Cara Mengatasi Kulit Gatal tanpa Ruam

Kamis, 23 November 2023 - 05:45 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cara mengatasi kulit gatal tanpa ruam. Foto ilustrasi

Cara mengatasi kulit gatal tanpa ruam. Foto ilustrasi

Jakarta – Kulit gatal dapat disebabkan oleh beberapa kondisi. Seringkali, rasa gatal menyertai ruam seperti pada poison ivy atau reaksi alergi terhadap makanan atau sabun baru. Namun, apa yang terjadi jika Anda merasa gatal pada kulit tanpa adanya ruam?

Seperti dilansir dari US Dermatology, berikut adalah lima penyebab umum dari kulit gatal dan solusinya:

1. Kulit Kering

Kulit kering sering kali menjadi penyebab gatal, terutama selama musim dingin atau sebagai gejala kondisi kulit yang lebih serius seperti eksim. Eksim atau dermatitis sering terjadi dan dapat menyebabkan peradangan pada kulit.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Gejalanya bisa bervariasi dari gatal ringan hingga kulit melepuh parah dan bahkan mengalami pecah-pecah.

Pengobatan terbaik tergantung pada tingkat keparahan eksim Anda. Menggunakan sabun lembut, mandi dengan air hangat, dan mengoleskan pelembap berkualitas setidaknya sekali sehari atau segera setelah mandi biasanya membantu.

Jika gejala Anda tidak kunjung mereda, dokter kulit Anda mungkin meresepkan kortikosteroid topikal atau salep lainnya untuk meredakan rasa gatal.

2. Kehamilan

Kulit gatal selama kehamilan juga umum terjadi. Hampir 20% wanita hamil melaporkan gejala kulit gatal. Biasanya, gatal terjadi di sekitar perut dan payudara karena perubahan fisik selama kehamilan.

Perubahan hormonal juga bisa menjadi penyebab kulit kering dan gatal, terutama bagi wanita yang memiliki eksim, di mana gejalanya dapat memburuk.

Melembapkan kulit secara teratur dan mandi dengan oatmeal hangat dapat membantu meredakan gatal. Menyimpan losion di lemari es juga bisa membantu mendinginkan kulit dan meredakan rasa gatal.

Baca Juga:  12 Zodiak: Tanggal dan Ciri-ciri Kepribadian Setiap Bintang

Jika Anda sedang hamil dan mengalami ruam atau gatal yang parah di telapak tangan atau telapak kaki, segera berkonsultasi dengan dokter karena bisa jadi tanda sesuatu yang lebih serius.

3. Kekurangan Zat Besi/Anemia

Kekurangan zat besi merupakan kondisi umum terutama di kalangan wanita dan dapat dideteksi melalui tes darah sederhana. Kekurangan zat besi kadang-kadang bisa menyebabkan kulit gatal dan merah.

Tanda-tanda lain dari kekurangan zat besi meliputi kelelahan, menstruasi yang berat, pucat, sesak napas, sindrom kaki gelisah, rambut rontok, dan sakit kepala.

Kabar baiknya adalah meningkatkan asupan zat besi akan membuat rasa gatal hilang.

4. Penyakit Tiroid

Kondisi tiroid yang kurang aktif juga bisa menjadi penyebab kulit gatal tanpa ruam. Pasien dengan hipotiroidisme kadang-kadang mengalami kulit kering yang dapat menyebabkan gatal, dan kulit juga terlihat bersisik.

Jika Anda merasa gatal dan mengalami penurunan atau kenaikan berat badan yang tidak wajar, intoleransi terhadap suhu, jantung berdebar, atau kelemahan otot, segera konsultasikan dengan dokter untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit tiroid.

5. Kecemasan/Stres

Kulit gatal bisa dipicu oleh stres dan kecemasan. Tingkat stres atau kecemasan yang tinggi dapat memperburuk kondisi kulit yang mendasari seperti eksim dan psoriasis, bahkan membuatnya menjadi lebih parah.

Stres memiliki dampak negatif pada tubuh dan bisa termanifestasi dalam berbagai cara. Kadang-kadang, stres bisa memicu gatal atau memperparah rasa gatal yang sudah ada karena kondisi medis yang mendasarinya. Stres juga bisa menjadi pemicu munculnya gatal dan ruam pada beberapa kasus.

