Sinopsis Film Sound of Freedom, Misi Penyelamatan Anak Budak Seks dan Konspirasi QAnon

Minggu, 26 November 2023 - 19:08 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rocio dan adiknya Miquel dalam film Sound of Freedom. Foto: Angel Studio

Rocio dan adiknya Miquel dalam film Sound of Freedom. Foto: Angel Studio

JakartaSinopsis film Sound of Freedom. Ini adalah sebuah film thriller kriminal Amerika Serikat tahun 2023 yang disutradarai dan ditulis oleh Alejandro Monteverde, dan dibintangi oleh Jim Caviezel, Mira Sorvino, dan Bill Camp.

Caviezel berperan sebagai Tim Ballard, seorang mantan agen pemerintah Amerika Serikat yang memulai sebuah misi untuk menyelamatkan anak-anak dari perdagangan seks di Kolombia. Kelak, ia mendirikan Operation Underground Railroad (OUR), sebuah lembaga nirlaba yang bertujuan untuk menyelamatkan korban perdagangan manusia.

Jim Caviezel merupakan aktor Amerika yang memerankan Yesus dalam film Mel Gibson pada 2004, “The Passion of the Christ.” Menurut deskripsi film dari Angel Studios, film tersebut menggambarkan pengejaran keadilan tanpa henti oleh Ballard dalam mengungkap sisi gelap dari kejahatan global.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Film ini diproduseri oleh Eduardo Verástegui, yang juga berperan dalam film ini. Plot film ini berpusat di sekitar Operation Underground Railroad milik Ballard, sebuah organisasi anti-perdagangan seks.

Film Sound of Freedom. Foto: Vox
Film Sound of Freedom. Foto: Vox

Film ini dirilis pada 4 Juli 2023 oleh Angel Studios. Film ini merupakan film yang sukses besar, menjadi salah satu film independen tersukses dalam sejarah. Film ini meraup $247 juta dengan anggaran $14,5 juta.

Angka ini melampaui pendapatan film “Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One”. Film Sound of Freedom pun disebut menempati posisi ketiga dalam pendapatan di belakang raksasa “Barbenheimer”.

Film ini mendapat ulasan yang beragam dari para kritikus, sementara penerimaan penonton sangat positif.

Selain itu, film Sound of Freedom menarik banyak perhatian karena hubungannya dengan teori konspirasi QAnon. Tentang apa itu konspirasi QAnon, akan dibahas setelah alur atau sinopsis film Sound of Freedom ini.

Alur Cerita

Alur cerita film “Sound of Freedom” dimulai dengan kasus tragis di Tegucigalpa, Honduras, di mana Roberto Aguilar, seorang ayah dari dua anak, Rocío dan Miguel, jatuh dalam perangkap perdagangan anak. Mereka didekati oleh Giselle, seorang mantan ratu kecantikan yang menawarkan kesempatan sebagai model anak-anak. Namun, anak-anak tersebut diculik dan dijual untuk menjadi budak seks.

Di sisi lain, Tim Ballard, seorang Agen Khusus untuk Investigasi Keamanan Dalam Negeri (HSI), terlibat dalam menangkap para pelaku perdagangan manusia dan pederasta. Meskipun berhasil menangkap banyak pemangsa anak, Tim merasa tidak puas karena belum mampu menyelamatkan satu pun korban dari eksploitasi ini.

Ketika Tim berhasil menangkap seorang pria yang membeli Miguel, adik Rocío, dia menyadari bahwa kakak perempuan dari bocah tersebut masih hilang. Miguel pun memberikan kalung Santo Timotius miliknya kepada Tim sebagai permohonan pertolongan untuk menyelamatkan Rocío.

Baca Juga:  Momen Mesra Anies dan Ganjar Berbalas Pesan Selamat Ulang Tahun, Netizen: Kode Apa Ini?
Miquel dan Tim di Sound of Freedom
Miquel dan Tim Ballard di Sound of Freedom. Foto: Angel Studio

Tim kemudian bertemu dengan Vampiro, seorang mantan anggota kartel narkoba yang berubah menjadi penyelamat anak-anak. Bersama dengan bantuan seorang perwira polisi bernama Jorge dan seorang warga kaya bernama Paulo Delgado, Tim merencanakan operasi penyelamatan besar-besaran.

