Tips Pilih Jurusan Kuliah bagi Gen Z di Tahun 2024, Jangan Salah Langkah!

Rabu, 6 Desember 2023 - 20:36 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tips pilih jurusan kuliah tahun 2024 bagi Gen Z. Foto ilustrasi

Tips pilih jurusan kuliah tahun 2024 bagi Gen Z. Foto ilustrasi

Tajukflores.com – Artikel ini membahas tips pilih jurusan kuliah bagi Gen Z di tahun 2024. Memilih jurusan kuliah seringkali menjadi momen OVT bagi Gen Z yang akan melangkah ke jenjang pendidikan tinggi. Ada begitu banyak jurusan yang tersedia, tetapi bagaimana cara menentukan jurusan yang tepat?

Masih banyak pertanyaan lain terkait dunia mahasiswa yang mungkin belum kita ketahui jawabannya dengan pasti.

“Jurusan mana yang seharusnya saya ambil?” Pertanyaan ini mungkin terus berkecamuk di benak kita. Sebelum mencari jawabannya, mari kita telaah dari mana pertanyaan ini berasal.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebagian dari kita mungkin belum sepenuhnya mengenal semua jurusan yang ada di dunia kuliah. Ada pula yang sudah memiliki beberapa pilihan, tapi kebingungan untuk menentukan satu jurusan yang ingin diambil. Bahkan ada yang merasa galau karena harus memilih antara jurusan yang diinginkan sendiri atau pilihan orang tua.

Meskipun situasinya berbeda-beda, inti dari pertanyaan tersebut tetap sama, “Jurusan mana yang seharusnya saya ambil?” Berikut adalah tiga tips pilih jurusan kuliah yang mungkin bisa membantu menemukan jawabannya. Mari kita simak bersama!

1. Memahami Minat dan Bakat yang Dimiliki

Ketika dihadapkan pada pilihan jurusan kuliah, baik itu dari orang tua atau pilihan pribadi, kita membutuhkan alasan yang kuat untuk membuat keputusan.

Memilih jurusan kuliah tentu berbeda dengan memilih menu makanan atau tema ponsel yang bisa kita ubah sewaktu-waktu. Ketika kita salah memilih jurusan, pindah jurusan tidak semudah itu.

Maka dari itu, penting untuk memahami minat dan bakat kita sendiri. Cara terbaik dalam memilih jurusan kuliah adalah dengan memahami diri terlebih dahulu, terutama bakat, minat, dan kemampuan yang kita miliki.

Baca Juga:  Cara Memeriksa Keaslian Tiket Konser Coldplay di Jakarta dan Syarat Pindah Tangan Tiket

Dengan memahami kelebihan dan kelemahan diri sendiri, kita bisa lebih siap menghadapi berbagai tantangan selama kuliah.

2. Lakukan Riset Terhadap Jurusan-Jurusan Pilihan

Bagaimana jika kita sama sekali tidak memiliki gambaran tentang jurusan kuliah yang tersedia? Atau kita punya banyak pilihan jurusan dan bingung memilih yang mana? Cara terbaik untuk menentukan jurusan yang tepat adalah dengan melakukan riset.

Riset tidak harus sulit dilakukan. Jika punya beberapa pilihan jurusan, kita bisa melihat satu per satu dan membandingkannya. Pelajari bidang ilmunya, lihat prospek karirnya, dan pertimbangkan apakah itu sesuai dengan minat kita.

Misalnya, jika tertarik dengan sains dan teknologi, kita bisa mempertimbangkan jurusan-jurusan tersebut di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Tingkatkan pengetahuan kita dengan mencari informasi dari berbagai sumber. Semakin banyak informasi yang kita dapat, semakin baik.

3. Konsultasi dengan Ahli atau Profesional di Bidangnya

Risetmu bisa lebih lengkap dengan bertanya langsung pada orang-orang yang berpengalaman di bidangnya, baik mereka alumni atau praktisi. Mendengar pengalaman langsung dari mereka yang sudah bekerja di bidang tersebut akan memberi kita pandangan yang lebih jelas.

Jika tidak punya akses ke profesional di bidang yang diinginkan, kita bisa mencari nasihat dari psikolog pendidikan atau Guru BK di sekolah. Diskusi dengan mereka bisa memberikan sudut pandang baru atau informasi yang berguna.

Pahami Keuntungan dan Konsekuensi Pilihan

Setelah melalui tiga langkah tersebut, kita mungkin sampai pada satu pilihan. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada pilihan yang sempurna. Bahkan jika kita merasa sudah menemukan jurusan yang ‘sesuai’, pasti ada kekurangan yang harus ditoleransi. Hidup tidak pernah sempurna, begitu juga dengan pilihan jurusan kuliah.

