Kisah Ben Isodorus, Pria Rendah Hati yang Lolos ke DPRD NTT

Kamis, 5 September 2019 - 19:19 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ben Isodorus tersenyum sumringah setelah dirinya mengakumulasi semua hasil penghitungan suara terakhir tingkat KPU kabupaten. Menunggu penetapan resmi, ia dipastikan lolos menjadi anggota DPRD NTT periode 2019-2024 dari Dapil NTT 4 meliputi Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur, Manggarai Barat dari Partai Hanura.

Sosok lelaki yang lahir di Kampung Golo, Desa Golo, Kecamatan Cibal, Manggarai itu ternyata berhasil membongkar kedok pesimisme terhadap dirinya, terhadap kampung dan peristiwa sosial di masyarakat kampung kecilnya.

Ir. Ben Isidorus, MM adalah mantan aggota DPRD Kabupaten Manggarai periode 2004-2019. Secara politis, Ben Isidorus adalah sosok kedewasaan politik yang bijaksana.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada Rabu (8/5/2019) pagi, Ben langsung berkomentar ketika ditanya alasan mengapa langsung maju ke DPRD Provinsi NTT sementara di Kabupaten Manggarai baru menjabat satu periode saja.

Ben pun mengetahui bagaimana dinamika politik itu sesuatu yang tidak in sedalam dirinya tetapi selalu dinamis. Oleh karena itu, beliau meyakinkan sekarang politik itu harus ada kaderisasi.

Kaderisasi dalam hal ini adalah memberikan kesempatan bagi kaum muda untuk berkiprah dalam panggung politik.

Baginya katika dia melihat dan membaca peta politik di dapil empat Kabupaten Manggarai yang meliputi Cibal, Cibal Barat, Reok dan Reok Barat begitu banyak kader orang muda yang siap berlaga dalam Pileg 2019 ini.

Baca Juga:  Siswa MAN Manggarai Timur Sulap Sampah Jadi Lukisan Bermutu Tinggi

Maka ia pun secara matang dan maksimal mempertimbangkan untuk maju ke provinsi.

Intinya ketika seseorang berani mengambil sebuah keputusan politis untuk berlaga menuju satu tingkatan lain maka di sanalah ia harus lebih besar tanggungjawabnya untuk memperjuangkan kepentingan masyarakt NTT umumnya. Bukan untuk menemukan kelimpahan dan kemakmuran.

Bagi Ben kelimpahan material bukanlah suatu itensi dasar beliau untuk maju sebagai seorang DPR.

Perjalanan politiknya sungguh menginspirasi semua orang. Beliau yakin bahwa tidak ada pencapaian tanpa melintasi dasar-dasar kehidupan.

Ia melewati tangga-tangga kehidupan yang begitu bombastis penuh tantangan. Baginya, naluri politik itu ada ketika dikokohkan oleh Penguasa alam semesta dan isinya.

Ben sungguh yakin keberhasilan dan kesuksesan sebuah perjuangan itu sebetulnya delegasi teologis yang dilimpahkan oleh Tuhan kepada setiap pribadi.

Namun, delegasi teologis itu secara dogmatisnya tidak membuat diri tertekan tapi secara rohaninya jiwa menjadi mimpi yang selalu memberikan gambaran tentang diri dan realitas alam dan isinya.

Karena itu, keberhasilannya menuju DPRD Provinsi membuat ia semakin menjadi sosok yang militan. Baginya tidak ada yang baik adanya tanpa campur tangan Tuhan.

Dalam pertarungan pemilihan umum legislatif 17 April 2019, Ben Isidorus bertarung penuh bersama para kandidat terbaik daerah di Manggarai Raya.

Niat dan usaha yang keras beliau tentunya tidak bisa menguburkan proses dan hasil. Beliau yakin politik itu semestinya anugerah dan suatu peristiwa sosial yang luhur.

