Mcd Indonesia Raih LPPOM MUI Halal Award 2023 di Tengah Isu Pro Israel

Jumat, 17 November 2023 - 21:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

McDonald’s Indonesia mendapatkan penghargaan Longlife Achievement untuk kategori Food Services-Food dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Foto: Mcd Indonesia

McDonald’s Indonesia mendapatkan penghargaan Longlife Achievement untuk kategori Food Services-Food dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Foto: Mcd Indonesia

Jakarta – Belakangan ini, restoran cepat saji McDonald’s atau Mcd menjadi sorotan konsumen yang merencanakan boikot akibat pemberian makanan gratis kepada tentara Israel. McDonald’s, bersama dengan merek ternama lainnya seperti Disney dan Starbucks, masuk dalam dalam gerakan Boikot, Divestasi, Sanksi (BDS) yang bertujuan memberikan tekanan ekonomi kepada Israel untuk memberikan hak yang setara kepada Palestina.

Mcd Indonesia, sebagai pemegang lisensi untuk merek McDonald’s di negara ini, dengan tegas menyatakan ketidakterlibatannya dalam aksi pemberian dukungan yang diperdebatkan tersebut.

Associate Director of Communications Mcd Indonesia, Meta Rostiawati, menekankan bahwa Mcd Indonesia adalah perusahaan swasta nasional yang sepenuhnya dimiliki oleh pengusaha Indonesia, dengan jumlah karyawan lebih dari 16.000 tenaga kerja lokal.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

“McDonald’s Indonesia merupakan entitas yang beroperasi secara independen dan tidak terafiliasi dengan kegiatan operasional maupun keputusan McDonald’s di negara lain, termasuk McDonald’s Israel,” kata Meta dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Mcd Indonesia, kata Meta, menyatakan sangat prihatin melihat eskalasi konflik baru-baru ini di Timur Tengah.

“Sebagai pemegang waralaba yang memiliki peran dalam mengembangkan jaringan McDonald’s di Indonesia, simpati kami tujukan kepada para korban, keluarga mereka, dan komunitas yang terdampak,” tutur dia.

Pihaknya berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, menyajikan makanan dengan kualitas terdepan, dan memberikan manfaat yang besar bagi komunitas sekitar dan masyarakat Indonesia.

Baca Juga:  Purnawirawan TNI-Polri Deklarasikan Dukungan untuk Ganjar-Mahfud

“Kami akan terus berupaya menjadi bagian yang positif dari komunitas di mana kami beroperasi. Dedikasi kami sepenuhnya difokuskan untuk memberikan pengalaman McDonald’s yang disukai dan dipercaya pelanggan,” urai Meta.

Raih LPPOM MUI Halal Award 2023

Meski diterpa isu boikot, Mcd Indonesia baru-baru ini ternyata meraih penghargaan Longlife Achievement dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) untuk kategori Food Services – Food di tahun 2023.

Mengutip laman resminya, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas komitmen McDonald’s Indonesia sebagai mitra terlama LPPOM MUI yang secara konsisten memegang sertifikat Sistem Jaminan Halal (SJH) A sejak tahun 1994.

Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, pada acara puncak penganugerahan pemenang LPPOM MUI Halal Award 2023 pada awal September 2023.

Penghargaan ini menegaskan dedikasi McDonald’s Indonesia dalam menghadirkan produk halal berkualitas yang memberikan dampak positif pada masyarakat.

Klarikasi MUI

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI)menyatakan pihaknya tidak pernah merilis daftar produk dari perusahaan-perusahaan yang terafiliasi atau produk pro Israel. Dalam keterangan pers, MUI juga menyatakan tidak berhak untuk mencabut produk-produk yang sudah bersertifikasi halal.

