Desa Tebara, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur meraih predikat Desa Terbaik Nasional dan menjadi Desa Percontohan Nasional tahun 2018 dalam pengelolaan dana desa.

Penghargaan itu langsung diterima Kades Tebara Marthen R. Bira di gedung Kementerian Keuangan pada 17 Januari 2019 lalu.

Sejak terpilih menjadi Kades pergantian antar waktu (PAW) 2016, Kerja keras Marthen membuah hasil. Bersama perangkat desa, ia berhasil membangun pasar, membangun lumbung, menciptakan Bumdes (Bank Umum Desa) dan mengembangkan desa wisata Kampung Prai Ijing dan mengembang danau wisata Wae Boro, danau alami yang ada di pinggir Kota Waikabubak.

Baca Juga:  Simbol Keberagaman dan Kesucian, Brand Lokal Sroja Luncurkan Koleksi Scarf Perdana

Semua ini diakuinya dikelola menggunakan Dana Desa. Dalam kurun lima bulan terakhir, Desa Tebara memiliki PAD sebesar Rp72 juta, menjadi satu dari dua desa di NTT yang memiliki pendapatan dari usaha warganya.

Baca Juga:  Kisah Getir di Balik Pernikahan Iptu Alvian dan Karina Dinda Lestari, Susah Cari Biaya Nikah Ujungnya Diselingkuhi

“Kalau soal keterbukaan pengelolaan dana semua orang bisa, tapi yang penting adalah pembangunan yang sustainable, berkelanjutan,” kata Marthen kepada Tajukflores.com saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.