4 VPN Gaming Terbaik 2023, Main Game Lancar dan Anti Ribet

Senin, 4 Desember 2023 - 13:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

4 rekomendasi VPN gaming terbaik tahun 2023 untuk game online. Foto ilustrasi

4 rekomendasi VPN gaming terbaik tahun 2023 untuk game online. Foto ilustrasi

Jakarta – Virtual Private Network (VPN), sebuah singkatan dari jaringan pribadi virtual, telah menjadi solusi populer bagi para gamer dalam menjaga privasi dan meningkatkan kinerja saat bermain game online.

VPN menyediakan lapisan keamanan tambahan dengan menyamarkan lokasi dan alamat IP pengguna, yang memungkinkan akses ke server dari berbagai lokasi di seluruh dunia.

Di tahun 2023, pemilihan VPN yang tepat dapat menghasilkan pengalaman gaming yang lebih responsif dan aman.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Manfaat VPN untuk Bermain Game

Saat menggunakan VPN, pengguna dapat mengurangi latensi atau ping, yang merupakan waktu respons antara perangkat pengguna dengan server game. Ini sangat penting dalam permainan daring, karena latensi yang rendah dapat menghasilkan pengalaman bermain yang lebih lancar.

Selain itu, VPN melindungi pengguna dari pembatasan atau pemblokiran yang diberlakukan oleh penyedia layanan internet (ISP), memungkinkan akses yang lebih bebas ke server game dari berbagai wilayah.

Namun, ada beberapa kekurangan dalam penggunaan VPN, termasuk kemungkinan pelanggaran persyaratan layanan permainan dan penurunan kecepatan koneksi yang mungkin terjadi.

Pengujian VPN oleh Ahli di CNET

Tim ahli di CNET telah melakukan pengujian yang mendalam terhadap berbagai penyedia VPN untuk menemukan opsi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan para gamer. Mereka telah mempertimbangkan kinerja VPN pada berbagai platform gaming, termasuk PC, Linux, Windows, dan MacOS.

Meskipun fokus utama adalah pada game PC, hampir semua penyedia VPN juga menawarkan aplikasi untuk platform seluler seperti Android dan iOS, serta perangkat streaming seperti Apple TV, Android TV, dan Amazon Fire Stick.

Pada konsol gaming seperti Xbox Series X, PlayStation 5, dan Nintendo Switch yang tidak memiliki aplikasi VPN sendiri, pengguna harus menggunakan PC sebagai host atau mengonfigurasi pengaturan internet untuk menerapkan VPN di seluruh jaringan rumah.

VPN Terbaik untuk Bermain Game:

Dalam pengujian mereka, beberapa VPN telah menonjol sebagai pilihan terbaik untuk para gamer pada tahun 2023:

1. ExpressVPN: Keunggulan dalam Kecepatan dan Keamanan

ExpressVPN merupakan pilihan yang sangat diunggulkan bagi mereka yang mencari kualitas terbaik dalam hal kecepatan, keamanan, dan jangkauan global.

Walaupun terdapat sedikit penurunan dalam kecepatan saat pengujian terbaru, namun ExpressVPN tetap mempertahankan posisinya sebagai salah satu VPN tercepat yang pernah diuji. Dengan penurunan kecepatan sekitar 18%, yang masih dianggap cepat untuk kebanyakan kondisi permainan, ExpressVPN menonjol dalam performa gaming.

Perluasan jaringan server ExpressVPN hingga mencakup 105 negara berbeda merupakan suatu keunggulan besar bagi para gamer. Kini, pengguna dari seluruh dunia dapat menikmati koneksi cepat dan stabil ke server game, memungkinkan pengalaman gaming yang optimal dari mana pun lokasi mereka berada. Dengan jaringan server yang luas, ExpressVPN menjadi salah satu VPN dengan jangkauan terluas.

