Soal Hasil Survei Terbaru Litbang Kompas, Timnas AMIN: Jelas Rekam Jejak dan Prestasinya!

Senin, 11 Desember 2023 - 14:37 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Survei terbaru Litbang Kompas menempatkan AMIN kedua di bawah Prabowo-Gibran, namun unggul di atas Ganjar-Mahfud.  Foto: Capres dan cawapres Anies Baswedan dan Cak Imin (AMIN) di Sidoarjo, Jawa Timur (Tajukflores.com/Twitter)

Survei terbaru Litbang Kompas menempatkan AMIN kedua di bawah Prabowo-Gibran, namun unggul di atas Ganjar-Mahfud. Foto: Capres dan cawapres Anies Baswedan dan Cak Imin (AMIN) di Sidoarjo, Jawa Timur (Tajukflores.com/Twitter)

Jakarta – Timnas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) menyambut baik hasil survei terbaru yang dipublikasikan oleh Litbang Kompas. Meskipun masih berada di urutan kedua dari tiga pasangan calon presiden-wakil presiden, AMIN menunjukkan peningkatan elektabilitas yang cukup positif, yaitu sebesar 16,7 persen.

Diketahui, hasil survei terbaru Litbang Kompas menunjukkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di urutan pertama dengan elektabilitas 39,3 persen suara, menyusul Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 16,7 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 15,3 persen. Sementara itu, pemilih yang masih bimbang (undecidedvoters) mencapai 28,7 persen.

Survei ini diklaim dilakukan secara tatap muka pada 29 November-4 Desember 2023 terhadap 1.364 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada tingkat kepercayaan 95 persen, dan margin of error penelitian ini kurang lebih  2,65 persen.

“Alhamdulillah, kami tentunya bersyukur walau (elektabilitas naik) secara perlahan. Tapi kesadaran masyarakat untuk memilih pemimpin yang jelas rekam jejak dan prestasinya serta terang visi misinya semakin menjadi pilihan rakyat. Dan itu hanya ada pada Anies-Muhaimin,” kata Juru Bicara Timnas AMIN, Sahrin Hamid dalam keterangannya pada Senin, 11 Desember 2023.

Baca Juga:  Cak Imin Janji Kembangkan Wisata Halal, Pastikan Tidak Ada Wisata Haram

Sahrin menekankan bahwa pasangan AMIN memiliki keunggulan dalam dukungan dari masyarakat terdidik dan perkotaan. Fakta ini juga dibuktikan dengan temuan survei Litbang Kompas yang menunjukkan AMIN hanya unggul di DKI Jakarta dengan tingkat keterpilihan sebesar 28,6 persen.

Peningkatan ini menjadi dorongan bagi pendukung AMIN untuk lebih giat memperluas basis pemilih mereka, termasuk di pedesaan dan kalangan masyarakat berpenghasilan rendah. Sahrin menegaskan bahwa tim kampanye akan bekerja keras dalam dua bulan terakhir menuju pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

“Ini tentunya menjadi PR bagi kami Tim Anies dan bagi kekuatan Gerakan Rakyat di seluruh Indonesia agar lebih lagi melakukan penetrasi teritori dan lapisan grassroot, akar rumput rakyat Indonesia,” katanya.

Sahrin juga optimistis bahwa pasangan AMIN yang didukung oleh Koalisi Perubahan ini pada akhirnya akan mampu unggul. Terlebih lagi, survei Litbang Kompas menunjukkan bahwa ada sekitar 28,7 persen pemilih yang masih bimbang atau belum memutuskan pilihan.

Baca Juga:  Anggota Dewas KPK Artidjo Alkostar Meninggal Dunia

“Pemilih bimbang yang mencapai 28,7 persen merupakan potensi pemilih AMIN. Mereka ini tak menginginkan politik dinasti, tak menginginkan hukum dikebiri, tak ingin melanjutkan rezim harga pangan mahal dan lapangan kerja susah,” ujarnya.

Sahrin menambahkan bahwa debat calon presiden-wakil presiden serta pemahaman tentang rekam jejak dan visi capres akan menjadi faktor penting dalam membantu pemilih yang bimbang tersebut, dan juga akan memantapkan pilihan mereka pada pasangan AMIN.

Peningkatan kesadaran dan gerakan rakyat dianggapnya mampu mengatasi rezim otoriter dan antirakyat.

“Kami yakin bahwa seiring berjalannya waktu, kebimbangan akan berubah menjadi keyakinan yang muncul dari kesulitan masyarakat sehingga akan menjadi dorongan untuk membangun kekuatan rakyat dalam berbagai bentuk aksi, seperti spanduk, posko TPS, dan dapur rakyat, guna meraih kemenangan pada 14 Februari 2024 melalui terpilihnya Anies Muhaimin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Reynald Umbu

Editor : Marcel Gual

Berita Terkait

AHY Ngaku Dapat Arahan Khusus Jokowi Siapkan Lahan IKN
Hak Angket Dugaan Kecurangan Pemilu 2024 Menggema di Rapat Paripurna DPR
BPOLBF Gandeng Bandara Komodo Genjot Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo dan Flores
Tingkatkan Keselamatan Pelayaran, KSOP Labuan Bajo Gelar Diklat BST untuk Masyarakat
Potensi Ridwan Kamil Maju di Pilkada DKI Jakarta
Polri Rekrut 10.000 Orang untuk Memperkuat Keamanan di Papua
Kemenko PMK Usulkan Skema Besaran Bansos Berdasarkan Wilayah
Demo di DPR Hari Ini, Polri Turunkan 3.929 Personel
Berita ini 92 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 5 Maret 2024 - 12:08 WIB

Potensi Ridwan Kamil Maju di Pilkada DKI Jakarta

Senin, 4 Maret 2024 - 16:28 WIB

PSI Jadi Bulan-bulan Netizen, Partai Salah Input Trending di X

Sabtu, 2 Maret 2024 - 11:44 WIB

KPU: Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar 27 November

Jumat, 1 Maret 2024 - 10:36 WIB

MK: Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar November, Tak Boleh Diubah!

Kamis, 29 Februari 2024 - 13:48 WIB

Sidang Kabinet Bahas Program Makan Siang Gratis, TPN: Aneh, Janji Prabowo Dibayar Jokowi

Kamis, 29 Februari 2024 - 13:31 WIB

Connie Bakrie Soroti Dasar Hukum Jokowi Beri Gelar Jenderal Kehormatan kepada Prabowo

Kamis, 29 Februari 2024 - 12:24 WIB

KPK Belum Ambil Sikap Terhadap Program Makan Siang Gratis

Rabu, 28 Februari 2024 - 13:54 WIB

Koalisi Masyarakat Sipil Kecam Pemberian Gelar Jenderal Kehormatan kepada Prabowo

Berita Terbaru

Cara Melacak Nomor HP Tanpa Aplikasi

Tips & Trick

Terbongkar! Cara Melacak Nomor HP Penipu Tanpa Aplikasi

Selasa, 5 Mar 2024 - 15:06 WIB

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama Presiden Jokowi di IKN. Foto: Twitter AHY

Nasional

AHY Ngaku Dapat Arahan Khusus Jokowi Siapkan Lahan IKN

Selasa, 5 Mar 2024 - 14:21 WIB