, Depok, Jawa Barat.

Setelah menempuh studi filsafat pada 2016, Fransiskus menjalani Tahun Orientasi Pastoral (TOP) di almamaternya Seminari Pius XII Kisol pada 2017.

Ia kemudian menempuh studi lanjutan di bidang teologi di Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara pada 2017-2020.

Pada 15 Agustus 2018, Fransiskus menyatakan kesetiaan dan ketaatannya pada hidup membiara dengan menjalani kaul kekal di Gereja Hati Kudus Jakarta.

Dua tahun kemudian, ia menerima tahbisan diakon di Kapela Novisiat OFM Transitus Depok dan menjalani masa diakonat di Paroki St Petrus, Cianjur.

Pater Fransiskus kemudian menerima tahbisan presbiteriat di Gereja St Maria Ratu Para Malaikat, Cipanas, Jawa Barat pada 17 November 2020 dengan ketiga rekannya yakni RP Eduardus Salvatore da Silva, OFM, RP Yanuarius Kanmese, OFM dan RP Marciano Almaida Soares, OFM.

Selamat dan berbahagia Pater Fransiskus....

 

 

Oleh : Redaksi Tajuk Flores

Artikel Terkait