Baca Juga:  Cara Pasang Router WiFi Tanpa Kabel untuk Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet

Privasi dan keamanan merupakan fokus utama ExpressVPN. Dengan perlindungan yang superior, pengguna merasa aman dari serangan DDoS atau ancaman lainnya dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Keberadaannya yang mudah diakses dan performa yang sangat baik membuat ExpressVPN menjadi pilihan yang disukai, baik saat bermain game di PC, Mac, atau perangkat seluler.

Namun, kualitas terbaik memang datang dengan harga yang sepadan. ExpressVPN tergolong sebagai solusi yang relatif mahal. Biaya langganan bulanannya sekitar $13, atau opsi paket tahunan seharga $100. Meskipun mahal, bagi mereka yang mengutamakan fitur dan fungsionalitas terbaik, ExpressVPN dianggap layak sebagai investasi yang berharga.

ExpressVPN tetap menjadi pilihan utama bagi para gamer yang mencari kinerja optimal, keamanan yang kuat, dan jaringan server global yang luas untuk pengalaman bermain game terbaik.

2. NordVPN: Kecepatan Tinggi dan Fitur LAN yang Unik

NordVPN menduduki peringkat tertinggi dalam uji kecepatan, menjadi pilihan utama bagi para gamer yang mengutamakan kecepatan dalam bermain game.

Keandalan dan kecepatan konsisten NordVPN membuatnya menjadi solusi yang tepat untuk pengalaman gaming kelas satu di berbagai wilayah global. Meskipun NordVPN memiliki cakupan server yang tidak sebanyak ExpressVPN atau Surfshark, kualitas performa yang konsisten menjadi nilai tambahnya.

Fitur unik dari NordVPN adalah Meshnet yang memungkinkan pengaturan server permainan sendiri untuk mengadakan pesta LAN jarak jauh yang aman bersama teman-teman.

Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang menikmati game sandbox seperti Minecraft atau Roblox. Meskipun harganya sedikit lebih ramah di kantong daripada ExpressVPN, harga paket NordVPN bisa naik secara signifikan setelah masa promosi berakhir.

Paket bulanannya sekitar $13, sedangkan paket tahunan dimulai dengan harga promo sekitar $67 untuk tahun pertama. Namun, setelah periode promosi berakhir, harganya bisa mencapai $100 per tahun. Paket dua tahun tersedia dengan harga promo sekitar $102 untuk dua tahun pertama, namun berhati-hatilah dengan harga yang bisa melonjak setelah masa promosi berakhir.

NordVPN tetap menjadi pilihan yang bagus bagi mereka yang menginginkan kecepatan konsisten dan fitur unik seperti Meshnet untuk mengatur pesta LAN jarak jauh dengan aman.

Baca Juga:  Update Terbaru! Code Ojol The Game 5 Maret 2024 & Cara Klaimnya

3. Surfshark: Performa Tinggi dengan Harga Terjangkau

Surfshark menonjol sebagai penyedia VPN yang memiliki kinerja yang sangat baik tanpa memberatkan kantong. Dengan harga mulai dari $13 per bulan atau $48 per tahun untuk tahun pertama (selanjutnya $60 per tahun), Surfshark menawarkan fitur keamanan yang sangat baik termasuk enkripsi yang kuat, tombol pemutus, kebingungan, dan kanalisasi terbagi.

Keunggulan Surfshark terletak pada koneksi simultan tanpa batas dan jaringan server yang luas, lebih dari 3.200 server di 100 negara. Ini menjadi solusi yang sangat baik untuk bermain game karena Anda memiliki banyak pilihan lokasi server fisik atau game Anda.

Meskipun memiliki performa yang sangat baik, terkadang kecepatan Surfshark pada protokol OpenVPN bisa tidak konsisten, menyebabkan penurunan kecepatan yang signifikan hingga 76%.

Namun, melalui protokol Wireguard, kecepatan internet lebih cepat dengan kehilangan kecepatan sekitar 8%. Surfshark tetap menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mereka yang menginginkan performa tinggi dengan harga terjangkau.