Baca Juga:  Ditolak DPR, Kontroversi Film "His Only Son" yang Dianggap Tak Sesuai Ajaran Islam

Oleh karena, niat dan harapanya membuat beliau tidak pernah berhenti menapak jejak-jejak massa di Manggarai raya. Dengan tubuhnya yang tegar dan kuat penuh antusias membuatnya berani menembus terjalnya akses transportasi menuju kampung-kampung tertentu di Manggarai Raya.

Baginya, kehadiran diri di hadapan masyarakat yang membuat politik itu sebetulnya sebuah usaha menuju kedekatan personal bersama masyarakat. Bukan sebuah usaha menuju penyebaran pesona diri yang hebat dan penuh antusiasme. baginya mendekatkan diri kepada masyarakat bukan berarti menjadi golongan yudaisme yang struktur untuk saling menjatuhkan sesama petarung. petarung sejati tentunya bertarung gagasan dan konsep serta optimisme diri yang mapan di hadapan masyarakat.

Bertemu dan siap mendengar langsung aspirasi masyarakat adalah niat dasar yang membuat Ben Isidorus berani bertarung dalam lembaga legislatif. Ben Isidorus, merasa terpanggil untuk menjadi jembatan aspirasi masyarakat, sehingga niat dan usahanya tidak pernah mengkhianati proses.

Beliau berprinsip menjadi seorang DPR itu bukan berorientasi untuk menambah pembengkakan material, tetapi beliau konsisten dan berprinsip untuk benar-benar memperjuangkan aspirasi rakyat. Kita bisa temukan perjuangan seorang pribadi yang sederhana itu dalam setiap jejaknya untuk mencari dukungan masyarakat. (Sumber: Pos Kupang)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkait

Sosok Mayjen Gabriel Lema, Putra NTT Berprestasi yang Kini Jabat Asops Panglima TNI
Kisah Hidup Kombes Pol Alfons Loemau, dari Terhina Menjadi Kebanggaan
Sosok Ardy Mbalembout: Advokat dan Pejuang Sosial, Caleg DPR RI Dapil NTT 1
Jejak Ignas Kleden: Dari ‘Kenakalan’ di Seminari menuju Karir Intelektual Cemerlang
Sosok Faldo Payon, Pelatih Muda Basket Berbakat Asal NTT
Profil Clara Wirianda, TikToker Cantik yang Disebut Selingkuhan Bobby Nasution
Hana Rawhiti, Anggota Parlemen Termuda Selandia Baru yang Menginspirasi Generasi Muda
Profil Rudi Rohi, Panelis Debat Capres dari Undana Kupang
Berita ini 27 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 23 Februari 2024 - 18:52 WIB

Musik Kencang Ganggu Warga, Warkop Dekat Polres Mabar di Labuan Bajo Ditegur Polisi

Jumat, 23 Februari 2024 - 18:16 WIB

Kemenparekraf Gelar Rakornas Pemasaran Pariwisata di Pontianak, Dorong Sinergi dan Inovasi Menuju Target 2024

Jumat, 23 Februari 2024 - 07:56 WIB

Perpres Publisher Rights Atur Kerja Sama Publisher dan Platform Media Sosial

Jumat, 23 Februari 2024 - 06:56 WIB

Perpres Publisher Rights hanya Berlaku untuk Perusahaan Media yang Tercatat di Dewan Pers

Jumat, 23 Februari 2024 - 06:35 WIB

Ratusan Rumah Rusak Akibat Angin Puting Beliung di Bandung dan Sumedang

Kamis, 22 Februari 2024 - 22:25 WIB

Potret Siswa SMA Papua ‘Trada Kata Terlambat’ untuk Sekolah Tuai Pujian Netizen

Kamis, 22 Februari 2024 - 21:26 WIB

Hantam Rancaekek Bandung, Kenali Beda Kekuatan Tornado dan Angin Puting Beliung

Kamis, 22 Februari 2024 - 18:04 WIB

NTT Mulai Terapkan Program Makan Siang Gratis untuk Pelajar SMA dan Guru

Berita Terbaru