Mengungkap Rahasia Psikologi Wanita, Apa yang Membuat Cewek Jatuh Cinta?

Sabtu 29-06-2024, 11:34 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menurut Helen Fisher, jatuh cinta memiliki tiga tahap: nafsu, atraksi, dan cinta. Foto ilustrasi: The Attachment Project

Menurut Helen Fisher, jatuh cinta memiliki tiga tahap: nafsu, atraksi, dan cinta. Foto ilustrasi: The Attachment Project

Tajukflores.com – Jatuh cinta bagi wanita bukan sekadar perasaan, tetapi suatu proses yang melibatkan permainan kimia dan psikologi yang kompleks, membentuk dunia emosi dan hubungan romantis mereka. Apa yang membuat psikologi cinta wanita begitu unik? Bagaimana cara wanita jatuh cinta?

Jika Anda pernah merasakan cinta, Anda pasti tahu bahwa itu adalah proses yang luar biasa. Ilmu di baliknya pun lebih menarik lagi. Mengetahui apa yang membuat cinta terjadi adalah studi menarik dalam ilmu saraf, biokimia, dan psikologi, seperti dikutip dari laman Art of Charm.

Peran Zat Kimia dalam Psikologi Cinta Wanita

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Cinta bukan hanya sekumpulan zat kimia, tetapi kimia otak memainkan peran penting dalam mengapa kita merasa seperti kita merasa terhadap orang lain. Dan ketika kita merasa hal-hal yang baik, biasanya ada banyak dopamine terlibat.

Dopamin adalah zat kimia yang dilepaskan otak ketika orang – baik wanita atau pria – merasakan segala jenis kenikmatan, termasuk cinta. Dopamin juga meningkatkan jumlah testosteron yang diproduksi tubuh.

Peningkatan testosteron inilah yang membuat orang berkeringat ketika mereka berada di sekitar seseorang yang mereka cintai. Itulah juga mengapa orang memiliki dorongan seks yang lebih tinggi ketika cinta masih baru.

Ketika wanita jatuh cinta, tubuh mereka juga menghasilkan norepinefrin dan feniletilamin. Zat-zat ini meningkatkan fokus sambil menciptakan rasa euforia.

Itulah mengapa wanita sering kali terfokus pada satu pria dengan mengecualikan hal-hal lain ketika mereka sedang jatuh cinta. Itulah mengapa pria dan wanita merasa ekstra waspada menunggu pesan teks. Itulah mengapa orang sulit tidur atau bahkan memikirkan orang lain.

Baca Juga:  Ciri-ciri Wanita Berkelas yang Dihormati dan Disukai Banyak Pria

Mengungkap Dampak Oksitosin, Dopamin, dan Lainnya

Tetapi tidak kalah pentingnya, adalah oksitosin. Oksitosin dilepaskan pada berbagai titik, termasuk selama pelukan dan hubungan seksual. Wanita menghasilkan lebih banyak dari pada pria.

Pria tidak menghasilkannya selama orgasme, tapi kita mendapatkan puncak dopamine. Itu sebabnya kita lebih sedikit cinta pada seseorang hanya karena berhubungan seks.

Oksitosin meruntuhkan rintangan emosional, membuat orang merasa nyaman dan membuat mereka “turunkan penjaganya.” Oksitosinlah yang menciptakan rasa keterikatan yang kita rasakan pada orang lain ketika kita sedang jatuh cinta.

Ketika mereka tidak berada di sekitar, Anda tidak memproduksi sebanyak itu, dan jadi Anda menginginkan lebih banyak. Itulah mengapa kita kadang-kadang bisa merasa “kecanduan” pada orang yang sedang kita pacari. Itulah juga mengapa putus cinta bisa menyakitkan.

Ini seperti mengalami penarikan diri, dan rasa sakit dari penarikan diri bisa membuat kita bertindak dengan cara yang tidak biasa. Jadi jika Anda mencoba memenangkan kembali mantan Anda, sangat penting Anda tidak membiarkan perasaan penarikan diri mengatur tindakan Anda.

Dopamin, testosteron, oksitosin, norepinefrin, dan feniletilamin semuanya bekerja sama untuk menciptakan lingkaran umpan balik cinta. Kenikmatan seksual dan keterikatan romantis melepaskan kelompok zat kimia yang sama.

Zat-zat kimia ini membuat Anda memberikan perhatian yang lebih besar pada sumbernya, sambil juga mendorong Anda untuk mencari lebih banyak zat kimia yang sama. Cinta (dan seks, bagi perhatian) bekerja pada otak seperti narkoba.