4. VPN Proton: Fokus pada Privasi dan Kinerja yang Memuaskan

Proton VPN menonjol dalam fokusnya terhadap privasi yang kuat, menjadikannya pilihan yang baik bagi para gamer yang sadar akan keamanan. Meskipun versi gratisnya juga sangat baik, Proton Free memiliki lebih dari 100 server di tiga negara dengan kecepatan koneksi luar biasa.

Versi berbayar, Proton Plus, menawarkan lebih dari 1.800 server di lebih dari 60 negara dengan penurunan kecepatan sekitar 17%. Meskipun tidak sekomprehensif seperti Nord atau ExpressVPN, Proton VPN tetap menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang mengejar performa tinggi dengan fokus pada privasi yang kuat.

Dengan harga sekitar $10 per bulan, $72 per tahun, atau total $120 untuk layanan dua tahun, Proton VPN memiliki posisi harga yang cukup bersaing di antara penyedia VPN lainnya. Secara keseluruhan, Proton VPN adalah pilihan yang baik bagi mereka yang menempatkan privasi sebagai prioritas utama dalam bermain game.

Dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, keputusan akhir dalam memilih VPN untuk bermain game sangat bergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan, dan anggaran yang tersedia.

Perlu diingat, dalam memilih VPN terbaik untuk bermain game, pengguna perlu mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran mereka, serta faktor kinerja, privasi, dan keamanan yang ditawarkan oleh setiap penyedia layanan VPN.

Dengan demikian, mereka dapat memilih opsi yang paling sesuai untuk meningkatkan pengalaman bermain game online pada tahun 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Robintinus Gun

Editor : Alex K

Berita Terkait

Terbongkar! Cara Melacak Nomor HP Penipu Tanpa Aplikasi
Cara dan Persyaratan Pinjam Uang di BPJS Ketenagakerjaan hingga Rp 25 Juta
Link dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub Motis 2024
Cara Membuat Password Pada File Zip di Windows 10
Gratis! Download Adobe Photoshop 2022 Full Version 64 Bit
Cara Pinjam Uang di Pegadaian Tanpa Jaminan Sertifikat, Cair Rp 15 Juta
Cara Ampuh Mengeringkan HP Android dan iPhone Basah, Bukan Pakai Beras!
Cara Pinjam Uang KUR Mandiri 2024 Tanpa Jaminan, Ini Syaratnya!
Berita ini 31 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 5 Maret 2024 - 17:38 WIB

Perolehan Suara DPD RI Dapil NTT: Pendatang Baru Jadi Jawara, El Asamau Gagal ke Senayan

Selasa, 5 Maret 2024 - 13:34 WIB

BPOLBF Gandeng Bandara Komodo Genjot Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo dan Flores

Selasa, 5 Maret 2024 - 12:37 WIB

Tingkatkan Keselamatan Pelayaran, KSOP Labuan Bajo Gelar Diklat BST untuk Masyarakat

Selasa, 5 Maret 2024 - 11:08 WIB

Polri Rekrut 10.000 Orang untuk Memperkuat Keamanan di Papua

Selasa, 5 Maret 2024 - 10:53 WIB

Kemenko PMK Usulkan Skema Besaran Bansos Berdasarkan Wilayah

Selasa, 5 Maret 2024 - 09:08 WIB

Demo di DPR Hari Ini, Polri Turunkan 3.929 Personel

Senin, 4 Maret 2024 - 22:13 WIB

Tak Perlu Tunggu Prabowo-Gibran, Pengusaha Dermawan di Kupang Beri Makan Siang Gratis ke Siswa SD

Senin, 4 Maret 2024 - 21:26 WIB

OJK Blokir 233 Pinjol Ilegal, Total Jadi 2.481 Sejak 2023

Berita Terbaru

Cara Melacak Nomor HP Tanpa Aplikasi

Tips & Trick

Terbongkar! Cara Melacak Nomor HP Penipu Tanpa Aplikasi

Selasa, 5 Mar 2024 - 15:06 WIB