10 Film Inspiratif untuk Menyambut Hari Kartini

Sabtu, 20 April 2024 - 19:58 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

10 Film Inspiratif untuk Menyambut Hari Kartini

10 Film Inspiratif untuk Menyambut Hari Kartini

Tajukflores.com – Artikel ini merekomendasikan 10 film yang cocok ditonton dalam memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April.

Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, merupakan momen untuk mengenang perjuangan R.A. Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia.

Semangat Kartini yang gigih dan pantang menyerah dalam memperjuangkan hak-hak perempuan, patutlah kita teladani.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Salah satu cara untuk memperingati Hari Kartini dan meneladani semangatnya adalah dengan menonton film-film inspiratif yang mengangkat kisah perjuangan perempuan Indonesia.

Berikut ini adalah 10 rekomendasi film inspiratif yang bisa Anda tonton untuk menyambut Hari Kartini:

1. Kartini (2017)

Film biopik ini menceritakan kisah hidup R.A. Kartini, pahlawan emansipasi wanita Indonesia. Film ini menonjolkan perjuangan Kartini dalam melawan tradisi patriarki dan memperjuangkan pendidikan bagi perempuan.

Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo sebagai Kartini.

2. Laskar Pelangi (2008)

Film ini mengangkat kisah inspiratif tentang sepuluh anak di Belitung yang berjuang untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Salah satu karakter yang menonjol adalah Flo, seorang gadis cerdas yang gigih mengejar mimpinya meskipun berasal dari keluarga miskin.

3. Gie (2005)

Film ini menceritakan kisah aktivis mahasiswa Gie Soegiartjo dan perannya dalam pergerakan demokrasi di Indonesia. Film ini menunjukkan keberanian dan kegigihan Gie dalam memperjuangkan keadilan dan kebenaran, meskipun harus menghadapi berbagai rintangan.

4. 3 Srikandi (2016)

3 Srikandi adalah film biopik Indonesia yang disutradarai oleh Iman Brotoseno. Film ini menceritakan kisah nyata tiga pemanah perempuan Indonesia, yaitu Nurfitriani, Lilis Handayani, dan Desi Pramita, yang berhasil meraih medali perak Olimpiade pertama untuk Indonesia pada cabang panahan di Olimpiade Seoul 1988.

Baca Juga:  Contoh Proposal Kegiatan Hari Kartini di Sekolah Tahun 2024

Film ini dibintangi oleh Tara Basro sebagai Nurfitriani, Chelsea Islan sebagai Lilis Handayani, dan Bunga Citra Lestari sebagai Desi Pramita. Selain itu, film ini juga dibintangi oleh Reza Rahadian, Tika Bravani, Dion Wiyono, dan Asri Welas.

5. Yuni (2021)

Film ini mengangkat isu pernikahan dini dan tekanan sosial yang dialami perempuan di Indonesia. Yuni, seorang remaja SMA, harus berjuang melawan tradisi dan stigma masyarakat yang ingin menikahkannya secepatnya.

6. Mulan (2020)

Film ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Mulan yang tinggal di Tiongkok kuno, di mana wanita tidak diizinkan untuk pergi berperang. Ketika kaisar mengeluarkan dekrit bahwa satu pria dari setiap keluarga harus mengabdi di tentara, Mulan memutuskan untuk menyamar sebagai pria dan menggantikan ayahnya yang sudah tua dan sakit.

Perjalanan Mulan tidak mudah. Dia harus menyembunyikan identitasnya sebagai wanita dan berlatih keras untuk menjadi prajurit yang tangguh.

Dia juga harus menghadapi berbagai rintangan dan bahaya di medan perang. Namun, dengan keberanian, tekad, dan kecerdasannya, Mulan berhasil membuktikan dirinya dan menjadi salah satu prajurit terbaik di pasukan kaisar.

7. Imperfect (2019)

Film ini menceritakan tentang kisah cinta antara Adik, seorang perempuan dengan sindrom Down, dan Kesya, seorang perempuan yang memiliki obsesi terhadap kesempurnaan fisik.

Imperfect adalah film yang menyentuh hati tentang body positivity dan penerimaan diri. Film ini menunjukkan bahwa kecantikan tidak hanya tentang penampilan fisik, tetapi juga tentang siapa diri kita di dalam.

