Tanpa Ganti Rugi untuk Jalan Mulus Menuju KEK Tana Mori

Selasa, 17 Oktober 2023 - 19:25 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

VF duduk di teras rumahnya, Selasa, 16 Agustus 2022 siang. Matanya seperti tak pernah berkedip menyaksikan ekskavator yang sedari pagi terus menggali tanah, tepat di depan rumahnya di Kampung Cumbi, Desa Warloka, belasan kilometer dari Kota Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat.

Laki-laki 55 tahun ini seperti tak berdaya, membiarkan semua halaman depan rumahnya itu digusur untuk pembukaan jalan selebar sekitar 23 meter. Halaman yang tadinya cukup luas, kini sudah tak ada lagi.

Hanya selangkah dari pintu rumahnya, terpampang sebuah jurang menganga, sedalam sekitar 10 meter. Bahkan, fondasi sisi depan rumah itu terancam ambruk, karena tanah-tanah sudah dikeruk ekskavator.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Untuk akses masuk dan keluar rumah, VF dan keluarganya pun tak bisa lagi melewati pintu depan, karena sudah terhalang oleh hasil gusuran tadi. Beruntung, masih ada satu pintu di samping rumahnya yang bisa dijadikan akses masuk atau keluar rumah.

Selain rumah VF, sejumlah rumah lainnya di Kampung Cumbi juga terlihat mengalami hal yang sama. Pantauan Tajukflores.com, ada tiga buah rumah yang berkeadaan serupa akibat penggusuran tanah untuk pembukaan jalan tersebut.

https://cdn.tajukflores.com/posts/1/2022/2022-08-28/e6c26e5600db67c2ba650917af02e934_1.jpg

Dari keterangan VF, sesuai kesepakatan sebelum pembukaan jalan ini, memang tidak ada perjanjian ganti rugi atas setiap lahan atau rumah yang akan terkena dampak pembukaan jalan menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tana Mori itu.

Menurutnya, pemerintah memang mewanti-wanti tidak ada ganti rugi. Pada sisi lain, saat proyek pembukaan jalan ini diumumkan, warga juga menyambutnya dengan antusias.

Baca Juga:  Anomali Pelibatan TNI dalam Mengatasi Terorisme

“Sebagai masyarakat kami mendukung adanya pembangunan. Tidak ada kesepakatan ganti rugi tanah atau pun rumah,” kata VF ketika berbincang dengan Tajukflores.com.

Proyek APBN

Sehari sebelum peryaaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan RI, Tajukflores.com menyusuri proyek jalan ini. Perjalanan dimulai dari Desa Gorontalo di sekitaran kota Labuan Bajo, menuju Desa Golo Mori. Kampung Cumbi yang terletak di Desa Warloka, merupakan salah satu kampung yang dilalui oleh proyek jalan ini.

Perjalanan yang ditempuh cukup menguras energi. Apalagi, kondisi jalan belum rampung dikerjakan, masih berupa tanah. Debu pun bertebaran saat Tajukflores.com memacu sepeda motor.

https://cdn.tajukflores.com/posts/1/2022/2022-08-28/c06a070858cec5118723abec76dafb37_1.jpg

Butuh waktu sekitar 2 jam lamanya untuk sampai di tempat tujuan. Nantinya, bila proyek jalan tersebut sudah selesai, jarak tempuh ini akan terpangkas hanya sekitar 30 menit dari kota Labuan Bajo.

Sepanjang perjalanan, aktivitas pengerjaan jalan cukup ramai. Truk-truk besar lalu-lalang melintas sepanjang proyek jalan tersebut.

Alat-alat konstruksi baik ekskavator maupun buldoser juga sibuk mengeruk dan meratakan tanah. Selain pembangunan jalan, sejumlah jembatan besar juga terlihat sedang dibangun.

Berdasarkan informasi yang ada pada papan informasi proyek, nama kegiatan yang sedang dilakukan itu ialah `Proyek Peningkatan, Pembangunan Jalan dan Jembatan Labuan Bajo-SP. Nalis-SP. Kenari, SP. Kenari-Tanamori, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur`.

Proyek ini memiliki sumber dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan total nilai kontrak sebesar Rp475.532.128.014, termasuk Pajak Penambahan Nilai (PPN).