Baca Juga:  Survei Litbang Kompas: Skor Debat Ganjar Ungguli Prabowo, Anies di Puncak

“Sehubungan dengan banyaknya berseliweran nama-nama produk pro Israel atau merek yang terafiliasi dengan negara tersebut, maka MUI perlu menjelaskan bahwa MUI tidak pernah mengeluarkan daftar produk dari perusahaan-perusahaan yang mendukung dan atau terafiliasi mendukung israel,” kata Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 15 November 2023.

Menurut Buya Anwar, sapaan akrab Anwar Abbas, MUI tidak mengeluarkan Fatwa haram untuk produk yang terafiliasi dengan Israel. Tetapi mengharamkan tindakan mendukung Israel yang saat ini terus menjajah Palestina.

Oleh karena itu, kata dia, apabila ada perusahaan di Indonesia yang mendukung tindakan atau terafiliasi Israel, maka wajib hukumnya untuk mengingatkan. Bahwa tindakan yang dilakukan salah.

“Karena selain bertentangan dengan ajaran agama, juga bertentangan dengan konstitusi negara kita. Di mana dalam mukadimah UUD 1945 di alinea pertama dikatakan bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa,” kata dia.

MUI mengimbau umat agar mendukung perjuangan rakyat Palestina dan berbuat semaksimal mungkin untuk menghindari transaksi serta penggunaan produk yang dibuat atau terafiliasi dengan Israel

“Tetapi jika ternyata perusahaan tersebut tidak mendukung tindakan Israel yang biadab tersebut, maka fatwa ini tentu tidak berlaku untuk produk-produk mereka,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Edeline Wulan

Editor : Alex K

Berita Terkait

Indonesia Timur Bangkit: Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi Didukung Investasi Infrastruktur
Pemprov NTT Fasilitasi Pendaftaran Merek Dagang bagi 125 Pelaku UMK
BPOLBF Gaet Eiger dan Dusit Internasional, Raup Komitmen Investasi Rp250 M untuk Parapuar
Data Dinas Peternakan: 10 Kecamatan di Rote Ndao NTT Ternak Kuda
Gandeng TikTok, BPOLBF Gelar KONTRAS di Taman Parapuar, Dorong Kolaborasi dan Kreativitas Komunitas Labuan Bajo
Pedagang Tolak Beras SPHP Bulog, Jadi Kendala Penurunan Harga Beras
Dorong Ekonomi Nasional, Pemerintah Gelar F1 Powerboat dan Kembangkan Desa Wisata di Danau Toba
Bulog NTT Pastikan Beras SPHP Tersedia di Pasar Ritel Modern Kupang, Stok Aman hingga Lebaran
Berita ini 103 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 28 Februari 2024 - 22:29 WIB

Meninggal Dunia, Ini Kesan Andreas Pareira tentang Sosok Marselis Sarimin

Rabu, 28 Februari 2024 - 15:32 WIB

Warga Sumba Kerap Bikin Ulah di Bali, Tetua: Fokus Cari Makan, Jangan Kayak Orang Hebat!

Rabu, 28 Februari 2024 - 12:54 WIB

Komisi II DPR Sebut Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar pada November

Selasa, 27 Februari 2024 - 13:06 WIB

22 Titik Bencana Landa Manggarai Barat di Februari 2024, Warga Diminta Waspada

Selasa, 27 Februari 2024 - 12:38 WIB

Wolobobo Ngada Festival Masuk KEN 2024, Fokus Promosi Kopi Arabika Bajawa

Selasa, 27 Februari 2024 - 11:37 WIB

HUT ke-21 Manggarai Barat: Impian ‘Mabar Mantap’ hanya Jadi Pemanis Kampanye

Selasa, 27 Februari 2024 - 09:54 WIB

Dulu Berjaya Kini Layu Menguning Terkena Penyakit, Jerit Petani Pisang di Manggarai Barat

Sabtu, 24 Februari 2024 - 12:39 WIB

Layanan Transportasi Online Maxim Hadir di Lobalain, Rote Ndao NTT

Berita Terbaru