Baca Juga:  9 Tanda Ketidakcocokan dalam Suatu Hubungan, Menurut Psikologi

Tapi katakanlah Anda tahu cara membuat semua zat kimia mereka mengalir dengan cara yang tepat. Itu masih tidak akan cukup untuk “membuat” dia jatuh cinta padamu. Karena cinta bukan hanya zat kimia. Ini juga merupakan fungsi dari sejarah pribadi dan preferensi.

Melampaui Kimia: Bagaimana Kelekatan Mempengaruhi Cinta Wanita

Ada alasan besar mengapa Anda tidak bisa hanya menggunakan pengetahuan tentang kimia otak untuk membuat seorang gadis jatuh cinta padamu. Tidak setiap wanita merespons campuran kimia yang sama dengan cara yang sama.

Psikolog menyebutnya “gaya kelekatan.” Bahkan jika Anda melepaskan campuran zat kimia yang tepat, gaya lampiran nya mungkin membatalkan koneksi.

Ilmu keras (biologi dan kimia) mengatakan Anda dapat melakukan tindakan tertentu, melepaskan zat kimia tertentu dan mendapatkan efek tertentu. Tapi ilmu lembut (psikologi) mengatakan bahwa sesuatu yang jauh lebih pribadi dan rumit sedang terjadi.

Itulah mengapa sangat penting untuk memperhatikan tanda-tanda tersembunyi bahwa seorang wanita sedang jatuh cinta pada Anda. Anda tidak bisa hanya melakukan tindakan yang memicu pelepasan zat kimia yang relevan.

Anda mungkin sadar akan gaya kelekatan, bahkan jika Anda tidak tahu mereka disebut seperti itu. Misalnya, apakah Anda berkenalan dengan seorang gadis hanya untuk dia menghilang?

Atau pernahkah Anda memiliki hubungan santai yang tiba-tiba menjadi serius? Itu adalah contoh dari dua gaya lampiran yang berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Edeline Wulan

Editor : Edeline Wulan

Berita Terkait

Waspada Kasus di Jakarta! Kebiasaan Ini dapat Menularkan Penyakit Gondongan pada Anak!
Ini 7 Kebiasaan yang Bikin Lemak Perut Menumpuk, Perlu Anda Hindari!
Hoarding Disorder: Mengapa Sulit Membuang Barang Bisa Menjadi Masalah Kesehatan Mental?
Penyebab Sering Kencing Setelah Minum Air Putih, Waspada Jadi Anda Alami Hal Ini!
Orang Tua Perlu Pahami Tanda Bahaya Efek Samping Kemoterapi pada Anak
FKUI Temukan 4 Faktor Utama Lansia Panjang Umur Hingga 100 Tahun
Wanita di AS Tertular HIV Usai Perawatan Vampire Facial, Amankah? Ini Penjelasannya!
Hari Cintai Kulitmu 8 Juli: Kenali Penyebab Kerusakan dan Cara Merawat Kulit
Berita ini 33 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 12:38 WIB

10 Rekomendasi Handbody Pemutih untuk Kulit Cerah dan Terlindungi

Rabu, 17 Juli 2024 - 12:58 WIB

7 Kebiasaan Mandi Ini Ternyata Salah dan Membahayakan Kesehatan

Rabu, 17 Juli 2024 - 12:38 WIB

Ngawagel dalam Bahasa Sunda: Memahami Arti dan Penggunaannya

Selasa, 16 Juli 2024 - 14:15 WIB

Motul Sukses Uji Ketahanan Pelumas Terbarunya di Pulau Flores, NTT

Minggu, 14 Juli 2024 - 05:06 WIB

Hantu GGCD Itu Apa? yang terkenal di wilayah Indonesia Timur Fakfak

Minggu, 14 Juli 2024 - 01:09 WIB

Bocoran 3 Kartu Combo Harian Hamster Kombat untuk Minggu 14 Juli 2024, Dapatkan 5 Juta Koin!

Sabtu, 13 Juli 2024 - 22:05 WIB

Teror Keris Terkutuk dalam Film Horor Terbaru Rizal Mantovani “Pusaka”

Sabtu, 6 Juli 2024 - 12:32 WIB

Teknologi Mampu Selamatkan Makanan Sisa Agar Tetap Layak Konsumsi, Kata Guru Besar UGM

Berita Terbaru

Diego Coppen Siapanya Jennifer Coppen? Ini Profil Lengkapnya (Instagram.com/diegocoppen)

Infotainment

Diego Coppen Siapanya Jennifer Coppen? Ini Profil Lengkapnya

Selasa, 23 Jul 2024 - 13:22 WIB

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI sekaligus Ketua DPD Partai Golkar NTT, Melki Laka Lena. Foto: Tajukflores.com/Istimewa.

Pilkada NTT

Partai Gerindra Resmi Usung Melki Laka Lena Sebagai Cagub NTT

Senin, 22 Jul 2024 - 20:39 WIB