DPR Dorong Generasi Milenial Untuk Berwirausaha

Sabtu, 3 Oktober 2020 - 18:06 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Anggota Fraksi PKS DPR RI Dapil Jatim IV (Kabupaten Jember dan Lumajang), Amin Ak mendorong generasi milenial untuk menekuni dunia wirausaha. Berani mengambil risiko dengan menjadi wirausahawan merupakan langkah tepat bagi pemuda yang ingin sukses.

Hal itu disampaikan Amin saat bertemu dengan kalangan milenial di Jember, Jawa Timur dalam rangka kunjungan reses di daerah pemilihan, Selasa (10/3).

Menurut Amin, kiprah kaum milenial saat ini akan menentukan wajah Indonesia ke depan, termasuk tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Mengacu pada data Badan Pusat Statistik, pada 2020, sekitar 83 juta atau 34 persen dari total penduduk Indonesia adalah milenial.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Namun Amin mengingatkan, BPS juga mencatat, proporsi anak-anak muda yang menganggur paling banyak lulusan SMA dan perguruan tinggi, masing-masing mencapai 17,4 persen dan 13,1 persen. 

Oleh karena itu, munculnya fenomena pengangguran terdidik di kalangan anak muda harus diantisipasi, salah satunya dengan memperbanyak wirausahawan baru.

“Agar kita bisa memperoleh benefit yang maksimal dari bonus demografi, langkah yang harus kita lakukan adalah kita menjadi Wirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Bonus demogafi harus diisi dengan kekuatan jumlah wirausaha,” tegasnya.

Baca Juga:  Selamat Datang Kembali Wisman Asal Tiongkok ke Indonesia

Kalau tidak, Amin khawatir penduduk Indonesia nanti hanya menjadi pasar saja. Ia pun mendorong agar bisnis-bisnis rintisan saat ini bisa menjadi perusahaan besar di kemudian hari.

“Masa muda adalah masa yang fleksibel. Ketika gagal, kita masih punya cukup usia untuk kembali mencoba dan terus berusaha,” kata Amin.

Lebih lanjut Amin mengatakan, saat ini tingkat kewirausahaan Indonesia dinilai masih sangat rendah. Berdasarkan data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Jumlah pengusaha di Indonesia baru mencapai 1,65 persen dari jumlah penduduk. Rasio tersebut jauh tertinggal dibanding dengan jumlah pengusaha yang ada di negeri jiran seperti Singapura (7%), Malaysia(5%), maupun Thailand (3%). 

Sementara negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang bahkan memiliki pengusaha lebih dari 10 persen dari jumlah populasi.

Idealnya jumlah pengusaha adalah 2 persen dari total populasi, tetapi untuk mencapai target pendapatan perkapita yang baik diperlukan 6,13 juta pengusaha atau sekitar 2,5 persen dari populasi. Saat ini jumlah wirausaha yang mapan sekitar 4 juta.

Baca Juga:  Tahun Baru Imlek 2022, Wapres Ma`ruf Amin Harap Masyarakat Indonesia Jaga Kerukunan

Oleh karena itu kaum milenial memiliki peran dan fungsi strategis dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju. Generasi muda saat ini memiliki karakteristik yang antusias, semangat kompetitif, serta kemampuan beradaptasi yang tinggi dengan perkembangan teknologi sehingga Indonesia siap menghadapi revolusi industri 4.0 dan bisa bersaing secara global.

Amin juga mengingatkan agar kaum milenial memperkuat kemampuan atau skill digital. Beradasarkan riset yang dilakukan IDN Research Institute, dalam laporan berjudul “Indonesia Millenial Report 2019”, aktivitas anak muda Indonesia saat ini sangat dipengaruhi dunia digital. Dari kuliner, traveling, hingga mencari kerja dilakukan secara daring.

Namun sayangnya, dari 63 juta UMKM di Indonesia, baru 3,97 juta yang menggunakan teknologi, sehingga program seperti ini ini bisa mendorong sektor tersebut lebih melek digital saat mengembangkan bisnis khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan usaha (sourcing) dan pendanaan (financing).

“Kuasai keahlian digital untuk menopang bisnis. Agar bangsa kita tidak hanya menjadi pasar bagi produk-produk dari luar,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait

Ditangkap karena Pakai Narkoba, Rocky Winaryo Ternyata Masuk Bursa Pilwalkot Kupang
ART Indonesia Didakwa Singapura Bantu Rentenir Pasang Iklan di TikTok, Terancam Penjara 4 Tahun
Meninggal Dunia, Ini Kesan Andreas Pareira tentang Sosok Marselis Sarimin
Digelar pada 27 November, Simak Jadwal dan Tahapan Pilkada Serentak 2024
Warga Sumba Kerap Bikin Ulah di Bali, Tetua: Fokus Cari Makan, Jangan Kayak Orang Hebat!
Komisi II DPR Sebut Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar pada November
22 Titik Bencana Landa Manggarai Barat di Februari 2024, Warga Diminta Waspada
Wolobobo Ngada Festival Masuk KEN 2024, Fokus Promosi Kopi Arabika Bajawa
Berita ini 7 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:54 WIB

Ini yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Kopi Hitam Setiap Hari

Rabu, 28 Februari 2024 - 04:14 WIB

Waspada! 6 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

Selasa, 27 Februari 2024 - 12:56 WIB

8 Tanda Anda Memiliki Kepribadian yang Jauh Lebih Kuat Daripada Orang Kebanyakan, Menurut Psikologi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 12:25 WIB

Mengapa Orang Selingkuh Tidak Merasa Bersalah?

Sabtu, 24 Februari 2024 - 11:41 WIB

Stres Saat Berangkat Kerja Bisa Jadi Tanda Mental Tak Sehat

Senin, 12 Februari 2024 - 09:06 WIB

Hari Epilepsi Internasional: Fakta Menarik dan Dampak Epilepsi

Minggu, 21 Januari 2024 - 09:12 WIB

11 Tanda Halus Anda dan Pasangan Kehilangan Cinta

Sabtu, 20 Januari 2024 - 10:54 WIB

9 Hal yang Harus Anda Katakan “Tidak” untuk Mencapai Kesuksesan

Berita Terbaru

Kopi hitam bukan sekadar minuman pagi yang menyegarkan, tapi juga menawarkan segudang manfaat kesehatan. Foto ilustrasi

Gaya Hidup

Ini yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Kopi Hitam Setiap Hari

Kamis, 29 Feb 2024 - 12:54 WIB

Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango memberikan keterangan terkait capaian kinerja KPK di gedung KPK, Jakarta, Selasa (16/1/2024). Foto: RRI

Politik

KPK Belum Ambil Sikap Terhadap Program Makan Siang Gratis

Kamis, 29 Feb 2024 - 12:24 WIB