Mereka membuat rencana untuk menyusup ke dalam sebuah klub seks anak di Thailand sebagai kedok operasi penyelamatan anak-anak Giselle. Meskipun awalnya terhalang oleh masalah dana, Tim berusaha dan berhasil mendapatkan bantuan dari Kedutaan Besar AS di Kolombia untuk melanjutkan operasi ini.

Dalam operasi penyelamatan yang berbahaya itu, mereka berhasil menyelamatkan 54 anak dari perdagangan manusia. Namun, Rocío, kakak perempuan Miquel, tidak termasuk di antara anak-anak yang berhasil diselamatkan.

Setelah penyelidikan lebih lanjut, Tim mengetahui bahwa Rocío telah dijual kepada kelompok pemberontak Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia dan ditahan di wilayah alam Amazon yang sangat berbahaya.

Tim, dengan bantuan Vampiro, Jorge, dan bantuan dari pemerintah Kolombia, memutuskan untuk menyamar sebagai dokter untuk membebaskan Rocío.

Dalam misi penyelamatan yang penuh risiko itu, Tim berhasil masuk ke wilayah musuh dan berhasil membebaskan Rocío, meskipun harus menghadapi tantangan besar saat dipaksa membunuh pemimpin pemberontak untuk melindungi Rocío.

Pemeran Rocio dalam Sound of Freedom
Pemeran Rocio dalam Film Sound of Freedom. Foto: Angel Studio

Akhirnya, Tim berhasil membawa Rocío kembali ke keluarganya, memberikan kebebasan pada gadis tersebut, serta memberikan harapan baru untuk masa depannya dan keluarganya.

Dengan berani bersaksi di depan Kongres Amerika Serikat, Tim menginspirasi perubahan legislatif yang penting dalam upaya untuk memerangi perdagangan seks dan menekankan pentingnya kerja sama internasional dalam menyelidiki kasus ini.

Penutup film menyoroti bahwa perbudakan modern masih menjadi masalah global yang besar, dan perjuangan untuk membebaskan korban-korban ini masih berlangsung.

Kontoversi QAnon

QAnon adalah sebuah teori konspirasi yang secara eksplisit menyebutkan bahwa terdapat plot rahasia yang melibatkan sekelompok elit yang mengontrol dunia dan terlibat dalam praktik kejahatan seksual terhadap anak-anak.

Teori ini muncul secara online pada tahun 2017, didorong oleh serangkaian pesan anonim yang muncul di forum internet 4chan, yang mengklaim dirinya memiliki akses ke informasi rahasia pemerintah AS.

Salah satu klaim utama dari teori ini adalah bahwa terdapat “deep state” atau pemerintahan bayangan yang mencoba menggulingkan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Selain itu, QAnon juga menyebutkan adanya kelompok-kelompok elit yang disebut “cabal” atau “kekaisaran jahat” yang dituduh melakukan praktik pedofilia, perdagangan anak, dan konspirasi global lainnya.

Baca Juga:  Sinopsis Drakor 'Doctor Slump', Kisah Dua Dokter yang Terjebak dalam Situasi Sulit

Penganut teori ini, yang disebut “pengikut QAnon” atau “Anon”, percaya bahwa ada seseorang yang disebut “Q” yang memberikan petunjuk atau “petunjuk Q” melalui pesan-pesan anonim tersebut, yang dianalisis dan diinterpretasikan oleh para pengikut untuk mengungkap “kebenaran” di balik teori konspirasi ini.

Sejak munculnya, QAnon telah menarik perhatian besar di media sosial dan mendapat dukungan dari sebagian orang yang percaya pada teori konspirasi tersebut.

Meskipun banyak klaim dalam teori ini tidak didasarkan pada bukti yang jelas dan sering kali bersifat spekulatif, pengikut QAnon terus mempromosikan dan menyebarkan pandangan mereka, yang pada beberapa kasus telah menyebabkan insiden kekerasan dan ketegangan sosial.

Perlu diketahuu, Monteverde mulai menulis skenario film ini setelah terinspirasi oleh segmen berita yang mengungkapkan perdagangan anak. Awalnya, film ini direncanakan sebagai karya fiksi tentang seseorang yang menyelamatkan anak-anak dari perdagangan manusia.