Film ini juga mendorong para penonton untuk mencintai diri mereka sendiri apa adanya dan tidak terpengaruh oleh standar kecantikan yang tidak realistis.

Baca Juga:  Gratis! Ini Link Film Avatar The Last Airbender 2024 Sub Indo Pengganti Juraganfilm

8.Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Film Perempuan Berkalung Sorban (2009) yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini, memiliki keterkaitan yang kuat dengan semangat Hari Kartini. Dirilis pada tahun 2009, film ini mengangkat kisah Annisa, seorang perempuan yang berani menantang tradisi dan memperjuangkan haknya untuk mendapatkan pendidikan dan cinta.

Annisa, sebagai karakter utama, dibesarkan dalam lingkungan pesantren yang kental dengan tradisi patriarki. Sejak kecil, dia merasakan ketidakadilan gender di mana perempuan dibatasi dalam pendidikan dan peran sosialnya.

Film ini menggambarkan perjuangan Annisa untuk keluar dari belenggu tradisi dan meraih mimpinya, selaras dengan semangat Kartini yang memperjuangkan kesetaraan gender.

9. Bumi Manusia (2019)

Film ini merupakan adaptasi dari novel Pramoedya Ananta Toer yang menceritakan kisah cinta antara Minke, seorang priyayi Jawa, dan Annelies, seorang perempuan Belanda. Film ini menunjukkan perjuangan Minke melawan kolonialisme dan rasisme.

10. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Film thriller ini menceritakan tentang Maya, seorang perempuan yang kembali ke kampung halamannya setelah 20 tahun dan harus menghadapi berbagai misteri dan teror. Film ini menunjukkan kekuatan dan ketangguhan perempuan dalam menghadapi situasi yang berbahaya.

Film-film di atas merupakan beberapa contoh film inspiratif yang dapat ditonton untuk memperingati Hari Kartini.

Film-film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pesan moral dan nilai-nilai positif yang dapat memotivasi para perempuan untuk terus berkarya dan meraih mimpi mereka.

Selain film-film di atas, masih banyak film Indonesia lainnya yang mengangkat kisah inspiratif tentang perempuan. Anda dapat mencari informasi lebih lanjut tentang film-film tersebut melalui internet atau platform streaming film.

Selamat menonton dan Selamat Hari Kartini!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Edeline Wulan

Editor : Edeline Wulan

Baca juga berita kami di:

Berita Terkait

Lagi Viral, Ini Sinopsis Film Thailand “How to Make Millions Before Grandma Dies” 
Download Lagu Ikan Nae di Pante MP3 dengan YTBmp3
Download Lagu A Hill of the Moon Ichiko Aoba MP3
Makna Lagu A Hill of The Moon – Ichiko Aoba
Lirik Lagu A Hill of the Moon – Ichiko Aoba Berserta Terjemahan Indonesia
Download Lagu 200 Mark NCT Mp3 Ilkpop
Lirik Lagu 200 Mark NCT Berserta Terjemahan dan Maknanya
Link Nonton Film DO YOU SEE WHAT I SEE Sub Indo HD Full Movie, LK21 Rebahin dan Telegram Dicari
Berita ini 13 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:19 WIB

Nadiem Makarim Pastikan Hentikan Kenaikan UKT Tak Rasional di PTN

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:45 WIB

Viral Pj Bupati Kupang Marahi Pegawai ASN PPPK yang Swafoto: Saya Pecat Kalian Memang!

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:22 WIB

Kata Singapore Airlines Soal Pesawat Alami Turbulensi Parah Tewaskan 1 Penumpang

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:10 WIB

100.000 Formasi IKN Dibuka Kemenpan RB, Fresh Graduate Siap-siap!

Selasa, 21 Mei 2024 - 19:57 WIB

Pesawat Singapore Airlines Turbulensi Parah, 1 Tewas dan 30 Luka

Selasa, 21 Mei 2024 - 16:47 WIB

Polres Kupang Tarik Senjata Api Anggota untuk Cegah Aksi Polisi Koboi

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:21 WIB

DPR RI Desak Nadiem Makarim Tinjau Ulang Kenaikan UKT di Perguruan Tinggi Negeri

Selasa, 21 Mei 2024 - 12:54 WIB

Penjelasan Lengkap Mendikbudristek Nadiem Soal Polemik UKT Mahal

Berita Terbaru