Baca Juga:  13 Rekomendasi Situs Website untuk Mahasiswa dalam Mengerjakan Tugas Kuliah

Misalnya, jurusan A mungkin sesuai dengan minat kita, tetapi prospek kerjanya kurang menarik. Di sisi lain, jurusan B mungkin memiliki prospek karir yang menjanjikan, tetapi bidang ilmunya kurang menarik bagi kita. Tidak ada pilihan yang akan membuat semua orang puas. Yang penting adalah memahami konsekuensi dari setiap pilihan yang kita buat.

Pantangan dalam Memilih Jurusan

Dalam memilih jurusan, ada beberapa hal yang perlu dihindari. Pertimbangan ini bisa membantu kita untuk membuat keputusan yang lebih baik.

  1. Jangan mengikuti opini mayoritas: Beberapa jurusan tertentu sering dianggap ‘prospek’ karena bidangnya, tetapi pada kenyataannya dunia kerja tidak selalu sesuai dengan bidang studi.
  2. Jangan hanya melihat nilai rapor: Meskipun nilai akademik penting, namun nilai rapor bukan satu-satunya faktor dalam memilih jurusan. Ada banyak aspek lain yang perlu dipertimbangkan.
  3. Jangan abaikan bakat dan minat: Jangan memilih hanya berdasarkan nilai rapor, tapi juga mempertimbangkan bakat dan minat kita sendiri.
  4. Jangan memilih tanpa riset yang cukup: Banyak mahasiswa yang merasa ‘salah jurusan’. Oleh karena itu, riset yang cukup adalah kunci untuk membuat keputusan yang tepat.

Dari ulasan di atas, sekarang apakah kita sudah memiliki gambaran lebih jelas tentang jurusan mana yang harus diambil? Yang penting, jangan sampai memilih hanya untuk menyesuaikan dengan orang lain, tetapi pilihlah berdasarkan pemahaman dan keinginan kita sendiri.

Nah, demikianlah tips dalam pilih jurusan kuliah bagi Gen Z. Semoga bermanfaat!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Rini Kurniati

Editor : Edeline Wulan

Berita Terkait

Terbongkar! Cara Melacak Nomor HP Penipu Tanpa Aplikasi
Cara dan Persyaratan Pinjam Uang di BPJS Ketenagakerjaan hingga Rp 25 Juta
Link dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub Motis 2024
Cara Membuat Password Pada File Zip di Windows 10
Gratis! Download Adobe Photoshop 2022 Full Version 64 Bit
Cara Pinjam Uang di Pegadaian Tanpa Jaminan Sertifikat, Cair Rp 15 Juta
Cara Ampuh Mengeringkan HP Android dan iPhone Basah, Bukan Pakai Beras!
Cara Pinjam Uang KUR Mandiri 2024 Tanpa Jaminan, Ini Syaratnya!
Berita ini 63 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 5 Maret 2024 - 13:50 WIB

Daftar Username dan Password Router Indihome Terbaru 2024

Minggu, 4 Februari 2024 - 08:20 WIB

Review Logitech MX Mechanical Mini: Keyboard Minimalis dengan Performa Premium

Selasa, 30 Januari 2024 - 18:23 WIB

Mengenali SEO dan Manfaatnya dalam Meningkatkan Traffic Website

Sabtu, 27 Januari 2024 - 18:25 WIB

Instagram Luncurkan Fitur Flipside, Solusi untuk Berbagi Konten Pribadi

Jumat, 26 Januari 2024 - 18:41 WIB

Pekerja Gig Butuh Alat Cek Tarif Layak untuk Melawan Gaji Rendah dan Tak Pasti

Minggu, 21 Januari 2024 - 10:30 WIB

Malware Android TV Marak, Waspada Serangan Siber

Sabtu, 20 Januari 2024 - 12:06 WIB

Perbedaan HDD dan SSD yang Perlu Anda Ketahui

Kamis, 18 Januari 2024 - 18:15 WIB

Samsung Galaxy S24 Hadir di Indonesia, Harga HP AI Mulai Rp13,9 Juta

Berita Terbaru

Cara Melacak Nomor HP Tanpa Aplikasi

Tips & Trick

Terbongkar! Cara Melacak Nomor HP Penipu Tanpa Aplikasi

Selasa, 5 Mar 2024 - 15:06 WIB