Namun, ketika Monteverde mengetahui tentang Ballard dan OUR, ia memutuskan untuk menyesuaikan skenario filmnya dengan kisah nyata penyelamatan anak-anak di Kolombia oleh OUR.

Film ini seharusnya dirilis segera setelah selesai diproduksi, tetapi kehilangan distributor setelah Disney mengakuisisi 21st Century Fox pada tahun 2019. Akhirnya, film ini diambil oleh Angel Studios pada tahun 2023 untuk dirilis di bioskop di seluruh Amerika Serikat.

Namun, sebelum perilisan film ini, beberapa laporan investigasi mulai muncul yang menimbulkan kontroversi terkait aktivitas dan tujuan Ballard dan OUR. Ada klaim bahwa OUR lebih memperbesar pencapaian mereka dan mendapatkan dana daripada menjadi pusat perjuangan internasional melawan perdagangan manusia. Meskipun demikian, film ini tidak memasukkan klaim kontroversial ini ke dalam narasinya.

Kemudian, film ini menarik perhatian kelompok teori konspirasi QAnon karena klaim mereka tentang perdagangan anak. Klaim ini mengarah pada penggunaan tagar #SaveTheChildren dan meningkatnya minat pada teori-teori konspirasi oleh pengikut QAnon.

Jim Caviezel, pemeran utama dalam film ini, telah dikaitkan dengan beberapa keyakinan QAnon dalam beberapa pernyataan publiknya.

Sebagai akibat dari kontroversi ini dan pernyataan-pernyataan Caviezel, film ini menjadi terkenal karena potensinya untuk memperkuat dan menggambarkan keyakinan teori konspirasi QAnon yang tidak berdasar. Terlepas dari kontroversi ini, film ini diharapkan menjadi sorotan dan menimbulkan perdebatan terkait naratifnya dan dampaknya dalam memperkuat teori konspirasi tertentu.

Nah, demikianlah sinopsis film Sound of Freedom. Semoga terhibur!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Edeline Wulan

Editor : Marcel Gual

Berita Terkait

Link Nonton Film No Way Up Full Movie Sub Indo, Bukan LK21
Link Nonton Film Kungfu Panda 4 Full Movie HD
Gratis! Link Nonton Film Bob Marley: One Love Full Movie Bukan LK21
Link Film Pasar Setan Full Movie! Bukan LK21 atau Rebahin
Link Nonton Film Miller’s Girl Full HD Bukan LK21 dan Rebahin
Gratis! Link Nonton Film Agak Laen Full Movie
Gratis! Link Nonton Film Pemandi Jenazah Bukan LK21 Rebahin
Gratis! Link Nonton Film Exhuma Sub Indo Pengganti LK21
Berita ini 160 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 5 Maret 2024 - 12:08 WIB

Potensi Ridwan Kamil Maju di Pilkada DKI Jakarta

Senin, 4 Maret 2024 - 16:28 WIB

PSI Jadi Bulan-bulan Netizen, Partai Salah Input Trending di X

Sabtu, 2 Maret 2024 - 11:44 WIB

KPU: Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar 27 November

Jumat, 1 Maret 2024 - 10:36 WIB

MK: Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar November, Tak Boleh Diubah!

Kamis, 29 Februari 2024 - 13:48 WIB

Sidang Kabinet Bahas Program Makan Siang Gratis, TPN: Aneh, Janji Prabowo Dibayar Jokowi

Kamis, 29 Februari 2024 - 13:31 WIB

Connie Bakrie Soroti Dasar Hukum Jokowi Beri Gelar Jenderal Kehormatan kepada Prabowo

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:24 WIB

KPK Belum Ambil Sikap Terhadap Program Makan Siang Gratis

Rabu, 28 Februari 2024 - 13:54 WIB

Koalisi Masyarakat Sipil Kecam Pemberian Gelar Jenderal Kehormatan kepada Prabowo

Berita Terbaru

Cara Melacak Nomor HP Tanpa Aplikasi

Tips & Trick

Terbongkar! Cara Melacak Nomor HP Penipu Tanpa Aplikasi

Selasa, 5 Mar 2024 - 15:06 WIB

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama Presiden Jokowi di IKN. Foto: Twitter AHY

Nasional

AHY Ngaku Dapat Arahan Khusus Jokowi Siapkan Lahan IKN

Selasa, 5 Mar 2024 - 14:21 WIB