Jika stres membuat gatal Anda semakin parah, berusaha untuk menenangkan diri dengan teknik pernapasan yang lambat dan dalam. Menurunkan tingkat stres juga dapat membantu meringankan gejala-gejala Anda. Sementara itu, hindari menggaruk, yang bisa memicu iritasi lebih lanjut.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak November 6-12, 2023

Apakah Kulit Gatal adalah Gejala Kanker?

Dalam kasus yang jarang terjadi, kulit gatal tanpa ruam bisa menjadi tanda kondisi medis serius lainnya seperti penyakit ginjal, penyakit hati, multiple sclerosis, diabetes, penyakit celiac, gangguan saraf seperti sindrom kaki gelisah, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Kanker darah seperti polisitemia vera seringkali menimbulkan rasa gatal, terutama setelah mandi air hangat atau mandi air panas, namun kulit gatal hanyalah salah satu gejalanya. Gejala lain dari polisitemia vera termasuk kesulitan bernapas saat berbaring, sakit kepala, kelelahan, dan pusing.

Kulit bersisik dan ruam merah bisa menjadi tanda awal beberapa jenis leukemia dan limfoma sel T kulit. Biasanya dimulai sebagai ruam yang bertahan selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, kemudian berkembang menjadi benjolan dan lesi pada kulit yang akhirnya membentuk tumor.

Beberapa pasien dengan kanker pankreas juga mengalami gatal karena tumor menyumbat saluran empedu, menyebabkan penyakit kuning. Zat kimia dalam empedu kadang-kadang dapat bocor ke dalam kulit dan menimbulkan rasa gatal.

Dalam kebanyakan kasus, kulit gatal bersifat sementara dan tidak berbahaya, dapat diatasi dengan perawatan sederhana menggunakan pelembap, krim dengan resep dokter, dan perubahan gaya hidup.

Tetapi jika gatal Anda parah atau disertai dengan gejala lain seperti demam atau penurunan berat badan, segera berkonsultasi dengan dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Tajukflores.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tajukflores.com", caranya klik link https://t.me/tajukflores, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis : Edeline Wulan

Editor : Edeline Wulan

Berita Terkait

Benarkah Cuci Muka Setelah Terpapar Sinar Matahari Berbahaya?
Ini yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Kopi Hitam Setiap Hari
Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan
Waspada! 6 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi
Stres Saat Berangkat Kerja Bisa Jadi Tanda Mental Tak Sehat
Hari Epilepsi Internasional: Fakta Menarik dan Dampak Epilepsi
9 Hal yang Harus Anda Katakan “Tidak” untuk Mencapai Kesuksesan
7 Kebiasaan Orang Bermental Kuat yang Membedakan dengan Orang Lain
Berita ini 64 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 2 Maret 2024 - 11:09 WIB

Hoax: Telat Bayar Pajak Kendaraan Tidak Bisa Beli BBM Subsidi

Sabtu, 2 Maret 2024 - 10:56 WIB

Revitalisasi KUA untuk Pernikahan Semua Agama, Perlu Kajian Mendalam

Sabtu, 2 Maret 2024 - 10:09 WIB

Wacana Pernikahan di KUA untuk Semua Agama, Ini Kata Disdukcapil 

Jumat, 1 Maret 2024 - 18:09 WIB

IDI Hormati Putusan MK Tolak Uji UU Kesehatan

Jumat, 1 Maret 2024 - 12:06 WIB

Pengorbanan di Papua, Brimob Polda NTT Terima Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Jumat, 1 Maret 2024 - 10:03 WIB

Promosi Pariwisata Indonesia Dinilai Kalah Jauh Dibanding Negara Lain

Kamis, 29 Februari 2024 - 20:03 WIB

Jokowi Sebut Banyak Investor yang Antre Mau Investasi ke IKN

Kamis, 29 Februari 2024 - 19:39 WIB

Pedagang Kantin Protes Harga Menu Makan Siang Gratis Rp15 Ribu

Berita Terbaru

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik., Foto: RRI

Pemilu

KPU: Pilkada Serentak 2024 Tetap Digelar 27 November

Sabtu, 2 Mar 2024 - 11:44 WIB