Mengenal Apa Itu ADHD, Gejala dan Pengobatannya

Kamis, 23 November 2023 - 14:54 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ADHD adalah suatu kondisi neurobiologis yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memusatkan perhatian, mengontrol impuls, dan mengelola tingkat aktivitas fisiknya. (Ilustrasi)

ADHD adalah suatu kondisi neurobiologis yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memusatkan perhatian, mengontrol impuls, dan mengelola tingkat aktivitas fisiknya. (Ilustrasi)

JakartaAttention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah suatu kondisi neurobiologis yang memengaruhi fokus perhatian, kontrol impuls, dan aktivitas fisik seseorang.

ADHD bukan sekadar tingkat keaktifan atau sulitnya diam, melainkan gangguan mental yang berdampak pada kehidupan sehari-hari. Tulisan ini mengeksplorasi esensi ADHD, gejala, dan dampaknya.

ADHD bukanlah sekadar gejala keaktifan yang tinggi atau ketidakmampuan untuk duduk diam, melainkan suatu gangguan mental yang dapat memengaruhi berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Artike ini membahas apa itu ADHD, gejala, dan pengobatannya.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Gejala Utama Attention Deficit Hyperactivity Disorder

ADHD dikenal dengan dua kategori gejala utama, yaitu ketidakmampuan untuk memusatkan perhatian (inattention) dan kecenderungan hiperaktif dan impulsif.

Gejala inattention melibatkan kesulitan dalam mempertahankan fokus pada tugas atau kegiatan tertentu, seringkali terlihat lupa, dan cenderung mudah teralihkan oleh rangsangan eksternal.

Di sisi lain, gejala hiperaktif dan impulsif mencakup tingkat aktivitas fisik yang tinggi, kesulitan dalam menunggu giliran, serta keputusan impulsif yang mungkin dapat berakibat negatif.

Baca Juga:  5 Mitos Makanan bagi Pengidap ADHD

Faktor Penyebab dan Diagnosis

ADHD tidak memiliki penyebab tunggal yang dapat diidentifikasi, tetapi faktor genetik dan lingkungan dapat berperan dalam perkembangan gangguan ini.

Proses diagnosis ADHD melibatkan evaluasi oleh profesional kesehatan mental, seperti psikiater atau psikolog, yang mengamati dan mewawancarai individu yang bersangkutan. Untuk mendiagnosis ADHD, gejala-gejala tersebut harus mencapai tingkat keparahan yang mengganggu fungsi sosial, akademis, atau pekerjaan.

Perbedaan ADHD pada Anak dan Dewasa

Attention Deficit Hyperactivity Disorder sering kali terdeteksi pada masa anak-anak, namun kondisi ini dapat bertahan hingga masa dewasa. Pada anak-anak, gejalanya mungkin mencakup ketidakmampuan untuk duduk diam, kesulitan mengikuti instruksi, serta kecenderungan untuk sering melupakan tugas-tugas sehari-hari.

Sementara pada orang dewasa, ADHD dapat memengaruhi kapasitas untuk mengatur pekerjaan, hubungan interpersonal, dan tanggung jawab sehari-hari. Pada kedua kelompok usia ini, pengelolaan ADHD memerlukan pendekatan yang holistik melibatkan dukungan keluarga, pendidikan, dan terapi perilaku.

Pengobatan dan Manajemen Attention Deficit Hyperactivity Disorder

Pilihan pengobatan untuk Attention Deficit Hyperactivity Disorder mencakup kombinasi terapi perilaku, intervensi pendidikan, dan kadang-kadang penggunaan obat-obatan stimulan untuk membantu meningkatkan fokus dan mengelola impuls.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak November 6-12, 2023

Terapi perilaku melibatkan pengembangan keterampilan kognitif dan strategi manajemen waktu untuk membantu individu mengatasi gejala Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Pentingnya pendidikan bagi individu yang mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder juga tak dapat diabaikan, baik dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat umum, untuk menciptakan pemahaman yang lebih baik terhadap kondisi ini.

Kesimpulan

ADHD adalah lebih dari sekadar ketidakmampuan untuk duduk diam atau kurangnya perhatian. Ini adalah gangguan neurobiologis yang memerlukan pemahaman dan dukungan yang luas dari masyarakat.

Dengan mengenali esensi Attention Deficit Hyperactivity Disorder dan melibatkan pendekatan yang holistik dalam manajemen kondisi ini, kita dapat memberikan dukungan yang lebih baik bagi individu yang mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Membangun kesadaran akan kompleksitas dan keragaman pengalaman ADHD adalah langkah penting untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Rini Kuriniati

Editor : Edeline Wulan

Berita Terkait

Benarkah Cuci Muka Setelah Terpapar Sinar Matahari Berbahaya?
Ini yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Kopi Hitam Setiap Hari
Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan
Waspada! 6 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi
Stres Saat Berangkat Kerja Bisa Jadi Tanda Mental Tak Sehat
Hari Epilepsi Internasional: Fakta Menarik dan Dampak Epilepsi
9 Hal yang Harus Anda Katakan “Tidak” untuk Mencapai Kesuksesan
7 Kebiasaan Orang Bermental Kuat yang Membedakan dengan Orang Lain
Berita ini 49 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 16:01 WIB

Cara Pinjam Uang di BRImo, Pinjaman Rp 10 Juta Angsuran Cuma Rp 200 Ribuan

Jumat, 1 Maret 2024 - 13:45 WIB

3 Cara Cepat Uninstall Aplikasi di Windows 11

Jumat, 1 Maret 2024 - 00:12 WIB

Mudah! Pinjaman Uang Online di Livin by Mandiri, Langsung Cair!

Kamis, 29 Februari 2024 - 16:12 WIB

Simak! Ini Ciri-ciri KK yang Berhak Terima BLT Rp900.000 di Tahun 2024

Rabu, 28 Februari 2024 - 16:35 WIB

Cara Mudah Pinjam Uang Rp 20 Juta di BCA Mobile, Angsuran Cuma Rp 700 Ribuan!

Rabu, 28 Februari 2024 - 12:46 WIB

Cara Melacak Lokasi Orang Lain Melalui WhatsApp

Senin, 19 Februari 2024 - 10:20 WIB

Tips Memilih Jasa Cleaning Service untuk Perusahaan

Rabu, 7 Februari 2024 - 19:43 WIB

Rahasia Keberuntungan di Tahun Naga Kayu: Angka 9 Bawa Keuntungan, 5 Bawa Kemalangan

Berita Terbaru

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik., Foto: RRI

Pemilu

KPU: Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar 27 November

Sabtu, 2 Mar 2024 - 11:44 WIB

Reruntuhan jet tempur milik Myanmar jatuh di area persawahan desa Kyunkone yang berjarak satu jam dari ibu kota Naypyidaw, Selasa (3/4/2023). Foto: AFP

News

Jet Tempur MiG-29 Militer Myanmar Jatuh, Pilot Selamat

Sabtu, 2 Mar 2024 - 10:36 WIB