Baca Juga:  Ketika Negara Tak Berdaya di Hadapan Ormas Intoleran dan Radikal

Secara lebih rinci, lingkup pekerjaannya terdiri dari tiga bagian. Pertama, peningkatan struktur perkerasan sepanjang 6,41 km. Kedua, pembangunan jalan sampai perkerasan sepanjang 18,34 km, dan ketiga pembangunan jembatan 175 meter.

Masa pelaksanaan proyek ini ialah 222 hari kalender terhitung dari tanggal kontrak 21 April 2022, dengan kontraktor pelaksana ialah PT Wijaya Karya (Persero), Tbk., dan kontraktor pengawas yaitu PT. Yodya Karya (Persero).

Pembangunan Jalan untuk KEK

Proyek pembangunan jalan dan jembatan ini dilakukan untuk membuka akses ke kawasan Golo Mori. Di sana akan dikembangkan sebuah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang dinamakan KEK Tana Mori.

KEK Tana Mori adalah kawasan khusus ekonomi pariwisata. Nantinya, di sana akan dibangun hotel, resor dan tempat-tempat pameran dan konferensi (MICE).

Sebelum bertemu VF di Kampung Cumbi, Desa Warloka, pada hari yang sama, Tajukflores.com sudah ke Desa Golo Mori untuk bertemu dan berbincang-bincang dengan kepala desa setempat terkait adanya pembangunan jalan untuk KEK tersebut.

Samila, Kepala Desa Golo Mori mengatakan, proyek pembangunan jalan ke Golo Mori ini disambut antusias warga setempat karena hal tersebut membuka keterisolasian Golo Mori selama ini.

“Kami sangat antusias menyambut itu (KEK). Kenapa saya katakan antusias? Yang pertama, desa kami selama ini sangat terisolasi sekali, dengan adanya rencana pembangunan KEK itu, sekarang sudah terbuka isolasi itu,” tutur Samila.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Digdaya PT Flobamor Kendalikan Pariwisata Taman Nasional Komodo: Tarif Naik, Kualitas Pelayanan Buruk!
Kurikulum Merdeka, Nasib Guru Bahasa Jerman di Ujung Tanduk
Menguak Aliran Dana Philip Morris, Pemegang Saham PT HM Sampoerna Tbk ke Israel
Menakar Kans Koalisi Pengusung Anies Baswedan Bubar Kala Demokrat-PDIP Tampil Mesra
Kontroversi dalam Karier Sutradara Film Porno Kelas Bintang, Dari Sinetron ke Film Dewasa
Romo AS: Kasus Pastor Bunuh Diri dan Dugaan Salah Urus Gereja
Ridwan Kamil, Misi Partai Golkar Rebut Jawa Barat dari Gerindra dan PDIP
Menjadi Konten Kreator Tiktok, Rela Alih Profesi demi Fulus
Berita ini 208 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 25 April 2024 - 06:57 WIB

Rilis Terbaru 2 Kode Kupon The Spike Volleyball Story Hari Ini 25 April 2024, Dapatkan Puluhan Bola Gratis

Kamis, 25 April 2024 - 00:32 WIB

Daftar Frekuensi Measat 3B K Vision Ku Band 2024

Rabu, 24 April 2024 - 14:40 WIB

Pertimbangkan 5 Alasan Ini Sebelum Beli Samsung Galaxy A05s

Rabu, 24 April 2024 - 03:43 WIB

Terbaru! Kode Redeem FF Token Zombie SG2 OPM Permanen Rapper Panjang Hijau Demolitionist Hari Ini 23 – 24 April 2024 Tanpa Spin Diamond FF

Selasa, 23 April 2024 - 21:57 WIB

Pinjol Cepat Cair Tanpa BI Checking, 5 Aplikasi Pinjaman Online 24 Jam Langsung Cair

Selasa, 23 April 2024 - 20:58 WIB

Daftar Pinjol yang Tidak ada DC Lapangan Terbaru 2024

Selasa, 23 April 2024 - 15:15 WIB

Cara Membuat Karikatur 3D Wajah Sendiri dalam 1 Menit Langsung Jadi, Bisa untuk Profil Media Sosial

Selasa, 23 April 2024 - 04:26 WIB

Download Apk Mod Boss Domino Rp V1.26 X8 Speeder Terbaru P1H1, P1H4, P1H5, P1H6

Berita Terbaru